Ciri - ciri khas yang terdapat pda hewan dan tumbuhan


Ciri - ciri khas yang terdapat pda hewan dan tumbuhan. Pada pembahasan- pembahasan sebelumnya kita pastinya sudah beberapa kali menyinggung masalah tentang hewan dan tumbuhan. Biasanya beberapa hewan dan tumbuhan memiliki ciri- ciri khas untuk membedakan denganjenis hewan dan tumbuhan lainnya. Ciri khas ini biasanya digunakan untuk melindungi dirinya dari serangan musuh. Berikut ini beberapa ciri khas yang terdapat hewan dan tumbuh- tumbuhan kawan- kawan. Mari kita simak


Ciri Khas Pada Hewan
  • Ada beberapa yang memiliki kemampuan yang dinamakan dengan ekolokasi. hewan yang memiliki kemampuan ekolokasi itu adalah kelelawar. Kelelawar menngunakan kemampuan ekolokasinya untuk mendeteksi letak posisi atau keberadaan benda- benda lain di tempat yang begitu gelap. Kemampuan ekolokasi kelelawar dengan memanfaatkan gelombang bunyi sehingga bisa mendeteksi objek lainnya.
  • Ada hewan juga yang memiliki kaki berselaput. Kaki berselaput ini digunakan oleh beberapa hewan yaitu untuk kemampuan berenang. Contoh hewan- hewan yang mempunyai kaki yang diantaranya adalah itik, katak, dan angsa.
  • Mempunyai kulit berduri. Landak merupakan salah satu contoh hewan yang memiliki kulit berduri. Biasanya Kulit yang berduri dimiliki oleh landak dan berguna untuk melindungi diri dari serangan dari musuh.
  • Hewan juga ada yang mempunyai bantalan perekat pada kakinya. Cicak dan tokeklah yang merupakan hewan- hewan yang memiliki ciri khas tersebut. Jadi bantalan berperekat pada kaki yang ada pada cicak dan toke sangatlah berguna yaitu untuk merayap di dinding sehingga mereka dapat memangsa mangsanya seperti nyamuk.
  • Mempunyai mata dan pendengaran yang tajam. Contoh hewan yang memiliki mata dan pendengaran yang tajam adalah burung hantu. Mata dan pendengaran yang tajam berguna untuk mencari makan di malam hari.
  • Beberapa hewan juga ada yang mempunyai mata dan pendengaran yang sangat tajam. Salah satu contoh hewan yang memiliki mata dan pendengaran yang tajam adalah burung hantu. Burung hantu menggunakan kemampuan dari mata dan pendengaran yang tajam berguna untuk mencari makan di malam hari.
  • Kalau kita pernah melihat film animasi pasti kita sudah pernah melihat jenis hewan yang menngunakan baunya sebagai ciri khas untuk mengusir musuhnya. Walang sangit dan sigung Mmerupakan contoh hewan- hewan yang mempunyai kemampuan yang khas yaitu melalui baunya. Bau yang sangat menyengat ini berguna untuk mengusir musuhnya.
  • Mengubah warna kulit sesuai lingkungannya. Hewan yang bisa melakukan hal tersebut atau memiliki ciri khas ini adalah bunglon. Bunglon melakukan hal ini atau merubah warna kulit berguna untuk penyamaran agar terhindar dari musuh.

Itulah tadi beberapa ciri khas yang ada pada hewan, selanjutnya adalah yang kita bahas yaitu ciri khas dari beberapa tumbuhan. Penjelasannya berikut ini:
  • Tumbuhan yang memiliki bunga berbau busuk. Raflesia dan bunga bangkai merupakan contoh dari jenis tumbuhan yang berbau busak. Ciri khas ini atau bau busuk ini memiliki kegunaan yaitu menarik serangga yang akan membantu penyerbukannya.
  • Tumbuhan yang dapat menghasilkan cairan untuk mencerna serangga. Kantong semar merupakan jenis tumbuhan yang memiliki ciri khasnya ini. Cairan ini dapat digunakan untuk mencerna makanan yaitu serangga.
  • Tumbuhan yang memilik daun kecil tapi  menyerupai duri. Ciri khas ini dimiliki oleh tumbuhan kaktus. Ciri khas ini yang terdapat pada kaktus yaitu berguna untuk mengurangi proses penguapan.
  • Tumbuhan yang memiliki batang berduri. Mawar dan putri malu merupakan tumbuh- tumbuhan yang memilik ciri khusus yaitu batangnya yang berduri. Batang berdiri berguna untuk alat pertahanan terhadap musuh.

Demikianlah itu tadi beberapa ciri khas Tumbuhan yang dapat kita amati di sekitar lingkungan kita. Mungkin itu saja beberapa ciri khas yang ada pada hewan dan tumbuhan. Semoga bermanfaat ya kawan- kawan. Terima kasih.

Ciri - ciri khas yang terdapat pda hewan dan tumbuhan | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar