Pengertian Dan Contoh Paragraf Campuran Lengkap


Salah satu jenis paragraf yang harus teman-teman kenal adalah paragraf campuran. Pernah dengar paragraf campuran? Apa itu paragraf campuran? Mungkin teman-teman pernah mendengar tentang paragraf deduktif, paragraf induktif dan paragraf campuran. Pada artikel ini akan kita bahasa tentang paragraf campuran. Simak beberapa contoh paragraf campuran berikut ini berserta pengertiannya. 
  • Indonesia adalah negara yang sedang dalam proses perkembangan menuju kebangkitan perekonomian. Dalam beberapa tahun terakhir ini Indonesia gencar melakukan perbaikan di berbagai lini kehidupan. Kegiatan produksi di sector sandang, pangan, dan papanpun sedang gencar-gencarnya dilakukan. Gaya hidup konsumtif masyarakat juga mulai ditekan. Gaya kepemimpinan presiden baru Joko Widodo ini pun gencar melakukan penghematan anggaran dan berusaha menggunakannnya ke sektor yang paling membutuhkan. Bahkan harga bahan bakar minyak juga mulai dinaikkan demi penghematan anggaran dengan mengurangi subsidi dan mengalihkan pemakainnya ke sektor infrastruktur. Semua usaha pemerintah tersebut diharapkan mampu meningkatkan perekonomian bangsa.
  • Pemerintah dinilai lambat dalam menangani masalah kebakaran hutan. Kebakaran yang terjadi dalam dua bulan ini masih belum dapat teratasi oleh pemerintah. Padahal korban sudah mulai berjatuhan. Tercatat ratusan orang di daerah terkena asap akibat kebakaran hutan terinfeksi penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Yang lebih parahnya lagi, sudah dua orang meninggal dunia akibat ISPA yang paling akut. Korban materil akibat kebakaran hutanpun sudah mencapai ratusan milyar. Hutan yang terbakar mengakibatkan terhentiya aktifitas ekonomi masyarakat. Dari nelayan, petani, sampai anak sekolahanpun terpaksa berhenti beraktifitas karena kualitas udara di rumah yang dinilai berbahaya bagi kesehatan warga. Namun hingga kini belum ada bukti konkrit usaha pemerintah menghentikan kebakaran hutan. Pemerintah tidak berhasil menghentikan kebakaran hutan.

  • Menjadi seorang pengajar di Indonesia bukanlah pekerjaan yang memiliki gaji yang tinggi. Inilah kenyataan sebagai seorang guru di Indonesia. Untuk seorang guru yang menjadi pegawai negeri sipil, gaji serta tunjangan yang didaaptkan masih lebih rendah dibandingkan di negara-negara lain yang lebih menghargai kinerja gurunya. Di Jepang misalnya, gaji seorang guru di Jepang sepuluh kali lipat dari guru di Indonesia. Di Indonesia, pekerjaan sebagai seorang guru hanya memiliki pendapatan kelas menengah. Dibandingkan beban kerjanya, dan kurangnya infrastruktur yang menyulitkan kerja guru dalam mendidik gaji yang didapatkan sangat tidak sebanding. Belum lagi tuntutan membangun masyarakat. Karena seorang guru harus mengabdi di masyarakat, guru dituntut untuk ikut aktif terlibat di kegiatan kemasyarakatan sementara beban kerja di sekolahan sudah menguras tenaga dan pikiran. Meskipun menjadi guru melelahkan namun gajinya tidak cukup tinggi dibandingkan pengabdian yang harus guru berikan.

Coba teman-teman perhatikan! Apa ide pokok dari ketiga paragraf tersebut? Ya ide pokok dari ketiga paragraf tersebut berada pada awal dan akhir paragraf. Itulah sebabnya paragraf ini adalah paragraf campuran. Karena ide pokok berada di awal dan akhir paragraf. Berbeda dengan teman dari paragraf campuran, paragraf deduktif dan paragraf induktif yang hanya memiliki satu kalimat utama yang menjelaskan ide pokoknya dan sisanya kalimat penjelas. Jadi paragraf campuran adalah gabungan dari paragraf deduktif dan induktif.

Pola dari paragraf campuran ini adalah kalimat pertama berupa kalimat utama yang berisi ide pokok dan kalimat selanjutnya adalah kaliamat penjelas yang menjelaskan tentang ide yang diangkat sebagai topic dan pada kalimat terakhir pengulangan tentang ide pokok lagi. Jadi ide pokok paragraf berada pada kalimat awal dan kalimat terakhir.

Jadi bagaimana teman-teman tentang paragraf campuran? Sudah pahamkah pengertian tentang paragraf campuran. Yak! Setelah membaca tiga contoh paragraf campuran berserta penjelasannya di atas saya harap teman-teman sudah paham dan bisa mempraktikan sendiri membuat paragraf campuran.

Pengertian Dan Contoh Paragraf Campuran Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar