Pengertian Dan Contoh Puisi Kontemporer


Pengertian Dan Contoh Puisi Kontemporer - Puisi murapakan suatu materi yang sering kita jumpai dalam pendidikan bahasa indonesia. Puisi juga sering kita temui di dalam kehidupan sehari-hari. puisi identik dengan seseorang yang romantis. Seseorang yang mampu membuat sebuah puisi yang menyentuh hati biasanya dia adalah seseorang yang tergolong romantis dan dapat mencurahkan hatinya melewati karya-karya puisi yang dihasilkannya. Jika kita berbicara tentang puisi pasti semua orang sudah mengetahui akan karya ini, namun tidak sedikit juga di antara kita yang belum mengetahui secara detail tentang puisi ini. Puisi itu memiliki beberapa jenis salah satunya yaitu puisi kontemporer. Apakah di antara anda semua sudah ada yang memahami tentang puisi kontemporer ini? Atau masih ada yang belum mengetahuinya? Untuk anda yang belum mengetahui tentang puisi kontemporer jangan bingung karena pada artikel ini saya akan memberikan pembahasan tentang salah satu jenis puisi yaitu puisi kontemporer.

Secara garis besar puisi  merupakan suatu ragam karya sastra yang terikat dengan irama, ritma, rima, bait, larik dan ditandai dengan bahasa yang padat. Puisi biasanya dibuat dalam bentuk tulisan maupun lisan. Secara umum puisi terbagi menjadi dua jenis yaitu puisi lama dan puisi baru. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang puisi lama dan puisi baru karena pada ksempatan ini saya akan membahas tentang puisi kontemporer. Puisi kontemporer memiliki arti suatu puisi yang tidak terikat dengan konvensional puisi. Atau dengan kata lain puisi kontemporer ini merupakan puisi yang bermaknakan masa kini dan puisi yang mengikuti zaman atau dengan kata lain yaitu puisi yang slalu mengikuti perkembangan zaman . dalam pembuatan sebuah puisi kontemporer biasanya kurang memperhatikan penggunaan bahasa, bahasa yang digunakan sering sekali menggunakan bahasa yang kurang santun, sering menggunakan kata atau kalimat yang bersifat mengejek, kasar.

Puisi kontemporer terbagi menjadi tiga jenis yaitu puisi mantra, puisi beling dan puisi konkret. Puisi kontemporer ini dipelopori oleh seorang penyair ternama yaitu Sutardji Calzoum Bachri. Sutardji memiliki keyakinan bahwa dalam puisi kontemporer yang terpenting yaitu bentu fisiknya (bunyi) karena ia ingin mengembalikan puisi pada mantra lagi. Agar anda lebih jelas tentang puisi kontemporer ini saya akan memberikan beberikan beberapa contoh puisi kontemporer yang dihasilkan oleh beberapa  penyair. Berikut contoh dari salah satu jenis puisi kontemporer.
Contoh Puisi Kontemporer Multilingual

SEPISAUPI

sepisau luka sepisau duri
sepikul dosa sepukau sepi
sepisau sepi sepisau nyanyi
sepisaupa sepisaupi
sepisapanya sepikau sepi
sepisaupa sepisaupi
sepikul diri keranjang duri
sepisaupa sepisaupi
sepisaupa sepisaupi
sepisaupa sepisaupi
sampai pisaunya ke dalam nyanyi

O
dukaku dukakau dukarisau dukakalian dukangiau
resahku resahkau resahrisau resahbalau resahkalian
raguku ragukau raguguru ragutahu ragukalian
mauku maukau mautahu mausampai maukalian maukenal maugapai
siasiaku siasiakau siasia siabalau siarisau siakalian siasia
waswasku waswaskau waswaskalian waswaswaswaswaswaswaswaswaswas
duhaiku duhaikau duhairindu duhaingilu duhaikalian duhaisangsai
oku okau okosong orindu okalian obolong o risau o Kau O...

Pengertian Dan Contoh Puisi Kontemporer - Berdasarkan pemaparan di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa puisi kontempores ini merupan puisi yang terbitnya paling akhir, puisi kontemporer merupakan puisi yang berusaha lari dari konvensional puisi itu sendiri. Seorang tokoh yang terkenal dalam puisi kontemporer ini yaitu Sutardji Calzoum Bachri. Semoga dengan haidirnya pembahasan tentang puisi kontemporer ini dapat membantu anda semua terutama untuk anda yan sedang mencari pembahasan tentang puisi kontemporer ini. Sekali lagi semoga bermanfaat dan terimakasih.

Pengertian Dan Contoh Puisi Kontemporer | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar