Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi

Pengertian Paragraf Deskripsi - Teman-teman bahasa penulis kali ini kita akan belajar tentang paragraf deskripsi. Ada yang tau apa itu paragraf deskripsi. Coba teman-teman ceritakan seperti apa bentuk rumah teman-teman. Atau teman-teman bisa ceritakan dimana teman-teman bersekolah dan ceritakan seperti apa sekolah teman-teman. Klo teman-teman bisa menceritakanny berarti teman-teman baru saja membuat paragraph deskripsi. Yak paragraph deskripsi adalah jenis paragaf yang menggambarkan objek atau benda sejelas-jelasnya kepada pembacanya. Saking jelasnya pengambarannya seolah-olah pembaca mampu merasakan atau membayangkan apa yang dibaca dari tulisan kita. 

Kira-kira apa aja ya yang digambarkan dari paragraph deksripsi? Kira-kira apa yang temen-teman ceritakan dari sekolah temen-temen? Ya pastinya apa yang bisa dilihat, dirasakan, didengar, dan dicium. Pokoknya semuanya yang bisa digambarkan oleh indera temen-temen. Paragraf deskripsi ini adalah hasil penelitian atau pengamatan temen-temen. Sehingga apa yang dituliskan di jenis artikel ini adalah objek yang nyata bukan yang bersifat abstrak. Kira-kira temen-temen paham ya pengertian paragraf deskripsi di atas.
Ciri-ciri Paragraf Deskripsi
Yang membedakan paragraf deskripsi dari paragraf yang lain adalah topik yang dijelaskan yaitu berupa objek atau benda yang digabarkan dengan sejelas-jelasnya. Selain itu juga objek yang digambarkan berdasarkan pengamatan oleh panca indera seperti penglihatan, pendengaran, penciuman dan lain-lain. yang terakhir dari ciri-ciri paragraph deskripsi adalah banyaknya kata sifat yang digunakan. Karena teks ini adalah wujud penggambaran, tentukan kita memerlukan kata sifat untuk menjelaskan wujud objek yang kita jelaskan.
Jenis-jenis Paragraf Deskripsi
Teman-teman ada tiga jenis paragraf deskripsi yang bisa kita buat. Berdasarkan cara penggambaran objeknya, paragraf deksripsi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu paragraf deskripsi spatial, paragraph deskripsi objektif, dan paragraph deskripsi subjektif. Agar lebih paham ketiga jenis paragraf tersebut liat contoh berikut.

Paragraf Deskripsi Spatial
Jenis paragraf deksripsi statial adalah paragraf yang memberikan gambaran tentang tempat atau ruang. Paragraph deskripsi jenis ini memberikan gambaran tentang suatu ruang atau tempat sejelas-jelasnya kepada pembaca. Untuk lebih jelasnya tentang paragraf deksripsi liat contohnya berikut.

Bangunan Asrama 45 yang terdiri dari dua buah bangunan ini dibangun di atas tanan seluas 30 x 40 meter. Dua buah bangunan di asrama 45 ini berbentuk memanjang atau yang sering orang bilang bedeng. Dari luar tidak akan kelihatan jelas gedungnya seperti apa karena asrama 45 tertutup pepohonan yang ditanam di dekat pagar luar sebelah selatan dekat jalan raya.  Jika dilihat dari luar tampak seperti rumah yang dihiasi taman. Di sebelah barat terlihat taman yang dihiasi beberapa pohon besar dan beberapa bunga anggrek serta bugenvill berwarna ungu. Sedangkan di bagian tenah teradap lorong yang di bagian pinggirnya dihiasi pot-pot bunga. Kedua gedung di asrama 45 di lengkapi dengan pencahayaan dengan lampu LED 5 watt di tiap-tiap teras kamarnya. Teras kamarnya pun dilengkapi dengan kursi yang terbuat dari rotan agar penghuninya bisa bersantai di teras kamar sambil berbincang dengan penghuni kos yang lain. bagian dalam kamar dilengkapi dengan fasilitas Air Conditioner dan kulkas.


Paragraf Deskripsi Objektif
Jenis paragraf deskripsi ini memberikan gambaran tentang suatu objek secara gamblang apa adanya. Sesuai dengan kenyataan, paragraph ini tidak memberikan opini pribadi penulis di dalamnya. Berikut contoh paragraf deskripsi objektif

Pantai Terbaya adalah pantai yang sudah lama dijadikan obyek wisata oleh masyarakat tanggamus. Pantai ini terletak di wilayah kota agung dan menghadap langsung ke arah Samudera Hindia. Tidak seperti pantai tropis pada umumnya, pantai Terbaya ini memiliki pasir berwarna hitam dan bebatuan di beberapa titik di dekat pantai. Selain dijadikan tempat wisata, tempat ini juga sering dijadikan tempat pemancingan oleh banyak nelayan yang tinggal disekitaran pantai. Pantai ini sering dijadikan tepat berenang oleh beberapa pengunjung. Tidak jauh dari lokasi pemandian, terdapat beberapa rumah makan yang menyajikan masakan-masakan khas Lampung yang banyak di cari oleh pengunjung. Bahkan tempat penyewaan alat renang juga terdapat di tempat ini, seperti kaca mata renang, pelampung, dan papan seluncur. Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki penginapan yang sering disewa oleh pengunjung-pengunjung yang datang dari jauh.

Paragraf Deskripsi Subjektif
Jenis paragraf deskripsi yang ini berbeda dari sebelumnya. Jika paragraf sebelumnya tidak boleh memberikan opini pribadi, justru pada paragraf ini kita perlu memberikan kesan pribadi. Apa yang kita liat dan kita rasakan kita tuangkan dengan pendapat pribadi kita. Berikut contoh paragraf deskripsi subjektif.

Pantai Sari Ringgung adalah wujud keindahan yang patut disyukuri keberadaannya di Kota Bandar Lampung. Pantai yang baru dibuka setengah tahun ini memiliki bentang pasir putih yang indah dengan ombak yang menderu menabrak karang. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia membuat pemandangannya berlibat lebih indah dibandingkan pantai-pantai lainnya. Bentangan karang dibeberapa titik dipantai ini yang berdiri tegak menahan deburan ombak yang tinggi memberi kesan yang kuat namun tetap lembut. Angin yang meniup dedaunan memberikan kesejukan. Namun tidak hanya sekedar keindahan yang diberikan oleh pantai Sari Ringgung, beberapa fasilitas seperti diving, snorkeling, speed boat, banana boat juga ditemukan di tempat ini. Dengan pengelolaannya yang profesional, pantai ini menjadi tempat yang paling direkomendasikan dari pariwisata Bandar Lampung. Untuk para pengunjung dari luar daerahpun disuguhkan dengan fasilitas penginapan dengan pemandangan langsung menghadap laut. Oleh karena itu, pantai yang baru dibuka setengah tahun ini adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Semoga penjelasan lengkap tentang paragraf deskripsi dan contohnya di atas mudah dipahami temen-temen dan dapat menambah wawasan temen-temen.
Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar