Pengertian Struktur, Metabolisme, Fungsi Dan Sumber Lemak

Lemak merupakan zat organik yang tersusun atas karbon, hidrogen, serta oksigen. Lemak bersifat hidrofobik atau sukar larut di dalam air akan tetapi lemak bisa larut di dalam pelarut organik seperti benzen, eter, dan kloroform. Pembahasan kali ini dikhususkan pada materi mengenai pengertian, struktur, dan fungsi dari lemak. So, simak dengan baik pembahasannya berikut ini:

Struktur Lemak
Struktur dasar lemak dapat kalian lihat pada gambar berikut ini:



Simbol R1, R2, dan R3 pada gambar di atas merupakan gugus alkil. apabila ketiga alkilnya sama (R1 = R2 = R3) maka terbentuklah trigliserida sederhana, sementara apabila alkilnya berbeda maka akan terbentuk trigliserida campuran.


Metabolisme lemak
Metabolisme lemak merupakan serangkaian proses pembentukan energi yang berasal dari lemak. Asupan lemak yang masuk bersama dengan makanan yang kita telan akan diuraikan untuk kemudian diserap bersamaan dengan sari-sari makanan yang lain. Di dalam proses metabolisme lemak menjadi energi, tubuh kita akan membutuhkan glukosa yang berasal dari karbohidrat. Oleh karenanya, kita biasanya diberi hidangan penutup yang manis-manis setelah mengonsumsi makanan utama yang banyak mengandung lemak.

Setelah melewati proses penyerapan lemak akan diserap dalam bentuk trigliserida. Kemudian lemak yang berbentuk trigliserida itu akan disintetis dan diubah menjadi asam lemak dan gliserol. Asam lemak dan gliserol inilah yang nantinya akan masuk ke dalam proses pembentukan energi di dalam tubuh.

Gliserol dan asam amino akan diibantu oleh kehadiran glukosa untuk memasuki tahapan selanjutnya yang disebut dengan siklus krebs atau juga dikenal sebagai tca. Dengan melalui proses tersebut asam lemak dan gliserol dapat diubah menjadi energi seperti dapat dilihat pada gambar berikut:

Asam lemak yang dihasilkan dari proses sintetis lemak hanya terdiri atas pecahan 2-karbon, oleh karenanya sel tubuh tidak bisa membentuk glukosa dari asam lemak begitu juga dengan gliserol. Karena gliserol hanya merupakan 5% bagian dari lemak maka sel tubuh tidak mampu mengubah lemak menjadi glukosa. Dikarenakan kondisi tersebut, tidak semua organ tubuh bisa memperoleh energi yang dihasilkan dari lemak contohnya adalah sistem saraf. Hal tersebut juga menjadi penyebab mengapa proses pembakaran lemak di dalam tubuh membutuhkan proses yang cukup panjang.

Sumber lemak
Ada dua jenis lemak bila dibedakan dari sumbernya, yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati bisa diperoleh dari berbagai jenis tumbuhan seperti kacang-kacangan, buah alpukat, biji-bijian dan sebagainya. Lemak nabati ini memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang cukup banyak sehingga titik cairnya rendah sehingga biasanya lemak ini berbentuk cairan/minyak.

Sedangka lemak hewani merupakan lemak yang diperoleh dari sumber makanan hewani seperti ikan, susu, daging, dan telur. Kebalikan dari lemak nabati, lemak hewani lebih banyak mengandung asam lemak jenus sehingga titik cairnya tinggi dan cenderung berbentuk padat.

Fungsi Lemak
Lemak memiliki banyak fungsi di dalam proses metabolisme tubuh kita, berikut adalah beberapa fungsi yang dimiliki oleh lemak:

melindungi tubuh dari suhu rendah
Melarutkan beragam jenis vitamin seperti  vitamin A,D,E dan K
Melindungi organ-organ vital seperti lambung dan jantung.
 Sumber energi tertingggi
Memperlambat pencernaan sehingga bisa membantu kita menahan lapar.
Komponen penyusun membran sel,  hormon dan vitamin.
Bahan penyusun empedu, asam kholat, dan hormon seks.

Demikianlah uraian materi tentang pengertian, fungsi, dan metabolisme lemak. Meskipun lemak dibutuhkan oleh tubuh kita untuk mmbentuk energi dan menjalankan fungsi-fungsi yang lain, kita juga harus menyadari bahwa tidak baik apabila kita terlalu banyak mengonsumsi lemak. Akibatnya adalah kita bisa mengalami obesitas atau kegendutan. Tentunya kondisi tersebut tidak baik untk  tubuh kita. Maka dari itu konsumsi makanan yang mengandung lemak sesuai dengan porsinya.
Pengertian Struktur, Metabolisme, Fungsi Dan Sumber Lemak | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar