Pengertian dan Penjelasan Siklus Air Secara Lengkap

Pengertian dan Penjelasan Siklus Air Secara Lengkap - Air adalah zat paling penting di bumi, karena semua makhluk hidup bertahan hidup dengan air. Tidak ada makhluk hidup yang bisa bertahan hidup tanpa air. Dalam setiap tubuh makhluk hidup pasti ada kandungan air. Bahkan dalam tubuh manusia, lebih dari setengah bagian dari tubuhnya terdiri dari air. Di bumi, air mencakup sekitar 70 persen dari seluruh permukaan bumi. Namun jumlah air yang bisa dimanfaatkan oleh makhluk hidup yang hidup di darat, yaitu air segar hanya mencakup 1 persen dari keseluruhan air di bumi karena sisanya adalah air asin dan air yang tersimpan di bawah tanah atau sebagai es.

Dengan banyaknyak jumlah air di permukaan bumi, manusia tetap saja memiliki masalah dengan pasokan air bersih yang dapat dikonsumsi. Telah banyak cara yang ditmpuh oleh manusia seperti menggali sumur, mengambil air tanah, menyimpan air hujan, dan menggunakan desalinasi untuk mendapatkan air minum dari laut. Masalah kurangnya air mengakibatkan dampat besar pada dinamika ekosistem. Tidak hanya manusia, hewan, tanaman dan jamur tergantung pada ketersediaan air segar yang ada di permukaan bumi.  Air memiliki siklus yang memungkinkan air untuk dapat memenuhi kebutuhan akan air ke semua makhluk hidup di bumi. Karena siklus air memiliki pengeruh besar terhadap perubahan iklim. Siklus air juga yang mengangkut mineral di seluruh dunia. Selain itu, siklus air ikut membentuk kembali fitur geologi bumi melalui proses erosi dan sedimentasi. Lalu apa itu siklus air dan bagaimana prosesnya? Siklus air adalah proses sirkulasi air yang terus berputar dan tak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali lagi ke atmosfer dengan proses kondensasi, prespitasi, evaporasi, dan transpirasi. Pada prosesnya, siklus air dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu siklus pendek, sedang dan panjang. Berikut penjelasan proses siklus air.

Macam-Macam Tahapan Proses Siklus Air
  • Proses Siklus Air Pendek
Proses siklus air pendek terjadi secara sederhana tanpa adanya prose yang panjang. Air laut yang jumlahnya mencapai 70 persen dari luas permukaan mengalami pengauapan sehingga menjadi gas karena terkena panas matahari. Selanjutnya, air yang menjadi uap tersebut terkondensasi dan terjadi pembentukan awan. Tahap selanjutnya, awan yang telah terkumpul dalam jumlah yang banyak ini akan turun menjadi hujan dan sampai pada permukaan bumi.
  • Proses Siklus Air Sedang
Sedikit lebih kompleks dari siklus pendek, pada siklus sedang air laut yang mengalami penguapan sehingga menjadi uap gara-gara panas dari energi matahari. Selanjutnya uap tersebut terbentuk menjadi awan yang menumpuk pada ketinggian tertentu hingga jumlahnya semakin menumpuk dan semakin banyak. Kemudian awan tersebut biasanya terbawa angin menuju ke daratan.
Di atas daratan awan-awan tersebut mengalami kondensasi sehingga menjadi hujan yang turun ke daratan. Kemudian hujan tersebut  mengisi sungai-sungai dan bergerak menuju lautan ke tempat awal air tersebut sebelum mengalami penguapan.
  • Proses Siklus Air Panjang
Siklus air panjang adalah proses yang paling panjang yang dalam prosesnya dapat memenuhi kebutuhan akan air untuk semua makhluk hidup di bumi. Pada tahap pertama sama dengan siklus air yang lain, dimulai dari penguapan dari air laut yang berubah menjadi gas karena terpapar panas cahaya matahari. Kemudian uap air tersebut mengalami proses sublimasi sehingga uap air laut mengalami pembentukan menjadi awan yang berisi Kristal-kristas es. Kemudia awan-awan tersebut terbawa angina dan bergerak ke atas daratan pada ketinggian tertentu. Pada daerah dengan empat musim, ketika musim dingin awan-awan tersebut akan turun sebagai salju. Setelah salju turun secara terus-menerus akan menbentuk gletser. Kemudian gletser tersebut akan mencair dan membentuk aliran sungai.

Pengertian dan Penjelasan Siklus Air Secara Lengkap - Dari aliran sungai-sungai inilah makhluk hidup mendapatkan air segar untuk dikonsumsi. Berbagai makhluk hidup dapat hidup karena aliran-aliran sungai segar tersebut. Kemudian aliran sungai tersebut mengalir ke daerah yang lebih rendah sehingga sampai di laut dan kembali mengalami penguapan.

Pengertian dan Penjelasan Siklus Air Secara Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar