Contoh Cerpen Bersudut Pandang Orang Ketiga

Contoh Cerpen Bersudut Pandang Orang Ketiga - Cerpen atau cerita pendek merupakan sesuatu yang sering kita temukan. Dalam sebuah cerpen atau suatu cerita pasti terdapat sudut pandang. Apa itu sudut pandang dalam sebuah cerita? Sudut pandang adalah cara penulis menempatkan dirinya dalam cerita yang ia buat. Sudut pandang juga di sebut suatu tekhnik atau siasat yang di buat oleh sang penulis dalam penyampaian berita yang terdapat dalam tulisannya. Sudut padnang mampu mempengaruhi penyajian atau pemaparan sebuah cerita atau alurnya. Sudut pandang terdiri dari beberapa jenis yaitu sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama, Sudut pandang orang ketiga serba tahu, Sudut pandang orang ketiga serba tahu, Sudut pandang orang ketiga pengamat.

Dari beberapa jenis sudut pandang tersebut, dalam artikel ini saya akan membahas salah satu dari jenis sudut pandang yaitu sudut pandang orang ketuga dalam sebah cerpen. Sudut pandang orang ketiga yaitu sang penulis meletakan dirinya sebagai ornag ketiga yang serba tau dan biasanya dalam sudut pandang orang ketiga ini memakai kata pengganti seperi ia, dia atau nama dari pelaku yang terdapat dalam cerita tersebut. agar lebih jelas, saya akan memaparkan contoh cerpen yang memiliki sudut pandang orang ketiga.


“Kisah Cinta Yang Rumit”
Kehidupan percintaan sinta sangatlah rumit, sinta sudah menjalani hubungan dengan seseorang lelaki yang sudah ia bangun bertahun-tahun. Pacar sinta bernama boy. Sinta dan boy selalu bersama-sama dalam menjalani kehidupan, susah, senang, mereka lewati bersama-sama tanpa ada rasa mengeluh sedikitpun. Sembilan tahun bukan waktu yang sebentar untuk sinta menjalani hubungan dengan boy, seluruh keluarga sudah mengetahu hubungna mereka, bahwa hubungan sinta dan boy sudah memasuki jenajng yang seirus. Pernikahan pun sudah pernah menajdi pokok pembahasan dalam keluarga besar.

Hingga pada suatu keadaan sinta berada di zona yang membosan kan. Sinta merasa bosan dengan keadaan hubungan dengan boy. Yang setiap hari selalu saja seperti tiu tidak ada perubahan sedikitpun. Sinta merindukan kejutan-kejutan kecil yang diberikan boy, namun boy tidak lagi memberikannya sehingga hubungan mereka datar dan terkesan membosankan. Sinta memiliki banyak teman laki-laki dan boy mengetahui hal itu, namun boy tidak mempermasalahkan hal itu karena sebelumnya boy sudah mengetahui hal itu bahwa sinta adalah seorang gadis yang lucu, humoris dan gampang berbaur dengan orang sehingga kawan-kawan sinta banyak dan kebanyakan laki-laki. Hal ini di dukung karena sinta memiliki sifat yang cukup tomboy.

Pada suatu hari sinta kenal dengan seorang cowo yang cuek tapi perhatian . cowo itu tipe sinta banget. Cowo tiu bernama leo. Sinta dan leo berteman dekat, saling berbagi cerita satu sama lain, saling membantu satu sama lain, hingga pada suatu hari sinta menjodohkan teman dekatnya  dengan leo. Boy pun tau akan hal ini, boy pun setuju dengan  keputusan sinta teman sinta bernama desi. Semakin hari leo dan desi semakin dekat, namun sinta dan leo pun semakin hari semakin sering komunikasi. Komuniaksi yang sering dilakukan oleh sinta dan leo membaut hati sinta merasa nyaman, bahakan jika sehari tanpa kabar dari leo sinta merasa gelisah, sedangkan sehari tanpa kabar dari boy sinta merasa baik-baik saja.

Ternyata sinta merasakan hal yang salah terhadap leo, sinta merasa suka dengan leo sedangkan sinta sudah memiliki boy dan leo adalah gebetan dari sahabat sinta yang sinta sendiri mengenalkannya. Saat ini sinta hanya menjalankan kehidupannya seperti biaisa dengan memiliki pasangan dan menyukai lelaki lain. Sinta merasa sulit untuk menjalani kehidupan percintaannya yang sangat runyam ini, namun tak ada satupun orang yang mengetahui hal ini, sinta memendam masalah ini dalam-dalam. Sinta tak mau menyakiti hati siapapun sehingga di depan leo, boy ataupun desi terlihat biasa saja seperti tidak adalah masalah yang rumit.

Demikian lah contoh dari cerpen yang memiliki sudut pandang orang ketiga yanng serba tau. Semoga dengan adanya contoh cerpen ini anda semua bisa membuat cerpen yang bersudut pandangang orang ketiga atau jenis sudut pandang lainnya. terimakasih.
Contoh Cerpen Bersudut Pandang Orang Ketiga | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar