Cara Menemukan Ide Pokok Dalam Sebuah Paragraf Atau Karya Sastra

Cara Menemukan Ide Pokok Dalam Sebuah Paragraf Atau Karya Sastra - Suatu ide pokok pasti terdapat dalam sebuah tulisan, ide pokok bisa terdapat di awal paragraf, pertengahan atau bahkan di akhir paragraf. Ide pokok bisa berdiri sendiri tanpa adanya pendukung penjelas. Ide pokok atau sering disebut dengan gagasan utama bisa diartikan sebuah gagasan yang mendasari suatu paragraf, ide pokok dikembangkan menjadi sebuah paragraf dengan pendukung-pendukung lainnya. tidak semua orang memahai cara untuk mendapatkan sebuah ide pokok dalam suatu paragraf. Disaat kita sebagai pembaca ingin menambah wawasan dengan cara membaca maka wajib hukumnya bagi kita untuk mengetahui ide pokok yang terdapat di dalam sebauh paragraf. Memang tidaklah mudah untuk kita mengetahui ide pokok yang terdapat di dalam sebuah paragraf, apalagi jika kita tidak mengetahui cara-carnya. Untuk mengetahui ide pokok di dalam sebuah paragraf memiliki beberapa cara.

Ide Pokok
Nah, agar anda tidak mengalami kebingungan dalam menentukan sebuah ide pokok di dalam suatu paragraf saya akan memeberikan bantuan untuk anda semua dengan menghadirkan artikel ini. Di dalam artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengetahui atau mendapatkan sebuah ide pokok di dalam sebuah paragraf. Ide pokok merupakan sebuah konsep yang mencangkup gagasan lainnya. dalam membentuk sebuah paragraf anatar ide pokok dengan kalimat penjelas lainnya haruslah berkesinambungan satu sama lainnya. sekarang saatnya kita bahas tentang bagaimana cara menemukan sebuah ide pokok di dalam suatu paragraf.

Biasanya kita mengalami kesulitan untuk menentukan sebuah ide pokok jika paragraf tersebut memiliki tipe paragraf naratif dan deskripstif. Dalam penjabarannya ide pokok di jabarkan secara merata serta berkesinambunga di dalam sebuah paragraf. Kita sebagai pembaca dituntut untuk mengetahui kata kunci dari sebuah pararaf agar kita dapat dengan mudah mengetahui ide pokok serta dapat mengetahui maksud dari sebuah paragraf.

Untuk mengetahui ide pokok yang terdapat di dalam sebuah paragraf dapat mengetahuinya dengan cara yaitu terlebih dahulu kita harus mengenai tipe dari paragraf yang menjadi pembahasan kita. Jika ditinjau dari pola penalarannya paragarf memiliki dua jenis yaitu paragraf yang bertipe deduktif dan paragraf induktif. Sedangkan jika kita meninjau suatu paragraf  berdasarkan pengembangannya paragraf dapat dibedakan menjadi paragraf definisi, paragraf contoh, paragraf sebab-akibat(kausalitas), paragraf perbandingan (persamaan-perbedaan), paragraf pertentangan, paragraf kronologi, dan sebagainya.

Sebuah paragraf dengan penalaran deduktif yaitu dimulai dengan pernyataan umum, biasanya pada pola penalaran deduktif ini ide pokoknya terdapat di awal paragraf sedangkan yang lainnya merupakan kalimat-kalimat penjelas yang berfungsi sebagai pendukung untuk mengahsilkan sebuah paragraf yang sempurna dan indah.  Sedangkan jika berdasarkan pola penalaran induktif  ide pokoknya terdapat di akhir paragraf  karena pola penalaran induktif  ini merupakan sebauh paragraf yang menggunakan sebuah pristiwa dan pola induktif ini merupakan sebuah paragraf yang menarik kesimpulan maka dari itu ide pokok di dalam sebuah paragrafnya terletak di ahir paragraf. Cara menarik kesimpulan dalam sebuah paragraf ini yaitu bisa dengan cara induktif, generalisasi, bahkan analogi.

Cara Menemukan Ide Pokok Dalam Sebuah Paragraf Atau Karya Sastra - Demikian pembahasan tentang cara menentukan sebuah ide pokok yang terdapat di dalam suatu paragraf. Ide pokok  biasanya terletak di awal paragraf dan di akhir suatu paragraf hal ini jika kita menentukan sebuah ide pokok berdasarkan pola penalaran. Sedangkan jika kita mencari suatu ide pokok di dalam sebuah paragarf berdasarkan pola pengembangannya ide pokok terdapat di awal paragraf. Jika kita ingin memliki keahlian dalam mencari ide pokok, maka kita harus sering-sering berlatih membaca dan menemukan ide pokoknya. Semoga dengan adanya materi ini dapat membantu anda semua. Terimakasih.
Cara Menemukan Ide Pokok Dalam Sebuah Paragraf Atau Karya Sastra | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar