Contoh Paragraf Yang Menggunakan Diksi


Dengan menggunakan kata-kata seseorang bisa menjalanin sebuah hubungan baik itu persahabatan, percintaan, bahkan hingga permusuhan. Dalam berinteraksi dengan ornag lain kita perlu menempatkan kata-kata sesuai dengan situai yang ada. Pemilihan kata sangatlah  penting di dalam sebuah interaksi, hal ini berguna agar tidak terjadi kesalah pahaman antara satu dengan lainnya. pemilihan kata di dalam sebuah kalimat atau paragraf disebut juga dengan diksi. Dalam pemililihan kata tidak lah gampang karena  pemilihan kata harus sesuai dengan kaidah-kaidahnya, sehingga di dalam pemilihan kata tidak boleh lepas dari sebuah kamus. Kamus akan membantu kita dalam memilih kata agar kata-kata yang kita gunakan sesuai dengan kaidahnya.

Apabila kita memilih sebuah kata atau diksi dengan tepat maka apa yang kita ungkapkan akan lebih jelas dalam penyampaiannya. Hal yang paling sulit dalam memilih kata yaitu saat kita membuat sebuah tulisan. Pemilihan kata memiliki beberapa persyaratan yaitu harus terdapat kesesuain dan ketepatan. Tepat disini berarti kata yang kita pilih dapat mengungkapakan sesuatu dengan tepat, selain itu juga apa yang kita ungkapkan harus dapat dimengerti oleh khalayak ramai. Sedangkan yang dimaksud dengan kesesuain yaitu kata yang dipilih harus sesuai dengan kesempatan serta keadaan.
Agar kita dapat memenuhi persyaratan dalam memilih kata maka kita juga harus memperhatikan kaidah makna, kaidah kalimat, kaidah sosial serta kaidah karang-mengarang. Hal yang harus kita ingat dalam pemilihan kata harus memenuhi :
  • Kata yang baku. Hal yang harus kita hindari dalam pemilihan kata yaitu penggunaan kata yang kurang baku, karena kata yang kurang baku akan membuat seseorang mengalami kesulitan dalam  memahami apa yang kita maksud.
  • Kata yang lazim, yaitu kata yang sudah biasa digunakan baik itu dalam sebuah tulisan maupun lisan.
  • Kata yang cermat yang dapat berfungsi untuk mengungkapkan apa yang dimaksud  oleh penulis.
  • Ungkapan idiomatik, sebuah bahasa yang suatu unsurnya tidak  dapat diganti.
  • Ungkapan penghubung. Ungkapan penghubung ini terdiri dari dua bentuk yaitu ungkapan penghubung antar kaliman dan intrakalimat. Fungsi dari kata penghubung antarkalimat yaitu penghubung antara kalimat satu dengan kalimat lainnya, sedangkan fungsi dari intrakalimat yaitu berfungsi sebagai penghubunga anatar unsur-unsur yang terdapat di dalam sebuah kalimat.
  • Jangan menggunakan suatu kata atau ungkapan yang bersinonim dengan bersama-sama di dalam subuah kalimat.
  • Jangan menggunakan kata yang bermiripan.
Jika kita berbicara tentang materinya saja, saya yakin masih terdapat sebagian di antara kita yang masih kebingungan bagaiman cara memiliki kata atau diksi dalam membuat sebuah paragraf. Untuk anda yang belum mengerti akan cara pemilihan kata ini, maka saya akan memberikan sebuah contoh singkat tentang pemilihan kata atau diksi dalam pembuatan sebuah paragraf. Berikut contohnya.

Pada hari ini, tanggal 15 januari 2015 nenekku meninggal dunia. Beliau meninggal diusia 89 tahun, beliau meninggal dikarenakan terkena penyakit yang cukup serius yaitu terdapat kelainan pada jantungnya. Nenekku menghembuskan nafas terkahirnya disalah satu rumah sakit suwasta di Jakarta, beliau menghembuskan nafas terakhir tepat pada pukul 14.23 WIB . recananya beliau akan dimakamkan di pemakaman keluarga di derah jakarta Selatan.

Demikianlah pembahasan tentang diksi atau pemilihan kata. Berdasarkan pemaparan di atas dapa disimpulkan bahwa diksi yaitu pemilihan kata, pemilihan kata yang tepat dapat dengan mudah untuk menyampaikan apa yang dimaksud oleh sang penulis. Semoga dengan adanya pembahasan tentang pemilihan kata atau diksi beserta dengan contohnya dapat membantu anda semua. Terimaskih.
Contoh Paragraf Yang Menggunakan Diksi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar