Cara Menghitung persentase keuntungan dan pembahasannya

Pada dasarnya dalam menghitung suatu presentase keunutngan dapat kita praktekkan atau kita aplikasi dalam kehidupan kita sehari- hari. sebelumkita menuju rumus- rumusnya dan soal- soal pembahasan tengan menghitung presentase keuntungan ada baiknya kita paham atau mengerti tentang definisi atau pengertian keuntungan itu sendiri.

Umumnya pengertian dari keuntungan adalah kondisi di mana harga penjualan lebih besar dari pada harga pembelian barang tersebut. Atau bisa dijelaskan juga dengan kalimat matematika sepperti berikut:


Keuntungan = Harga penjualan > Harga pembelian
atau juga untuk mencari keuntungan bisa dilakukan dengan harga dari penjualan tersebut dikurangi oleh dari harga pembelian. Berikut ini dapat dijelaskan sebagai berikut.
Keuntungan = Harga pembelian - Harga pembelian
Selain keuntungan lawan katanya adalah kerugian. kerugian merupakan di mana suatu kondisi harga pembelian lebih besar dari pada harga penjualan atau bisa dijelaskan seperti di bawah ini:
Kerugian = Harga pembelian - Harga penjualan atau bisa dijelaskan dengan rumusnya:
Kerugian = Harga pembelian - Harga penjualan
Perhatikan contoh soal tentang keuntungan atau kerugian berikut ini:
Pak Hengki adalah seorang pedagang pakaian di pasar suka maju pak Hengki membeli satu lusin seragam sekolah seharga Rp. 550.000,00 dan dijual kembali satu lusin seragam sekolah tersebut semuanya laku Rp. 750.000,00 Pertanyaannya adalah:
Untung atau Rugi kah Pak Hengki dalam  jual beli seragam sekolah tersebut ?
lalu Berapakah Besar Keuntungan/Kerugian Pak Hengki tersebut?
Jawaban dari pertanyaan di atas adalah:
Karena di dalam soal yang ada pada butir a. dari pertanyaan diatas hanya menanyakan Untung atau Rugi kah Pak Hengki, dan dari soal tersebut dapat kita jelasakan bahwa:
Rp. 750.000,00 > Rp. 550.000,00 atau bisa diterangkan
Harga Jual > Harga Beli, maka Pak Hengki mengalami  keuntungan.
Sedangkan untuk soal butir b, karena Pak Hengki  mendapat keuntungan dari hasil penjualan tersebut, maka rumus yang harus digunakan adalah Harga Penjualan – Harga Pembelian. Jadi:
Besar Keuntungan = Harga Penjualan – Harga Pembelian                                                                                                       Besar Keuntungan = Rp. 750.000,- – Rp. 550.000,-                                                                                                                     Besar Keuntungan = Rp. 200.000,-                                                                                                                                              Jadi, Keuntungan Pak Hengki adalah sebesar Rp. 200.000,- 
Demikianlah tadi kawan- kawan penjelasan tentang keunutngan dan pembahasan soal mencar keuntungan. Selanjutnya yang akan kita bahas adalah bagaimana mencari presentase keuntunga. Mari kita bahas.
Dari pembahasan soal tersebut di atas kita telah mengetahui bahwa pak Hengki mendapat keuntungan dari hasil penjualan seragam sekolah sebesar Rp. 200.000,- 
Lalu pertanyaan selanjutnya adalah kawan- kawan bagaiaman cara untuk mencari presentase dari keuntungan Pak Hengki tersebut??
sebelum kita menjawab dan membahas presentase keuntungan penjualan yang dilakukan oleh Pak Hengki tersebut ada baiknya kita mengetahu Rumus atau Cara mencari sebuah presentase keuntunga.
Untuk mencari presentase keuntungan kita harus menggunakan rumus berikut ini:
Presentase keutungan (%) = keuntungan : harga pembelian X 100 %
atau juga bisa dijelasakan dalam rumus di bawah ini:
Presentase keuntungan = Harga jual- harga beli    X 100 %
                                        Harga Pembelian

Presentase kerugian = Harga beli- harga jual   X 100 %
                                        Harga Pembelian

Jadi kita bisa mengetahui presentse keuntungan yang dialami pak Hengki dengan memasukkannya ke dalam rumus presentse keuntungan tersebut.
Presentase (%) Pak Hengki = 200.000 : 550.000 X 100 %
                                           =  36.36 %
jadi presentase keuntung yang didapat pak Hengki adalah 36.36 %
Demikianlah tadi kawan- kawan penjelasa tentang cara mencari presentse keuntungan dan contoh serta pembahasan soalnya. Semoga langsung bisa dipraktikkan dan bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Terima kasih.

Cara Menghitung persentase keuntungan dan pembahasannya | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar