Contoh Puisi Menarik Tentang Alam

Contoh Puisi Menarik Tentang Alam - Puisi di identikan dengan seseorang yang romantis. Biasanya puisi dibuat sebagai media untuk menyampaikan isi hati seseorang terhadap orang lain, sebagai media untuk menyampaikan keindahan suatu media. Sejak duduk di bangku sekolah kita sering menerima ilmu tentang puisi bahkan kita pernah mendapatkan tugas untuk membuat sebuah puisi. Secara garis besar puisi adalah sebuah ragam karya yang terikat dengan rima, irama, ritma, bait, jarik serta ditandai dengan bahasa yang padat. Puisi bisa berbentuk tulisan dan lisan. Apabila puisi dibuat dalam bentuk tulisan maka harus menggunakan bahasa yang indah. Puisi itu sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu puisi lama dan puisi baru. Dalam membuat sebuah puisi bisa mneggunakan berbagai macam  tema, bisa berupa percintaan, persahabatan, bahkan bisa dengan menggunakan media tentang keindahan alam.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang puisi, namun lebih spesifiknya lagi yaitu tentang puisi yang bertemakan tentang alam. Tidak diragukan lagi untuk seseorang yang sudah mengerti membuat sebuah puisi atau seseorang yang sudah fasih akan ilmu puisi maka membuat sebuah puisi tentang alam adalah sesuatu yang tidak sulit bagi mereka. Namun jangan sedih untuk anda yang belum memahami tentang puisi kali ini saya akan memberikan contoh sebuah puisi tentang alam beserta dengan pembahasannya. Jika kita berbicara tentang alam, maka kita akan berbicara tentang keindahannya. Indonesia memiliki alam yang begitu indah, jadi untuk membuat sebuah puisi tentang alam akan sangat mudah untuk kita.

Contoh Puisi Menarik Tentang Alam

Berikut terdapat sebuah contoh  puisi yang bertemakan tentang keindahan alam, puisi tersebut meruoakan hasil karya dari seorang puitis. Berikut puisinya.

Indahnya Alam Negri Ini

Kicauan burung terdengar merdu
Menandakan adanya hari yang baru
Indahnya alam ini membuatku terpaku
Seperti dunia hanya untuk diriku
Ku pejamkan mataku sejenak
Ku rentangkan tanganku sejenak
Sejuk, Tenang, senang kurasakan
Membuatku seperti melayang kegirangan
Wahai pencipta alam
Kekagumanku sulit untuk ku pendam
Dari siang hingga malam
Pesonanya tak pernah padam
Desiran angin yang berirama di pegunungan
Tumbuhan yang menari-nari di pegunungan
Begitu indah rasanya
Bak indahnya taman di surga
Keindahan alam terasa sempurna
Membuat semua orang terpana
Membuat semua orang terkesima
Tetapi, Kita harus menjaganya
Agar keindahanya takkan pernah Sima.
Puisi dari (Ronny Maharianto)

Puisi di atas memiliki makna sebagai  berikut:
Kicauan burung yang merdu di pagi hari dan indahnya alam membuatku terpesona. Menikmati  udara dan suasana yang sejuk di pagi hari membuat ku sangat bahagia. Indahnya alam dari pagi hingga malam tak pernah padam. Desir angin, tumbuhan yang melambai-lambai begitu indah seakan melihat keindahan di  dalam surga. Indahnya alam begitu sempurna, indahnya alam membat semua orang terkesima dan jatuh hati Melihatnya. Oleh karena itu kita wajib untuk menjaga keindahan alam ini karena indahnya alam membuat kita begitu bahagia.

Contoh Puisi Menarik Tentang Alam - Berdasarkan pemaparan di atas penulis dapat menyimpulakn bahwa puisi merupakan sebuah karya yang terikat dengan irama, rima, ritma, bait, jarik serta ditandai dengan bahasa yang padat. Dan untuk membuat sebuah puisi dapat bertemakan tentang perasaan, bahkan tentang alam seperti pada contoh di atas. Semoga dengan adanya pembahasan tentang puisi alam ini kita dapat membuka mata hati kita dan terketuk mata hati ini untuk menjaga alam semesta. Lindungi alam karena selain kita siapa lagi yang akan melindungi alam yang indah ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Contoh Puisi Menarik Tentang Alam | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar