Cara membuat Kalimat penutup makalah dan contohnya

Cara membuat Kalimat penutup makalah dan contohnya - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagian dari makala yaitu bagian penutupnya. Pada artikel kali ini kalian akan diberikan beberapa penjelasan tentang bagaimana cara membuat kata penutup makalah dan juga contoh- contohnya. Sebagai suatu kesimpulan dari pembahasan- pembahasan pada makalah atau karya ilmiah lainnya, tentunya terdapat yang namanya sebagai kalimat penutup. Kata penutup adalah berupa bagian rangkuman kalimat singkat yang tertulis atau membicarakan tentang pemahaman penulis terhadap tema yang telah dibahas. Kalimat penutup hanyalah sebatas kesimpulan dari penulis yang memiliki sifat umum. Berdasarkan dari penjelasan- penjelasan yang dihasilkan melalui pembahasan yang kemudian dilakukannya sebuah analisis lalu hasil analisis tersebut kemudian diringkas dalam kalimat- kaliamat dan itulah yang disebut dengan kesimpulan yang ditulis atau dibahas pada bagian penutup di suatu makalah.


Berikut ini adalah beberapa saran atau cara untuk membuat kata penutup yang baik dan benar pada suatu makalah atau karya ilmiah lainnya. Tahapan- tahapan nya antara lain:
  • Pada dasarnya kawan- kawan harus paham tentang apa yang sedang dibahas atau menguasai tema pembahasan pada makalah tersebut.
  • Di dalam membuat suatu kesimpulan atau kalimat penutup makalah lebih baik gunakan suatu paragaraf yang berbentuk paragraf eksposisi yang didukung dengan data-data faktual sesuai isi pembahasan.
  • Pada kaliamat penutup makalah haruslah mampu menjelaskan pandangan pribadi terhadap tema pembahasan, sesuai konteks dan tidak berlebihan.
  • Membuat kalimat penutup tentunya kawan- kawan haruslah menggunakan kalimat yang lugas, simple dan mudah dipahami.
  • Dan yang terakhir adalah dalam pembuatan kalimat penutup haruslah terbuka terhadap kritik dan saran.

Supaya kawan- kawan lebih memahami lagi berikut ini adalah contoh- contoh dari beberap kalimat penutup makalah. Perhatikan yaa!!

Contoh 1
Demikianlah yang bisa kami sampaikan mengenai materi yang menjadi pembahasan di makalah ini, sebenarnya masih banyak kekurangan dan kelemahan kerena terbatasnya pengetahuan kurangnya rujukan atau referensi yang kami dapatkan hubungannya dengan makalah ini Penulis banyak berharap kepada para pembaca yang budiman memberikan kritik saran yang membangun kepada kami demi sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis para pembaca khusus pada penulis. Aamiin

contoh 2
Menyadari bahwa dalam tulisan ini penulis masih jauh dari kata sempurna, pada tulisan selanjutnya penulis akan mencoba untuk lebih fokus dan rinci ketika menyajikan penjelaan tentang makalah di atas tentunya dengan sumber – sumber yang lebih baik lagi dan dapat di pertanggung jawabkan. Untuk itu, penulis sangatlah membutuhkan kritik maupun saran yang sifatnya membangun dan bisa meningkatkan kemampuan di dalam menulis suatu makalah.

Contoh 3
Demikianlah makalah yang kami tulis ini, mudah- mudahn dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk para pembaca. Kami meminta maaf jika ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata atau ada kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas.Karena kami hanyalah manusia biasa yang selalu tak luput dari kesalahan- kesalahan dan kami  mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian makalah ini kami tulis semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.


Cara membuat Kalimat penutup makalah dan contohnya. Semoga dapat menjadi manfaat yang baik untuk kawan- kawan semua dan jangan lupa untuk saling berbagi ilmu dengan kwan- kawan yang lainnya. Terima kasih.

Cara membuat Kalimat penutup makalah dan contohnya | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar