Pengertian Dan Unsur - Unsur Drama Lengkap


Pengertian Dan Unsur - Unsur Drama Lengkap - Sering kita menemukan dan melihat sebuah pertunjukan drama, baik itu di media sosial atau secara langsung. Sebuah drama di tulis oleh seseorang yang disebut dengan penulis naskah, untuk menjadi seorang penulis naskah kita harus di tuntut untuk bisa  membangun sebuah cerita yang kita tulis menjadi sebuah konflik pada setia tokoh sehingga cerita akan mengalir  sebagaimana kejadian yang sebenarnya. Apabila seorang penulis naskah mampu membuat sebuah konflik yang terjadi dalam setiap tokoh dan mampu membuat cerita dalam drama mengalir begitu saja seolah-olah kenyataan, maka penonton yang melihatnya akan membangun emosionalnya dalam cerita yang diperankan oleh para tokoh. Agar sebuah drama dapat menghidupkan suasana makan tidak luput dari unsur-unsur yang harus dimiliki dalam drama. Dalam materi artikel ini, saya akan membahas mengenai unsur-unsur yang terdapat dalam drama. Seperti unsur instriksik dan unsur ekstrinsik yang terdapat dalam sebuah drama.

Drama adalah sebuah karya sastra yang di pertunjukan kepada khalayak ramai yang berupa dialog  yang bertujuan untuk menghibur khalayak ramai. Drama memiliki beberapa jenis yaitu drama dagelan, komedi, tragedi, dan melodrama. Biasanya drama di gunaka pada sebuah film, bioskop,panggung dan televisi. Secara garis besar unsur-unsur drama terbagi menjadi dua yaitu unsur ektrinsik dan unsur intrinsik. Unsur intrinsik yaitu  sebuah unsur yang memiliki tujuan untuk menyusun sebuah karya satra yang berasal dari dalam.  Adapun unsur-unsur intrinsik drama yaitu :
  • Tema
Tema merupakan sebuah gagasan pokok atau ide utama dalam sebuah drama. Tema akan dikembangkan melalui struktur dramatik dalam plot melalui tokoh-tokoh protagonis dan antagonis dengan perwatakan yang memungkinkan konflik dan diformulasikan dalam bentuk dialog (Waluyo, 2002:24). Dalam pembuatan sebuah tema harus mempertimbangkan lingkungan di sekitar.
  • Watak atau penokohan.
Watak merupakan sifat yang dimiliki oleh para tokoh yang berperan dalam drama tersebut. watak atau penokohan ini terdiri dari tiga jenis yaitu protogonis yaitu sebagai tokoh utama yang memiliki peran sebagai orang baik, antagonis yaitu tokoh utama yang memiliki sifat jahat dan tritagonis yaitu sebagai tokoh pembantu.
  • Latar/setting.
Latar merupakan keterangan yang berupa tempat, waktu, suasana, dan situasi.
  • Alur/plot.
Alur merupakan sebuah deretan dari pristiwa yang terjadi dalam drama tersebut. alur terbagi menjadi 3 yaitu alur maju, alur mundur dan campuran.
  • Amanat
Amanat merupakan sesuatu yang disampaikan oleh sang penulis dari sebuah drama. Dalam penyampaiannya amanat bisa ditunjukan secara lagsung dan bisa pula berupa isarat.
Unsur-unsur instrinsik dalam sebuah drama sudah kita bahas, sekarang saatnya kita membahas mengenai unsur-unsur ekstrinsik dari sebuah drama . unsur ekstrinsik yaitu unsur yang bertujuan untuk menyusun sebuah karya sastra yang berasal dari luar. Unsur ekstrinsik drama  biasanya memiliki keterakitan dengan perkembangan cerita di  dalam drama tersebut atau dengan kata lain unsur ekstrinsik drama ini berfungsi  untuk membangun cerita di dalam  sebuah drama. Menurut seorang ilmuan yaitu  Wellek dan juga Warren  unsur-unsur ekstrinsik dari sebuah drama yaitu :
  1. Sikap dan karakter  yang dimiliki seorang pengarang mampu mempengaruhi sebuah tulisan naskah drama. Seperti keadaan individu dan pandangan subjektif yang ia miliki
  2. Keadaan psikologis yang di miliki oleh seorang pengarang dan penikmat sebuah drama tersbut mampu mempengaruhi keadaan sebuah drama
  3. Keadaan yang terdapat di sekitar pengarang aau pembaca meliputi sosial, ekonomi, budaya dan lain sebagainya.
  4. Cara pandang sebuah bangsa terhadap karya sastra.
  5. Latar belakang seorang penulis sangat memegang peran penting dalam sebuah karya yang di hasilkannya.
Pengertian Dan Unsur - Unsur Drama Lengkap- Nah, sudah kita bahas secara lengkap mengenai unsur instrinsik dan ekstrinsik sebuah drama. Jadi pada intinya unsur instrinsik yaitu unsur yang terdapat dalam drama sedangkan unsur ekstrinsik yaitu unsur yang terdapat di luar drama namun memiliki peranan penting dalam sebuah drama tersebut. demikian pembahasan mengenai unsur-unsur drama, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Pengertian Dan Unsur - Unsur Drama Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar