Pengertian Dan Contoh Paragraf Sebab Akibat

Pengertian Dan Contoh Paragraf Sebab Akibat - Belajar membuat tulisan perlu mengetahui penjelasan tentang paragraf sebab akibat seperti yang akan kita bahas kali ini. Akan sangat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa Indonesia mengetahui paragraf ini. Karena paragraf ini sering sering sekali teman-teman temui di koran-koran maupun di website-website yang berisikan berita. Untuk lebih jelas mengenai paragraf sebab akibat silahkan teman-teman lihat pengertian paragraf sebab akibat dan contohnya berikut ini.
  • Sebab Akibat.
Jenis pertama dari paragraf sebab-akibat ini berisikan kalimat-kalimat yang menjadi penyebab dari masalah yang ditimbulkan yang berupa kalimat induktif atau kalimat kusus tentang sebab-sebab yang muncul dan diakhiri dengan kalimat deduktif yang berisi akibat yang ditimbulkan diakhir paragraf. Seperti yang sudah saya bilang, jenis paragraf sebab akibat telah seringkali teman-teman lihat dalam kehidupan sehari-hari sehingga penting bagi teman-teman mengetahui definisi paragraf sebab akibat agar teman-teman lebih lihai dalam membuat tulisan atau artikel. Berikut adalah contoh paragraf sebab akibat tentang  kebakaran hutan yang saat ini sedang melanda beberapa hutan di Indonesia.
Kondisi kering yang sudah terjadi selama beberapa bulan dikarenakan hujan yang tak kunjung datang dan banyaknya semak belukar di banyak hutan gambut di Indonesia. Sulitnya menemukan air untuk penyiraman titik api di dalam hutan Kalimantan dan Riau yang sangat dibutuhkan untuk pemadaman. Media dan prasarana untuk memadamkan api di dekat hutan Kalimantan jumlahnya sangat terbatas. Serta luas lahan yang terbakar terlampau luas untuk ditangani. Oleh sebab-sebab itulah kebakaran hutan di Kalimantan dan Riau masih sulit untuk dipadamkan meskipun sudah banyak usaha yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah.


  • Akibat Sebab
Pada jenis paragraf akibat-sebab, paragraf diawali dengan akibat-akibat yang ditimbulkan yang menjadi permasalahan yang dihadapi dan paragraf ditutup dengan kalimat yang merupakan sebab dari permasalahan-permasalan tersebut. Tidak jauh berbeda dengan paragraf sebelumnya, jenis paragraf ini juga seringkali kita baca di media pemberitaan hanya bentuknya saja yang berbeda. Untuk lebih jelasnya lihat contoh paragraf akibat sebab berikut ini, masih mengenai kebakaran hutan.
Kualitas udara di daerah dekat lokasi hutan yang terbakar seperti pekanbaru dan Kota Riau semakin memburuk karena diselimuti asap sisa pembakaran hutan dan lahan. Meningkatnya jumlah infeksi saluran pernafasan atas atau ispa yang mencapai 38.744 jiwa.  Penerbangan di Bandar Udara International Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru dibatalkan karena jarak pandang di landasan pacu rendah karena diselimuti asap. Serta para pemain tim sepak bola Semen Padang FC yang terpaksa berhenti bermain karena kualitas udara tidak baik untuk bermain bola karena merusak pernapasan. Semua permasalahan yang merugikan warga dan Negara tersebut adalah akibat yang muncul dari masalah kebakaran hutan yang tak kunjung dapat dipadamkan.

  • Sebab akibat 1 akibat 2
Pada jenis paragraf ini, ada dua kalimat sebagai akibat dalam satu paragraf. Dua akibat ini diikuti oleh sebab-sebabnya. 1 akibat diikuti oleh sebab lalu menimbulkan akibat lain dan beringinan diikuti oleh sebab lain sehingga ada serangkaian akibat yang diikuti sebab. Berikut adalah contoh paragraf dari akibat 1 akibat 2..
Kurangnya infrastruktur di Indonesia mengakibatkan nilai investasi yang rendah. Hal ini mengakibatkan investor kurang berminat menanamkan modalnya di Indonesia, sehingga perkembangan ekonomi dinilai lambat. Oleh karena itu pemerintah mengambil tindakan menurunkan subsidi BBM dan menggunakannya untuk pembangunan infrastruktur. Akan tetapi hal ini menuai pro dan kontra. Daya beli masyarakat menjadi berkurang karena semua harga bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga sehingga masyarakat kesulitan membeli barang-barang kebutuhan pokok

Pengertian Dan Contoh Paragraf Sebab Akibat - Paham tentang definisi paragraf sebab akibat setelah membaca pengertian dan contoh-contoh di atas. Teman-teman harus memahami secara pasti jenis paragraf ini bila teman-teman ingin menjadi penulis yang baik. Agar teman teman lebih mengerti tentang paragraf ini silahkan teman-teman cari contoh paragraf sebab akibat di pemberitaan, bisa di Koran-koran atau di website berita lalu di analisis bagian-bagiannya.


Pengertian Dan Contoh Paragraf Sebab Akibat | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar