Contoh Naskah Drama Terbaru


Dalam dunia pendidikan seni drama bukanlah sesuatu yang asing untuk di dengar. Dalam pendidikan bahsa indonesiapun memiliki materi tentang drama. Dari zaman dahulu hingga sekarang drama masih sering kita nikmati sebagai media untuk hiburan bagi kita. Hal utama yang harus terdapat di dalam sebuah drama yaitu naskah drama. Naskah drama merupakan inti dari suatu drama, apabila sebuah drama tidak memiliki naskah maka drama tersebut tidak akan berjalan, karena sebuah naskah drama lah yang akan menentukan alur dari drama tersebut. lalu Apasih yang dimaksud dengan drma? Dan bagaimanasih contoh dari naskah drama itu? Untuk anda yang sedang mencari pembahasan tentang drama beserta dengan contoh sebuah naskah drama silahkan di baca artikel saya ini karena pada artikel ini saya akan membahas tentang naskah drama beserta dengan pembahasan tentang drama.


Dari dulu hingga sekarang drama sangat kita nanti-nantikan kehadirannya karena drama mampu menghibur untuk orang-orang yang sedang membutuhkannya. Secaraa garis besar drama memiliki pengertian sebuah karya satra yang dipertunjukan oleh  beberapa pemainnya. Kata drama berasal dari bahasa Yunani draomai yang memiliki arti  bertindak, berbuat, bereaksi, berlaku. Sebuah drama di sampaikannya dengan cara dipentaskan atau dipertunjukan, pementasan naskah drama disebut dengan teater. Jika dilihat dari segi luasnya drama memiliki pengertian segala jenis pertontonan yang disampaikan oleh para pemainnya di depan khalayak ramai dengan mengandung cerita, sedangkan dalam pengertian sempitnya drama memiliki pengertian sebuah kisah manusia yang terjadi  dalam kehidupannya di dalam bermasyarakat yang dipentaskan atau disampaikan di depan umum.

Nah, untuk anda semua yang belum memahami tentang naskah drama jangan bersedih dalam pembahasan kedua ini saya akan membahas tentang naskah drama. Naskah drama itu banyak jenisnya, namun kali ini saya akan memberikan contoh naskah drama remaja. Naskah drama yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini yaitu berjudul anak rantau. Berikut pembahasannya.

Ibu        : nak, apa kabar Kau di sana?
Anak     : aku baik-baik saja bu, bagaiman dengan keadaan ibu?
Ibu        : ibu pun baik-baik saja nak.. nak, apa yang sudah kau lakukan di negeri orang ?
Anak    : banyak yang sudah ku lakukan bu, salah satunya aku sudah berinteraksi dengan orang-orang sini bu. Ibu tak perlu hawatir.
Ibu      : baiklah nak kalo begitu. Bagaiman dengan orang-orang di sana? Apakah mereka semua baik-baik dengan mu nak?
Anak    :bu, orang di sini sangat baik, mereka ramah-ramah, sopan saling menghargai satu sama lainnya bu. Mereka masih menjunjung tinggi tentang norma dan keadilan. Ilmu-ilmu yang mereka milikipun bisa aku pahami dan telesuri bu. Aku di sini sudah mendapatkan banyak teman dan pengalaman bu.
Ibu    : syukur alhamdulilah jika begitu nak, tetaplah kau berjuang walaupun di negri orang, doa dan restu ibumu ini selalu menyertaimu nak.
Anak    : iya bu. Terimakasih. Semoga tahun ini aku bisa pulang dengan membawa gelar baru ku bu, gelar ini kupersembahkan untuk ibu seorang.
Ibu    : aminn nak, ibu tak pinta banyak, jagalah dirimu di sana, jaga kesehatanmu jaga etika mu dan hargai orang lain nak. Itu semua sudah cukup untuk ibu, tidak ada kebahagian seorang ibu selain melihat anaknya sukses dan bahagia.
Anak    : baik bu, akan ku ingat selalu nasihat ibu,.

 Demikianlah pembahasan tentang naskah drama, berdasarkan pembahasa n di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa naskah drama yang dipaparkan disebut dengan tearter. Semoga dengan adanya contoh naskah drama di atas dapat membantu anda semua dalam menyelesaikan tugas anda  khususnya untuk membuat sebuah naskah drama. Demikian dan terimakasih.

Contoh Naskah Drama Terbaru | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar