Contoh Reference dan Preface dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Contoh Reference dan Preface dalam Bahasa Inggris dan Artinya - Membuat reference atau daftar pustaka bukanlah hal sulit tapi seringkali teman-teman mengabaikan cara membuat daftar pustaka yang benar sehingga seringkali salah menuliskannya. Bagi teman-teman yang sedang membuat makalah atau menulis buku tapi kesulitan membuat reference atau daftar pustakan bisa lita contoh reference berikut ini.

  • Nugraha, Arya. 2012. Cara Membuat Aplikasi Android Berbayar. Bandar Lampung : Pustaka Buku.
  • Suwastana, Wayan. 2014. How to Make Your Blog Has Many Viewers. Bandar Lampung: Balai Buku.
  • Ramanda, Reza. 2015. How to Teach Stupid Students. Bandung: PT Gramedia Pustaka.
  • Pramana, Gilang. 2009. English is Fun If We Learn. Bandar Lampung: PT Pelangi Pustaka.
  • Adnan, Harris. 2016. Cara Memikat Murid. Wakatobi: PT Japfa.
  • Saputro, Erfan. 2008. Bahasa Inggris Itu Gak Susah. Metrocity: Pelangi Buku.

Dari contoh tersebut dapat kita lihat bagian-bagian dari refence atau daftar rujukan. Yang pertama adalah nama penulis yang dibalik (nama dibelakang didahulukan dipisahkan dengan tanda koma). Selanjutnya tahun penulisan yang didahului tanda titik. Lalu judul buku di tulis dengan font miring atau italic. Lalu diberi tanda titik lagi baru kota terbit buku. Yang terakhir dipisahkan oleh tanda titik dua dan nama penerbitnya dan diakhiri tanda titik.
Selain dari reference atau daftar rujukan, yang kerap kali menjadi masalah bagi penulis adalah preface atau kata pengantar. Bagi teman-teman yang bingung dengan preface bisa lihat contoh preface berikut. Penulis membuatkan kata pengantar seolah-olah penulis adalah seorang penulis buku metodologi pendidikan. Yak karena fokus kita tentang belajar bahasa inggris jadi penulis menuliskan kata pengatar tentang metodologi pendidikan. Berikut contoh preface dalam bahasa inggris dan artinya.
Contoh Reference dan Preface dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Praise and gratitude the author prays for the presence of Almighty God who has bestowed His grace so that this book can be published. And writer would never forget to express a lot of sincere and honest thanks to those who have helped in making complete of this book. Deepest gratitude also directed to my parents, Mujiono and Amiratul. Without understanding and attention from them, it feels like imposible to finish this book.

In this book, the author tries to share knowledge and experience in teaching methods. The author tries to help teachers and prospective teachers of English who want to and are studying methods of teaching English or who wants to improve his skills in teaching.

In this book, the author presents the results of the author's observation after studying methods of teaching for many years and learning from other authors who had already studied the problems of education. This book also can not be separated from the other teaching methods books that are already widely available that the authors take the contents and the author is trying to convey with his own writing style in the hope the material in this book can be easily understood.

Limited knowledge and experience of the author may make this book is far from perfect. The author do not rule out the possibility that this book will invite a lot of feedback and suggestions. Author expects input and suggestions that can spur us to further develop and mutually enhance our knowledge in research, especially research in the teaching of English in Indonesia.

Hopefully this book can help anyone who wants to learn and is looking into methods of teaching English in Indonesia.

Apabila diartikan dalam bahasa indonesia, contoh preface tersebut adalah seperti berikut.

Segala puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan anugerahNya sehingga buku ini dapat diterbitkan. Dan tak lupa penulis menyampaikan banyak terima kasih yang tulus dan ikhlas kepada semua pihak yang telah menbantu penyelesaian buku ini. Rasa terima kasih paling dalam juga ditujukan kedua orang tuaku Mujiono dan Amiratul, tanpa pengertian dan perhatian dari mereka, berat rasanya buku ini dapat terselesaikan.

Dalam buku ini penulis mencoba berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam metode pengajaran. Penulis mencoba membantu para guru dan calon guru bahasa inggris yang ingin dan sedang mempelajari metode pengajaran bahasa inggris atau yang ingin meningkatkan keahliannya dalam pengajaran.

Dalam buku ini, penulis memaparkan hasil pengamatan penulis setelah mendalami metode pengajaran selama bertahun-tahun dan pembelajaran yang penulis lakukan dari penulis-penulis lainnya yang sudah lebih dahulu mendalami masalah pendidikan. Buku ini pun tidak dapat dipisahkan dari buku-buku metode pembelajaran yang sudah banyak tersedia yang penulis ambil isinya dan penulis coba sampaikan dengan gaya penulisan sendiri dengan harapan materi dalam buku ini dapat mudah dipahami.

Keterbatasan pengetahuan dan pengalaman penulis mungkin menjadikan tulisan ini jauh dari sempurna. Penulis tidak menutup kemungkinan bahwa buku ini akan mengundang banyak masukan dan saran. Harapan penulis masukan maupun saran tersebut dapat memacu kita untuk lebih berkembang dan saling meningkatkan pengetahuan kita dalam penelitian, utamanya penelitian dalam pengajaran bahasa inggris di indonesia.

Penulis berharap semoga buku ini dapat membantu siapa saja yang akan belajar dan sedang mendalami metode pengajaran bahasa inggris di indonesia.

Contoh Reference dan Preface dalam Bahasa Inggris dan Artinya - Semoga contoh reference dan preface di atas dapat bermanfaat bagi teman-teman dan apabila ada kesalahan dalam punilisannya penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya.




Contoh Reference dan Preface dalam Bahasa Inggris dan Artinya | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar