Pengertian dan contoh paragraf Eksposisi

Pengertian dan contoh paragraf Eksposisi - Pada kesempatan kali ini akan disampaikan atau dijelaskan tentang pengertian dan paragraf eksposisi. paragraf eksposisi merupakan salah jenis paragraf yang ada dalam pelajaran bahasa Indonesia. berikut ini akan dijelaskan pengertiannya.  Paragraf eksposisi memiliki tujuan yaitu memberikan suatu informasi kepada pembacanya tenttang suatu topik.  pada umumnya paragaraf eksposisi menjawab pertanyaan- pertanyaan siapa, apa, mengapa, dan bagaimana serta merupaka suatu definisi atau metode untuk melakukan suatu hal. Berikut ini akan diberikan penjelasan tentang paragraf eksposisi.

  • Paragraf eksposisi definisi merupakan paragraf eksposis yang berisi tentang suatu definisi pada topik tertentu pada paragraf ini menjelaskan tentang suatu hal. Contohnya:
Pengertian HAM adalah hak dasar yang telah dimiliki manusia sejak lahir dan merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. HAM di dalam diri seseorang tidak boleh dilanggar dan merupakan suatu kewajiban bagi setiap manusia untuk tetap menjunjung tinggi hak asasi orang lain. di samping itu, hak asasi manusia dilindungi oleh undang-undang yang ada.
  • Paragraf Eksposisis proses merupakan paragraf eksposisi yang berisi tentang suatu proses atau cara kegunaan, proses melakukan sesuatu yang ada pada sesuatu hal.  Berikut ini contohnya:
Proses Fotosintesis terjadi di dalam daun. Pertama-tama tumbuhan akan mengumpulkan 3 bahan utama dalam proses ini yaitu, karbon dioksida (CO2), sinar matahari dan air. Karbon dioksida (CO2) di udara bebas diserap melalui stomata yaitu alat pernafasan tumbuhan di daun, sinar matahari diserap oleh chlorophyll, zat hijau daun dan air diangkut dari dalam akar menuju daun oleh pembuluh xylem. Setelah semua bahan terkumpul barulah proses ini dimulai. Air (H2O) dan Karbon dioksida (CO2) akan dipecah oleh bantuan sinar matahari sehingga menghasilkan glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2). Glukosa inilah yang dipakai oleh tumbuhan sebagai makanan mereka sedangkan oksigen dilepaskan kembali ke udara.

Pengertian Paragraf Exposisi

  • Paragraf eksposisi klasifikasi atau paragraf eksposis yang menjelaskan pengelompokkan sesutau hal yang atau sesuatu topik.
Pemerintah akan memberikan rumah atau bangunan kepada korban gempa Sinabung. Bantuan  rumah atau bangunan tersebut diklasifikasikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 15 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 25 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 35 juta.
  • Paragaraf eksposisi pertentangan merupakan paragraf yang berisiskan sesuatu hal yang bertentangan dengan hal yang lain. Contoh paragrafnya:
Cabang olahraga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Nampaknya olahraga jalan cepat memiliki kesamaan  dengan olahraga lari. Tentunya yang membedakannya pada olahraga jalan cepat selalu memungkinkan telapak kaki untuk meneyentuh tanah. Sedangkan pada olahraga lari ada kalanya kedua kaki tidak menyentuh tanah. Terlebih lagi, olahraga jalan cepat juga tidak memerlukan energi yang sangat besar jika dibandingkan dengan olahraga lari.

  • Paragraf eksposisi ilustrasi merupakan penggambaran tentang sesuatu topik tertentu yang memiliki kesamaan sifat.
sistematis pembentukan suatu energi di dalam tubuh manusia memiliki kesamaan dengan proses kimiawi yang ada pada kendaraan roda empat. Pada mobil bahan bakar yang menggunakan bahan bakar bensin maupun solar dibakar sehingga menghasilkan energi listrik yang kemudian dirubah menjadi energi gerak yang bisa menggerakan mobil. Begitu pula yang terjadi pada manusia, tetapi energi yang dibutuhkan adalah makanan yang akan dibakar dan dirubah menjadi glukosa yang akan menjadi sumber energi bagi manusia.
  • Paragraf eksposisi analisis merupakan paragraf eksposisi  merupakan pargaraf yang membagi masalah pada msalah pokok atau ide- ide pokok dan setiap bagian akan dikembangkan secara sistematis atau berurutan.
  • Pargraf eksposisi perbandingan paragraf yang ini menjelasakan tentang ide kalimat utama yang membandingkan dengan hal lainnya. Berikut Contohnya:
Pasca erupsi gunung Sinabung, sebagian warga di sekitar gunung Sinabung luluh lantak. Kondisi ini mengundang perhatian banyak pihak. Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Bantuan berbentuk makanan, obat-obatan, dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat. Tenaga kesehatan dari daerah-daerah lain pun berdatangan. Relawan memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda – tenda darurat.
H. Paragraf eksposisi berita adalah paragraf eksposisi yang membahas tentang suatu berita atau peristiwa tertentu. Contoh paragraf eksposisi berita:

Warga Negara Indonesia yang hilang di Nepal akibat gempa pada tanggal 1 April 2015 belum ditemukan. Mereka adalah para pendaki anggota Taruna Hiking Club atau THC Bandung, yaitu Jeroen Hehuwat, 39 tahun; Kadek Andana, 26 tahun; dan Alma Parahita, 31 tahun. Saat gempa berlangsung, mereka kehilangan kontak dengan teman – teman mereka yang ada di sana. Namun, diperkirakan para pendaki ini berada di daerah Langtang. Berbekal informasi itu, pemerintah segera mengutus BASARNAS dan TNI untuk melakukan evakuasi.


Pengertian dan contoh paragraf Eksposisi - Demikian penjelasan tentang paragraf eksposisi mudah- mudahn bermanfaat bagi kawan- kawan yang sedang mendapatkan tugasa Bahasa Indonesia tentang paragraf eksposisi. Terima kasih
Pengertian dan contoh paragraf Eksposisi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar