Pengertian Dan Contoh Paragraf Prosedur Komplek



Paragraf prosedur sering kali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti prosedur membuat makanan atau prosedur merakit barang, atau langkah-langkah membuat sesuatu. Namun yang akan kita bahas kali ini bukan paragraf prosedur biasa melainkan paragraf prosedur komplek. Paragraf prosedur komplek berbeda dari paragraf prosedur biasa.
Paragraf prosedur komplek memberikan penjelasan yang jelas dan rinci dengan tujuan memudahkan pembacanya memahami step-step yang harus dilakukan dan mendapatkan hasil yang diiginkan. Bila penjelasan yang diberikan tidak rinci, ditakutkan pembaca masih menemukan kesulitan memahami isi paragraf atau menemukan ambiguitas sehingga tujuan yang diinginkan tidak tercapai.Paragraf prosedur komplek memberikan uraian yang lengkap, mulai dari tujuan yang ingin dicapai, langkah-langkah yang harus dilalui dan penjelasan setelah melalui langkah-langkahnya. Berikut contoh paragraf prosedur komplek tentang cara membuat rendang daging sapi.

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Padang
Siapa yang tidak tau masakan padang. Salah satu menu masakan yang paling digemari di Indonesia. Masakan padang sendiri yang paling digemari adalah rendang daging sapi. Menu masakan yang wajib hadir di hari-hari besar seperti hari raya  dan pesta keluarga. Bukan hanya orang padang sendiri yang menikmati masakan rendang daging sapi. Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal rendang daging dan pasti pernah mencicipinya. Dan bagi yang belom tau cara memasaknya bisa dilihat resep cara membuat masakan padang rendang daging sapi berikut ini.


Langkah pertama untuk membuat rendang tentu saja menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan..
Bahan yang pertama adalah bahan untuk membuat rendangnya.
  1. 1 batang serai yang di pipihkan
  2. 1 lembar daun kunyit
  3. 12 gelas santan kelapa
  4. 2 biji asam kandis
  5. 1 ½ kg daging sapi segar
  6. Garam secukupnya
  7. 2 lembar daun jeruk purut segar
Bahan yang harus disiapkan selanjutnya adalah bumbu tambahan. 
  1. 6 siung bawang putih
  2. 5 buah kemiri
  3. 1 ons cabe merah segar
  4. 2 cm jahe
  5. 15 buah bawang merah
  6. 3 cm laos digeprek atau dipukul hingga gepeng.
Langkah-langkah pembuatan rendang daging sapi
  • Langkah pertama adalah dengan memotong-motong daging dengan ukuran sedang, kira-kira seukuran ibu jari orang dewasa.
  • Persiapkan rebusan santan dan bumbu yang telah dihaluskan.
  • Masukan bahan-bahan rendang seperti asam kandis, daun jeruk, serai, dan kunyit ke dalam rebusan santan dan bumbu. Aduk terus rebusan santan dan bumbu hingga mengental.
  • Bila santan sudah mulai mendidih, potongan-potongan daging sapi sudah bisa dimasukan. Gunakan api sedang agar santan tidak mudah mengerak di bagian bawah panci.
Rendang daging sapi sudah siap disajikan ketika daging sudah tidak terlalu keras dan mudah dimakan. Tips tambahan mengolah rendang, jangan menggunakan api yang terlalu besar. Gunakan api secukupnya agar santan tidak mengerak di bagian bawah panci dan tidak merusak aroma rendang. Daging yang dipotong-potong sebaiknya tidak telalu besar agar mudah dimakan dan bumbu meresap sampai kebagian dalam daging. 

Dari contoh paragraf prosedur di atas kita bisa menganalisis struktur teks yang digunakan.
Yang pertama digunakan dalam paragraf prosedur komplek adalah judul. Seperti halnya jenis teks yang lain, judul adalah gambaran tentang isi teks yang dijelaskan. Struktur yang kedua adalah pendahuluan. Pada contoh paragraf di atas, pendahuluan berupa kata pengantar tentang pembuatan rendang dan mengapa penulis mengambil contoh pembuatan rendang. Pendahuluan teks prosedur berisi tentang gambaran umum yang menjelaskan isi paragraf secara general. Struktur teks yang selanjutnya adalah alat dan bahan yang dibutuhkan. Dalam teks di atas alat dan bahan yang disajikan berupa bumbu-bumbu untuk membuat rendang. Struktur yang terakhir adalah langkah-langkah pembuatan rendang. Dalam paragraf di atas dijelaskan langkah-langkah pembuatan rendang, mulai dari memotong-motong daging hingga memasukan daging ke dalam rebusan santan.

Demikian penjelasan mengenai paragraf prosedur komplek semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan teman-teman.
Pengertian Dan Contoh Paragraf Prosedur Komplek | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar