Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi


Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi - Salah satu jenis paragraf yang banyak kita temukan dalam berbagai disiplin ilmu serta bahan bacaan baik dari majalah, buku pelajaran, atau mungkin internet adalah jenis paragraf eksposisi. Selama ini kita hanya tidak tau jenis paragraf yang sering kita temui ini. Di buku biologi atau buku kedokteran misalnya, kita pasti pernah menemukan penjelasan tentang macam-macam organ tubuh dan fungsinya. Hal ini menunjukan pentingnya kita mengetahui tentang jenis paragraf ini. Paragraf eksposisi adalah jenis karangan yang membeberkan pengetahuan atau informasi. Paragraf ini berupa penjelasan tentang informasi. Bagaimana penyajiannya tergantung dari jenis paragraf eksposisi yang digunakan. Berikut adalah pengertian paragraf eksposisi, jenis-jenisnya serta contoh paragraf eksposisi.

  • Paragraf Eksposisi Definisi
Paragraf eksposisi definisi adalah penjelasan berupa pengertian tentang suatu hal beserta penjelasan yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Berikut contoh eksposisi definisi.  Hati adalah salah satu organ tubuh yang berfungsi sebagai  bagian dari sistem pencernaan yang memproses asupan makanan. Organ yang terletak pada bagian rongga perut sebelah kanan ini membantu ginjal memecah senyawa yang bersifat racun di dalam tubuh, memproduksi zat yang memecah lemak dan lipid serta mempermudah tubuh mencerna makan. Hati juga berfungsi sebagai penghasil asam amino yang berguna untuk produksi protein. Getah empedu yang diproduksi oleh organ hati berguna menyimpan zat besi, vitamin, dan bahan-bahan kimia yang mengontrol kadar lemak, glukosa, asam amino, dan detoksifikasi. Vitamin-vitamin, mineral dan gula yang disimpan di dalam hati ini berfungsi untuk memproduksi energy secara cepat ketika dibutuhkan. Hati juga dapat cepat memperbaiki diri jika mengalami kerusakan.

  • Paragraf Eksposisi Proses
Paragraf eksposisi proses adalah karangan yang menjelaskan tentang proses terjadinya suatu hal atau proses pembuatan sesuatu. Berikut contohnya.
Cairan sperma yang melesat ke dalam rahin mencari sel terlurlah yang mengakibatkan terjadinya kehamilan. Ketika sepasang manusia melakukan hubungan seksual, alat kelamin pria mengeluarkan cairan yang kaya akan sel sperma ke dalam alat kelamin wanita yang di dalamnya terdapat sel telur. Sperma yang dikeluarkan dari alat kelamin pria ini melakukan perjalanan sepanjang kurang lebih 18 cm dari leher Rahim menuju ke tuba falopi tempat sel telur berada. Setelah menemukan sel telur, sel sperma akan berusaha menembus cangkang sel agar terjadi pembuahan. Kecepatan sel sperma berengang menuju sel telur ini kira-kira 2,5 cm per 15 menit. Terkadang butuh waktu setengah hari agar sel sperma yang beru keluar dari alat kelamin pria ini menuju sel telur. Sementara yang tercepat hanya membutuhkan 45 menit untuk mencapai sel telur.

  • Paragraf Eksposisi Klasifikasi
Paragraf eksposisi klasifikasi adalah paragraf yang memberikan penjelasan suatu topic dengan cara mengelompokan atau klasifikasi.  Untuk memudahkan regulasi dalam pengambilan pajak, tata kelola lokasi industry dan tata kota, analisis dampak lingkungan, serta penyediaan infrastruktur yang mendukung industry, pemerintah membuat klasifikasi industri ke dalam industri kimia dasar, mesin dan logam dasar, aneka industri, dan industri kecil. Industry kimia adalah industry yang mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi atau setengah jadi seperti industri kertas, semen, pupuk, dan karet. Industri mesin dan logam dasar adalah industri yang mengolah bahan mentah atau bahan baku atau bahan setengah jadi, seperti industri elektronika, mesin, pesawat terbang, perkakas, dan alat berat. Aneka industri adalah industri yang memproduksi berbagai macam kebutuhan konsumen, seperti industri pangan, kimia dasar, bahan bangunan, dan tekstil. Yang terakhir, industry kecil adalah industri yang hanya memiliki modal kecil atau peralatan yang sederhana, contohya industri rumah tangga.


  • Paragraf Eksposisi Ilustrasi
Paragraf eksposisi ilustrasi adalah jenis paragraf yang menjelaskan topic dengan deskripsi berupa kemiripan dengan hal lain. contohnya Menjadi seorang penulis membutukan ketelatenan dan harus berani mencoba. Tidak mudah menjadi seorang penulis. Banyak orang yang ingin menjadi seorang penulis novel tapi hanya menjadi sebatas rencana karena terlalu lama memikirkan apa yang mau ditulis tapi tidak pernah memegang pena. Untuk bisa menjadi seorang penulis seharusnya seperti kita belajar berenang. Jika kita tidak mau terjun ke air, kita tidak akan tau bagaimana caranya mengapung di atas air. Meskipun kita harus merasakan tenggelam ketika masih belajar, tapi setidaknya kita bisa belajar dari kedalaman yang tidak akan membunuh kita ketika tenggelam. Untuk bisa memulai menulis, setidaknya kita bisa mulai dari hal yang paling ringan dari sebuah karya tulis sehingga kita tidak merasakan beban yang terlalu berat. Sambil mengoreksi kesalahan selama proses belajar, kita bisa mencoba kedalaman yang lebih dalam. Sehingga yang awalnya kita hanya seorang penulis cerpen, kita bisa naik ke level yang lebih tinggi menjadi penulis novel.

  • Paragraf Eksposisi Perbandingan
Paragraf eksposisi perbandingan adalah jenis paragraf yang menjelaskan suatu hal dengan cara membandingkannya dengan hal lain.  Permainan tradisional adalah wujud karya seni warisan leluhur yang memiliki nilai budaya yang harus dipertahankan. Selain nilai budaya yang dimiliki, peraminan tradisional juga menyehatkan. Banyak permainan tradisional yang ketika memainkannya dapat mengeluarkan keringat seperti petak umpet, gebokan batu, benteng dan masih banyak lagi. Tidak seperti permainan video game yang saat ini marak dikalangan anak-anak sekolah. Banyak anak-anak hingga remaja menghabiskan waktu berjam-jam di depan monitor computer atau smartphone. Bukan hanya menyebabkan mereka malas bergerak tapi juga mereka jadi kurang aktif dalam bersosialisasi dengan sesama manusia lain. Mereka jadi sibuk dengan diri sendiri dan gadget yang mereka mainkan.

  • Paragraf Eksposisi Laporan
Paragraf eksposisi laporan adalah karangan berupa cerita penggambaran tentang suatu hal dan kondisi yang ada disekitarnya.  Pengungsi Rohingya yang sempat diberitakan di media elektronik setengah tahun yang lalu masih menempati gudang penyimpanan yang sedang tidak dipakai oleh pemiliknya. Gudang yang digunakan ini senarnya sudah diminta untuk dikosongkan oleh pemiliknya karena akan segera digunakan kembali oleh pemiliknya. Meskipun dirasa tidak layak untuk digunakan, namun mereka tetap belum bisa meninggalkan tempat ini karena tidak ada tempat tinggal lain. Sanitasi dan fasilitas MCK yang ada di tempat ini pun membutuhkan perhatian oleh pemerintah. Mereka perlu tambahan fasilitas MCK karena fasilitas yang ada tidak mencukupi dibandingkan dengan jumlah pengungsi yang ada. Sementara warga yang tidak tertampung di gudang ini membuat tenda-tenda di luar gudang. Sama seperti kondisi gudang, fasilitas MCK dan kebersihannya pun memprihatinkan.
  • Paragraf Eksposisi Pertentangan
Paragraf eksposisi pertentangan adalah karangan yang berisi pertentangan antara dua hal.
Orang yang suka bermain sepak bola memiliki struktur tulang dan otot yang lebih kuat. Orang yang bermain bola lebih jarang terkena pennyakit rematik dan pengapuran tulang di usia tua. Sedangkan orang yang hobinya menghabiskan waktu di depan komputer akan lebih mudah terkena osteoporosis di usia tua.

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi - Demikian penjelasan lengkap tentang Paragraf eksposisi teks dan jenis-jenisnya beserta contoh-contohnya. Semoga artikel ini mudah dipahami oleh teman-teman.

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar