Pengertian dan contoh lengkap tentang ciri protista mirip tumbuhan

Pengertian dan contoh lengkap tentang ciri protista mirip tumbuhan - Sebenarnya jenis protista pada tumbuhan dapat kita jumpai juga dalam kehidupan sehari- hari. Kalau kalian pergi ke sebuah kolam yang airnya yang sudah berkurang dan di dasarnya berwarna hijau? menurut kalian itu apakah terjadi karena pencemaran atau sesuatu? Sebenarnya itu merupakan penampakan dari protista mirip tumbuhan atau dengan sebutan lain yaitu ganggang. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ciri- ciri protista mirip tumbuhan tersebut.  Tumbuhan hijau merupakan karena memiliki klorofil begitupun dengan protista mirip tumbuhan yang memiliki klorofil adalah ciri utamanya.  Ganggang dan euglena merupakan jenis dari protista mirip tumbuhan. Tahukahkah kalian kenapa ganggang atau alga disebut protista mirip tumbuhan? kenapa tidak dimasukkan ke dalam jenis tumbuhan padahal ganggang mempunyai klorofil serta berproses fotosintesis seperti tumbuhan lainnay juga ganggang dapa memproduksi makanannya sendiri

Pengertian dan contoh lengkap tentang ciri protista mirip tumbuhan
Ganggang tidak dimasukkan ke dalam jenis tumbuhan karena ganggang atau alga tidak memiliki ciri- ciri seperti tumbuhan lainnya dengan adanya  akar, daun sejati, serta batang seperti halnya yang ada pada tumbuhan.  Di dalam ciri-ciri habitatnya protista mirip tumbuhan dalam hal ini jenis ganggang atau alga dapat hidup di daerah air tawar, laut bahkan ada juga habitatnya di tempat- tempat yang memiliki suatu kelembapan seperti di dinding yang tua, dinding sumur, kayu, atau bebatuan yang memiliki kelembapan.

Ganggang juga memiliki membran inti yang sama seperti protista. Pada membran inti ini ada yang bersifat uniseluler dan juga ada yang bersifat multiseluler. Reproduksi pada ganggang juga bisa terjadi dalam dua hal yaitu bisa secara seksual dan aseksual. pada reproduksi secara seksual ganngang disebut dengan isogami dan oogami. Ganggang juga berbentuk seperti lembaran, koloni sel atau juga berbentuk seperti benang.

Pada sistem reproduksinya yaitu isogami terjadi apabila ke dua sel dari kelamin betina dan jantan sulit untuk dibedakan atau memiliki ukuran kelamin yang sama. Sedangkan paa oogami adalah kebalikannya maksudnya jika pada oogami sel kelamin jantan dan betina mudah sekali untuk dibedakan atau memiliki ukuran yang jelas berbeda.

Dari proses reproduksi atau hasil dari peleburan dua kelamin tersebut antara jantan dan betina akan menghasilakn zigot. Dan tentunya zigot akan terus berkembang menjadi individu baru yang akan terus berkembang biak. ittulah ciri- ciri dari proses perkembang biakan ganggan yang merupakan protista mirip tumbuhan.

Berikut ini akan dijelaskan protista mirip tumbuhan lainnya adalah euglena.
Ciri- ciri habit dari euglena adalah dia bisa hidup di air laut, air tawar, kolam, sungai, serta parit. Euglena juga berwarna hijau artinya memiliki klorofil. Euglena juga melakukan proses fotosintesi sepertihalnya tumbuhan lainnya. Jadi hal ini membuat euglena termasuk protista mirip tumbuhan.
Ciri- ciri Euglena lainnya adalah euglena merupakan jenis makhluk yang mirip seperti tumbuhan juga mirip seperti hewan karena euglena bergerak aktif dan cara memasukkan makanannya ke mulut sel serta memiliki bintik dan juga tidak bersel satu.  Jadi kesimpulannya makhluk yang termasuk dari jenis protista mirip tumbuhana adalah ganggang atau alga dan juga euglena.

Pengertian dan contoh lengkap tentang ciri protista mirip tumbuhan - Semoga bisa bermanfaat untuk kawan- kawan semua kalau seandainya ada tugas pelajaran biologi di sekolah. Jangan lupa untuk membagi ilmu dengan yang lainnya ya kawan- kawan. Terima kasih.
Pengertian dan contoh lengkap tentang ciri protista mirip tumbuhan | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar