Pengertian Dan Contoh Ungkapan



Siapa yang pernah mengungkapkan isi  hatinya kepada seseorang? Saya yakin semua orang pasti pernah mengungkapkan isi hati kepada ornag lain. Isi hati dapat berupa sesuatu yang menyenangkan dan dapat juga berupa sesuatu yang menyedihkan. Dalam kesempatan ini saya mencoba berbagi ilmu tentang pengertian dari ungkapan serta contoh dari ungkapan. Dalam kehidpan sehari-hari kita selalu menggunakan kata ungkapan untuk menyampaikan maksud dari apa yang kita ucapkan. Sebuah ungkapan yang diberikan seseorang kepada orang lain dapat membuat orang itu merasa bahagia maupun sedih. Nah, sekarang saatnta saya akan memaparkan ilmu yang saya ketahui tentang unkapan.

Terlebih dahulu, saya akan membahas tentang pengertian ungkapan. Ungkapan adalah dua kata yang bergabung menjadi satu dan makna yang dimilikinyapun sudah menjadi satu, untuk penafsirannyapun tidak lagi dengan makna unsur yang membentuknya. Ungkapan sering disebut juga dengan idiom yang secara singkat dapat diartikan gabungan kata yang menghasilkan sebuah arti pengertian baru serta tidak lagi berkaitan dengan kata pembentuk awalnya.ungkapan sering digunakan oleh seseorang di dalam suatu keadaan tertentu untuk mengkiaskan suatu hal. Ungkapan itu tidak harus dua kata bisa saja gabungan dari tiga kata atau lebih. Ungkapan berbeda dengan majas atau pribahasa. Ungkapan biasanya dapat kita temukan pada karya satra seperti pada pantun, puisi, ungkapan ini juga dapat kita temukan pada sebuah pidato. Jika kita berbicara dengan orang tua, mereka sering memberikan kita nasihat yang berupa ungkapan-ungkapan.

Ungkapan terbentuk dari kata yang polanya sudah terbentuk, kata-kata tersebut tidak dapat diubah susunannya dan tidak dapat pula disisipi oleh kata lainnya. fungsi penggunaan ungkapan di dalam sebuah kalimat yaitu agar kalimat tersebut menjadi lebih indah dan hidup, sehingga bagi siapapun yang membacanya akan mendapat suatu nuansa yang imajinatif. Bagaimana dengan pembahasan tentang ungkapan? Apakah ilmu yang saya miliki sepaham dengan ilmu yang anda miliki? Baiklah, pembahasan tentang pengertian dari ungkapan sudah selesai, sekarang kita masuk ke pokok pembahasan yang kedua yaitu contoh dari sebuah ungkapan.

Berbicara tentang contoh ungkapan tidak akan ada habisnya, karena begitu banyak kata ungkapan yang terdapat di dalam kehidupan kita. Saya akan memberikan sebagaian contoh dari ungkapan beserta dengan penggunaannya di dalam sebuah kalimat. Berikut pembahasannya.
  • Gulung tikar yang berartikan bangkrut. Jika dibuat di dalam sebuah kalimat maka dapat berisikan “ Usaha jual beli bibit milik Pak Komang telah gulung tikar setahun yang lalu”.
  • Naik pitam yang berartikan marah. Jika dibuat di dalam sebuah kalimat yaitu “Sinta naik pitam ketika melihat pacarnya berduaan dengan sahabatnya sendiri”
  • Buah bibir yang memiliki arti topik pembicaraan. Jika di buat di dalam sebuah kalimat yaitu “Andi menjadi buah bibir tetangga, karen aia telah berhasil lulus tes CPNS”
  • Angkat tangan yang memiliki arti menyerah. Jika dibuat di dalam sebuah kalimat yaitu “saya menyerah mendidik anda, karena anda terlalu membangkang bagi saya”.
  • Banting  tulang yang memiliki arti bekerja keras. Jika dibuat di dalam sebuah kalimat yaitu “ Tomi banting tulang untuk hidup yang lebih layak”.
  • Buah tangan yang memiliki arti oleh-oleh.  Jika dibuat di dalam sebuah kalimat yaitu “ Ayah membawa buah tangan dari Jakarta untuk adik yang sedang berulang tahun”.

Ok, demikianlah pembahasan tentang ungkapan. Secara garis besar ungkapan yaitu gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan penafsirannya tidak lagi menggunakan unsur yang membentuknya. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu anda semua. Terimakasih.
Pengertian Dan Contoh Ungkapan | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar