Ciri ciri dan contoh gymnospermae pembahasan lengkap

Ciri ciri dan contoh gymnospermae pembahasan lengkap - Pada kesempatan kali kita masih membahas pembahasan seputar tentang kajian ilmu pengetahuan alam khusunya mata pelajaran biologi. Pada artikel- artikel sebelumnya yang memiliki keterkaitan tentang ilmu pengetahuan alam khusunya mata pelajaran biologi kawan- kawan semua tentunya sudah pernah membaca tentang pembahasan makhluk hidup di muali dari jenis- jenisnya, ciri- ciri, bentuk, habitat, klasifikasi, taksonomi, anatomi, dan masih banyak pembahasan- pembahasan lainnya. Nah lalu apa pembahasan kita kali ini?? Pembahasan kita kali ini adalah mengenai Ciri ciri dan contoh gymnospermae pembahasan lengkap. Mungkin pembahasan mengenai gymnospermae bisa menjadi manfaat bagi kawan- kawan yang ingin tahu atau kebetulan mendapatkan tugas dari sekolahan yaitu pelajaran biologi dan temanya mengenai materi tentang gymnosperame. Sebaiknya kita bahas segera supaya kawan- kaan akan cepat mengertinya ya

Ciri ciri dan contoh gymnospermae pembahasan lengkap
  • Pengertian Gymnospermae
Apa itu gymnospermae? apakah termasuk ke dalam golongan hewan atau tumbuhan?? berikut ini penjelasannya. Pada dasarnya Gymnospermae berasal dari kata bahasa Yunani yaitu Gymnos yang berarti terbuka dan sperma yang memiliki arti biji. Gymnospermae merupakan dari jenis tumbuhan atau tanaman. Dari arti kata bahasa Yunani tersebut bisa kita definisikan Gymnospermae merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tidak mempunyai pembungkus biji sehingga bijinya kelihatan dari luar atau terletak di permukaan daun buah atau disebut juga megasporofil. Menurut penelitian tumbuhan gymnospermae merupakan tumbuhanyang sudah ada semenjak periode Devon atau sekitar 410-360 juta tahun yang lalu atau periode di mana sebelum dinosaurus ada. Jenis- jenis dari tumbuh- tumbuhan gymnospermae biasanya adalah tumbuhan atau tanaman berkayu yang mempunyai bermacam – macam habitus atau perawakan. Tumbuhan atau tanaman gymnospermae merupakan tanaman yang memiliki bunga yang sesungguhnya atau bunga yang melakukan proses reduksi menjadi kantong serbuk sari dan bakal biji, serta pada sporofil nya terpisah-pisah membentuk strobilus jantan dan strobilus betina. Lalu apa saja Ciri- ciri dari tumbuhan gymnospermae tersebut. Berikut ini penjelasannya:


  • Ciri- ciri gymnospermae
Pada dasarnya gymnospermae memiliki ciri- ciri umumnya yaitu mempunyai strobilus yang memiliki peran sebagai alat reproduksi, tidak mempunyai pembuahan ganda, pada gymnospermae biji tidak dibungkus oleh daun buah, dan juga gymnospermae tumbuhan kormophyta.  Selain itu sebenarnya pada tumbuhan biji terbuka ciri- ciri yang nampak yaitu bakal bijinya tumbuh dan terletak di luar ovarium atau juga yang disebut dengan megasporofil. Megasporofil memiliki bentuk berupa sisik pendukung pada bakal biji yang terkumpul dalam bentuk strobilus atau runjung berkayu tetapi pengecualiannya pada cycas. Tumbuhan atau tanaman Gymnospermae berumah dua hanya mempunyai salah satu dari strobilus jadi antan atau betina saja, sedangkan tanaman atau tumbuhan Gymnospermae berumah satu memiliki kedua jenis strobilus tersebut. Dengan bentuknya yang bervariasi tumbuhan Gymnosperame maerupakan tanaman tahunan yang berkayu. Pada batangnya akan bertumbuh menjadi besar dan memiliki cabang- cabang. Pada batang tunbuhan gymnospermae memiliki yang namanya trakeid merupakan sel-sel yang memiliki bentuk memanjang dan bentuk runcing yang berguna untuk membawa air dari bawah ke atas atau dari akar ke daun. Sebenarnya xilem adalah bentuk awal dari trakeid tersebut. Pada ciri- ciri daun yang dimiliki oleh tumbuhan gymnospermae mempunyai berbagai macam bentuk ada yang tipis seperti lembaran dan ada juga yang kecil dan tebal seperti jarum.

Contoh- contoh tumbuhan yang termasuk gymnospermae anatara lain adalah Pohon Cemara, pinus, Pakis Haji (Cycas rumphii), Melinjo (gnetum gnemon), Pohon Damar, Cupressus sp, Juniperus sp, Zamia furfuracea, Taxus sp, Cycas revoluta.

Ciri ciri dan contoh gymnospermae pembahasan lengkap - Itulah tadi kawan- kawan pembahasan tentang Ciri ciri dan contoh gymnospermae pembahasan lengkap. Semoga bisa bermanfaat bagi kawan- kawan yang sedang mencari info tentang gymnosperame ya. Terima kasih.
Ciri ciri dan contoh gymnospermae pembahasan lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar