Contoh Kalimat Yang Digunakan dalam Poster Dan Jenis - Jenis Poster

Contoh Kalimat Yang Digunakan dalam Poster Dan Jenis - Jenis Poster - Apa maksut Dan tujuan Poster yang dipasang dijalan-jalan dengan kata-kata dan gambar yang beragam. Apa fungsi dari poster-poster tersebut? Yang jelas tujuan dari poster adalah salah satu media untuk menyampaikan informasi. Informasi yang disampaikan melalui posterp beragam tergantung dari jenis pesan yang disampaikan dan tujuannya. Tidak berbeda dari media lain seperti elektronik maupun Koran atau majalah, poster merupakan media untuk menyampaikan pesan singkat. Dalam hal ini, poster mengandalkan seni dengan menampilkan komposisi huruf serta gambar dengan ukuran kertas besar dan diletakkan di tempat-tempat yang sering dilihat orang di jalan-jalan. Kalimat yang digunakan dalam posterpun beragam sesuai dengan tujuan dan pesan yang dibawanya. Seringkali yang kita lihat adalah poster tentang suatu produk. Tujuan dari poster ini adalah untuk memasarkan produk tersebut dan kalimat yang digunakan juga pastinya memperlihatkan kelebihan produk tersebut dan membujuk pembacanya agar membeli produk tersebut. Lalu adakah jenis poster yang lain? Berikut contoh kalimat yang digunakan dalam poster dan jenis-jenisnya.

Jenis-Jenis Poster dan Contoh Kalimat yang Digunakan
Berdasarkan isi dan fungsinya, kalimat yang biasa digunakan di dalam poster dapat di bagi menjadi beberapa jenis, yaitu: poster niaga, poster kegiatan, poster layanan masyarakat, dan poster pendidikan. Berikut penjelasan jenis-jenis poster dan contohnya.

1.    Poster Niaga
Poster niaga atau poster perdagangan adalah poster-poster yang sering kita lihat di jalan-jalan yang tujuannya adalah untuk menarik minat pembaca agar lebih mengenal barang yang diperjual belikan dan tertarik untuk membelinya. Kalimat yang digunakan dalam poster ini adalah bentuk komersialisasi suatu produk oleh karenanya poster ini disebut juga poster komersial. Kalimat yang digunakan di dalam jenis poster ini berusaha menampilkan kelebihan yang dimiliki oleh barang yang diperjualbelikan dan bersifat merayu pembaca agar membelinya. Berikut berberapa contoh kalimat yang digunakan di dalam poster niaga.
  1. Apa pun makanannya, minumnya teh botol sosro (poster the botol sosro)
  2. Inspirasi hidup alami (Poster Susu Ultra)
  3. Karena hidup banyak rasa, Kopi Good Day punya banyak rasa untuk harimu (Poster Kopi Good Day)
  4. Sudahkah anda memilih property dengan benar?
  5. Kredit mobil langsung lunas
Poster Kesehatan


2.    Poster Kegiatan
Seperti yang kita lihat dalam acara-acara konser, acara amal, atau kegiatan-kegiatan lainnya, poster jenis ini berupa penjelasan bahwa akan atau sedang diadakan suatu kegiatan atau ajakan agar orang-orang ikut terlibat atau hadir dalam acara yang diadakan. Kalimat yang digunakan dalam poster ini berupa pemberitahuan atau ajakan. Mirip seperti kalimat pada poster niaga karena mengiklankan suatu kegiatan tapi tidak semua kegiatan bersifat komersil. Berikut contoh kalimat pada poster kegiatan.
  1. Mari berbagi kegahagiaan bersama anak yatim
  2. Berbagi inspirasi dan menghasilkan karya bersama blog
  3. Kini saatnya kamu ikut mengkampayekan Indonesia bebas Tuberkulosis
  4. Pelatihan Jurnalistik “Melawan Kezaliman Media Massa Sekuler”.

3.    Poster Layanan Masyarakat
Poster layanan masyarakat adalah poster yang berisi slogan yang berfungsi sebagai media sosialisasi suatu program atau kegiatan layanan masyarakat yang digagas oleh pemerintah. Pada poster layanan masyarakat, kalimat yang digunakan bersifat persuasif atau membujuk masyarakat agar menggunakan layanan yang disediakan pemerintah. Berikut contoh kalimat dalam poster layanan masyarakat.
  1. Asi, Pasti! Penuhi hak setiapbayi untuk mendapatkan ASI sejak dini.
  2. Penyakit Campak dan Polio berbahaya! Jangan sampai anak kita tidak diimunisasi.
  3. Ayo Ikut KB
  4. Satu Suara Untuk Perubahan
Poster pendidikan adalah poster yang berisikan kalimat-kalimat tentang sosiali program pendidikan dari pemerintah. Seperti poster layanan masyarakat yang mengajak masyarakat agar terlibat program yang disediakan pemerintah, kalimat yang digunakan dalam poster pendidikan lebih fokus ke masalah pendidikan. Poster pendidikan adalah poster yang berisikan kalimat-kalimat tentang sosiali program pendidikan dari pemerintah. Seperti poster layanan masyarakat yang mengajak masyarakat agar terlibat program yang disediakan pemerintah, kalimat yang digunakan dalam poster pendidikan lebih fokus ke masalah pendidikan.
Poster Pendidikan


4.    Poster Pendidikan
Poster pendidikan adalah poster yang berisikan kalimat-kalimat tentang sosiali program pendidikan dari pemerintah. Seperti poster layanan masyarakat yang mengajak masyarakat agar terlibat program yang disediakan pemerintah, kalimat yang digunakan dalam poster pendidikan lebih fokus ke masalah pendidikan.
  1. Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh yang bisa anda gunakan untk mengubah dunia”Nelson Mandela”.
  2. Saatnya yang muda untuk beraksi memajukan prestasi
  3. Prestasiku untuk masa depan
  4. Membaca adalah membuka jendela dunia

Contoh Kalimat Yang Digunakan dalam Poster Dan Jenis - Jenis Poster - Demikian penjelasan tentang contoh kalimat yang digunakan dalam poster lengkap dengan penjelasan-penjelasannya. Semoga dengan artikel ini, teman-teman dapat menambah pengetahuan teman-teman.
Contoh Kalimat Yang Digunakan dalam Poster Dan Jenis - Jenis Poster | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar