Contoh, Rumus dan Pengertian Simple Present Tense

Contoh, Rumus dan Pengertian Simple Present Tense - Pengertian simple present tense adalah bentuk keterangan waktu, dalam bahasa inggris, untuk mengungkapkan kejadian, peristiwa, atau aktifitas yang terjadi di waktu sekarang, dan menjadi suatu kebiasaan atau dilakukan secara berulang-ulang. Tense atau bentuk keterangan  waktu memang tidak ada di dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia, ketika kita akan membuat ungkapan semacam ini, kita hanya perlu menambahkan kata keterangan waktu yang menunjukannya saja. Semisal kita membuat ungakapan dalam bahasa Indonesia seperti berikut:
    • “Olla berangkat sekolah dengan bus”
Kalimat sederhana tersebut terasa biasa dan tidak menunjukan waktu terjadinya. Sehingga kita tidak tau kapan hal itu dilakukan. Apakah terjadinya kemaren, sekarang, besok, atau hal tersebut dilakukan setiap pagi setiap harinya. Coba kita rubah contoh kalimat tersebut menjadi seperti berikut.
    • “Olla berangkat sekolah setiap pagi dengan bus” atau seperti berikut “Olla selalu berangkat sekolah dengan bus”.
Dalam dua kalimat tersebut kita bisa melihat keterangan waktunya adalah; setiap pagi dan selalu. Dari keterangan waktu tersebut, dapat kita simpulkan bahwa waktu terjadinya di waktu sekarang dan dilakukan berulang-ulang.  Begitu juga ketika kita menerapkan hal ini dalam bahasa inggris. Namun dalam bahasa inggris, terdapat perubahan kata kerja.
Lihat contoh kalimat simple present tense dan artinya berikut.
    • Ita swims in her school swimming pool every weekend with me.
    • My father wakes up at 5 a.m. every morning.
    • Mila and Resti hunt natural photography every Sunday.
    • I write an article about learning English for students.
Contoh, Rumus dan Pengertian Simple Present Tense

Untuk lebih memahami contoh kalimat simple present tense tersebut mari kita  lihat arti kalimatnya dalam bahasa Indonesia.
    • Ita berenang di kolam renang sekolahnya setiap akhir pecan dengan ku
    • Ayahku bangun setiap jam 5 setiap pagi
    • Mila dan Resti berburu foto alam setiap minggu
    • Aku menulis artikel tentang bahasa inggris untuk murid-muridku.
Bila kita perhatikan contoh kalimat simple present tense dalam bahasa inggris di atas, terdapat perbedaan pada kata kerjanya. Ada kata kerja yang ditambahkan article s ada yang tidak; swims, wakes, hunt, write. Ini adalah karakteristik simple present tense. Yaitu ketika menggunakan subjek orang ketiga She, He, It, kata kerjanya ditambahkan artikel s. Berikut adalah formula simple present;
1.    S + V1
2.    S + Auxiliary verb+not +V1 (formula simple present tense bentuk negative)
3.    Auxiliary verb + Suject +V1 (Formula simple present tense bentuk interrogative)
Berbeda dengan contoh-contoh kalimat simple present tense di atas, ada perubahan bentuk simple present tense untuk bentuk negative dan interrogative. Berikut contoh-contoh simple present tense bentuk negative dan bentuk interrogative, aplikasi dari formula bentuk negative dan interrogative di atas.
Contoh kalimat bentuk negative simple present tense.
    • Ita does not swim in her school swimming pool every weekend with me.
    • My father does not wake up at 5 a.m. every morning.
    • Mila and Resti do not hunt natural photography every Sunday.
    • I do not/don’t write article about learning English for students.
Contoh kalimat bentuk interrogative simple present tense.
    • Does Ita swim in school swimming pool every weekend?
    • Does his father wake up at 5 a.m. every morning?
    • Do Mila and Resti hunt natural photography every Sunday?
    • Do you write article about learning English for students?
Bentuk negative dari simple present tense tersebut, sesuai dengan formula yang saya sebutkan, dengan menambahkan auxiliary verb/kata kerja bantu dan not. Sementara kata kerja yang digunakan kembali ke bentuk sederhana V1. Sementara, bentuk interrogative dari simple present tense dengan menambahkan auxiliary verb di awal kalimat seperti pada formula dan kata kerja yang digunakan kembali ke kata kerja sederhana tanpa menambahkan artikel s setelah kata kerja.  Auxiliary verb atau kata kerja bantu yang digunakan disesuaikan dengan subjek yang digunakan. Jika subjek yang digunakan adalah kata ganti orang ketiga (she, he, it) auxiliary verb yang digunakan adalah does. Jika subjek yang digunakan adalah kata ganti orang pertama dan kedua (I, we, you, they) auxiliary verb yang digunakan adalah do seperti pada contoh kalimat di atas.

Penjelasan, rumus, serta contoh kalimat simple present tense tersebut di atas belum cukup jika kita belum membahas tentang bentuk kalimat nominal dari simple present tense tersebut. Tidak seperti penjelasan di atas yang merupakan bentuk kalimat verbal simple present tense, kalimat nominal ,menggunakan to be (am, is, are) untuk menggantikan kata kerja. Untuk lebih jelasnya lihat contoh kalimat nominal simple present tense berikut.
    • Abdul is always fragrant every day in office.
    • Devi and titik are gloomy everytime they see their exam result
    • I am sick of my friend’s attitude.
Dari contoh kalimat tersebut bisa kita lihat pola kalimat yang digunakan.  To be di gunakan untuk menggantikan verb karena kalimat tersebut tidak memiliki kata kerja sesuai dengan bagaimana kalimat nominal dibentuk. Formula dari simple present tense bentuk nominal adalah sebagai berikut.
1.    S + to be + non verb
2.    S + to be+not+ non verb
3.    To be + S + non verb.
Setelah membaca semua penjelasan mengenai pengertian, rumus contoh beserta artinya di atas saya ingin mengingatkan lagi teman-teman bahasa inggris bahwa fungsi kalimat simple present tense adalah untuk memberikan keterangan waktu sekarang yang terjadi berulang-ulang.

Contoh, Rumus dan Pengertian Simple Present Tense - Membacanya tapi juga mengaplikasikan penjelasannya terutaman ketika melakukan percakapan sehingga teman-teman bahasa inggris akan semakin mahir dalam berbahasa inggris.


Contoh, Rumus dan Pengertian Simple Present Tense | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar