Pengertian Dan Contoh Paragraf Yang Terkait Dengan Paragraf Tersebut

Pengertian Dan Contoh Paragraf Yang Terkait Dengan Paragraf Tersebut - Paragraf atau sering disebut dengan alenia yaitu suatu kelompok kata yang terdiri dari beberapa kalimat dengan memiliki suatu ide pokok dan kalimat yang lain merupakan kalimat penjelas. dalam sebuah paragraf harus memiliki satu kesatuan atau dengan kata lain kalimat yang terdapat di dalam sebuah paragraf tersebut membahas sebuah gagasan, tidak lebih dari satu gagasan. Paragraf itu sendiri memiliki beberapa jenisnya. Dalam pembuatan sebuah paragraf harus ada yang kita perhatikan. saya rasa semua sudah tau tentang sebuah paragraf. dalam pendidikan bahasa Idonesia kita sering ditemukan dengan sebuah soal dan jawabannya terdapat di dalam sebuah paragraf yang telah diberikan. Benar tidak?  jika pada artikel –artiel sebelumnya, saya penah membahas tentang jenis-janis paragraf maka pada kesempatan ini saya akan membahas tentang membuat pertanyaan yang jawabannya terdapat di dalam sebuah paragraf yang telah diberikan.
Biasanya materi pembelajaran ini kita dapatkan sejak kita duduk di bangku sekolah dasar, namun pada saat kita duduk di bangku kuliah kita sering mendapatkan pembelajaran tentang materi ini terutama untuk teman-teman yang mengambil jurusan tentang ilmu pendidikan bahasa Indonesia. Membuat sebuah pertanyaan berdasarkan sebuah paragraf yang ada itu bukanlah pekerjaan yang susah namun juga bukan pekerjaan yang gampang. Jika kita akan membuat sebuah pertanyaan yang terdapat di dalam sebuah paragraf hal utama yang harus dilakukan yaitu kita harus mengetahui bahkan harus memahami tujuan dan maksud dari paragraf  tersebut, setelah itu baru kita bisa membuat pertanyaan beserta dengan jawabannya.


Agar anda semua tidak mengalami kebingungan dalam mencerna bahasa yang saya sampaikan kita langsung saja masuk pada pembahasan yaitu terlebih dahulu saya akan memaparkan sebuah paragraf, setelah itu kita akan membuat pertanyaan dan jawaban dari pertanyaan tersebut. berikut pembahasannya.
Indonesia memiliki satu bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia, namun pemakain bahasa Indonesia di negara kita ini belum seragam. Perbedaan yang sangat terlihat yaittu perbedaan dalam struktural kalimat, ucapan kalimat yang terdengar dengan jelas. Pemakain bahasa Indonesia yang belum seragam ini disebabkan karena bangsa Indonesia memiliki berbagai macam suku, bahasa daerah dan kebudayaan yang berbeda-beda. Pemakaian bahasa daerah masih mendominasi di negara kita inilah penyebab utamanya. Bahasa daerah tidak hanya digunakan untuk kehiduapan sehari-hari seperti berinteraksi dengan lingkungan melainkan pada lingkungan persuratkabaran seperti TV, Radio masih sering menggunakan bahasa daerah masing-masing.  Seharusnya para pemuka-pemuka kita lebih telita akan masalah ini, namun pada kenyatannya pada pemuka kurang perhati terhadap masah yang terjadi ini. Dari fakta-fakta di atas menunjukan bahwa pengajaran bahasa Indonesia harus ditingkatan lagi agar para masyarakat  sadar untuk menggunakan bahasa pemersatu ini yaitu bahasa Indonesia.
Nah, dari paragraf di atas penulis dapat memberikan pertanyaan dengan  jawabannya terdapat didalm paragraf tersebut. adapun pertanyaannya yaitu :
  • Apa ide pokok yang terdapat di dalam paragraf tersebut?  Jawab    : ide pokok yang terdapat di dalam paragraf tersebut yaitu tidak seragamnya pemakaian bahasa pemersatu yatu bahasa Indonesia. Pada paragraf di atas ide pokoknya terdapat di awal paragraf.
  • Masalah apa yang terjadi pada paragraf di atas? Jawab    : masalah yang terdapat pada paragraf di atas yaitu tidak seragamnya pemakaian bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia yang disebabkan karena penduduk Indonesia lebih sering menggunakan bahasa daerah dalam kehidupan sehari-harinya.
  • Apa solusi dari permasalah yang terjadi di dalam paragraf tersebut? Solusi untuk masalah di atas yaitu lebih ditingkatkannya lagi pendiidkan bahasa Indonesia agar kesadaran warga Indonesia lebih meningkat untuk mneggunakan bahasa indonesia.
Bagaimana apakah anda semua sudah paham cara membuat paragarf beserta degan pertanyaan dan jawabannya? Tidak susah bukan?. Semoga dengan hadirnya pembahasan tentang paragraf  beserta dengan pertanyaannya dapat membantu anda semua. Pada dasarnya untuk membuat sebuah pertanyaan dari suatu paragraf terlebih dahulu kita mengetahui secara detai dan memahami akan paragraf tersebut. demikain dan terimakasih.

Pengertian Dan Contoh Paragraf Yang Terkait Dengan Paragraf Tersebut | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar