Pengertian Dan Contoh Paragraf Analogi Lengkap


Paragraph analogi sama halnya dengan membandingkan suatu hal dengan hal yang lain yang memiliki kesamaan. Kesimpulan yang diambil dalam paragraf analogi diambil dengan membandingkan masalah yang dibahas pada kalimat-kaliamat penjelas dengan suatu perumpamaan yang notabennya memiliki persamaan. Asalkan teman-teman tau caranya membandingkan dual hal yang sama ini, teman-teman pasti bisa membuatnya. Untuk lebih mengenal paragraph analogi dan lebih paham, lihat contoh-contoh paragraph analogi berikut.
Contoh Paragraf Analogi
  • Memajukan sebuah Negara memerlukan kerja sama yang solid di antara semua element masyarakat. Setiap kementrian yang memegang peranannya masing-masing di setiap lini kehidupan harus bekerja sama dengan kementrian yang lain di bawah instruksi presiden. Mereka saling berkerja sama untuk membangun tujuan global yang sama yaitu membangun perekonomian. Karena meskipun mereka memiliki tugasnya masing-masing tapi perekonomian suatu Negara adalah masalah yang multidimensional. Tidak ada satupun aspek kehidupan yang boleh di abaikan oleh Negara apabila Negara tersebut ingin perekonomiannya maju. Tidak hanya itu saja, presiden dan para mentrinya juga masih harus berkerja sama sebagai badan eksekutif yang berkerja di bawah instruksi presiden dengan Dewan Perwakilan Rakyat yang berkerja sebagai badan Legislatif. Apabila DPR tidak menyetujui program yang presiden instruksikan, mereka tidak juga tidak bisa melaksanakannya. Selain itu, badan kehakiman sebagai badan Yudikatif, yaitu badan yang mengawasi pelaksanaan hokum di Indonesia juga harus berkerja secara kompeten, jujur dan dapat dipercaya. Oleh karena itu, memimpin suatu Negara seperti bermain bola. Apabila antar pemain, pemain dengan pelatih, pelatih dan pemain dengan staff kesehatan tidak mampu berkerja sama dengan solid tidak akan terlaksana kesuksesan suatu tim.

  • Bermain bola bukan hanya sekedar hobi atau bakat. Di dalamnya terdapat banyak sekali aspek-aspek olah raga yang harus dipikirkan hingga sedetil mungkin. Apabila orang-orang berfikir sepak bola hanya sekerdar permainan fisik, orang itu salah besar dan pasti tidak tau apa-apa soal sepak bola. Kemampuan indicidu memang sangat penting dalam sepak bola. Namun yang tidak kalah penting adalah kerjasama tim dan strategi permainan. Andrea Pirlo, mantan pemain Juventus FC yang sudah lima kali membawa Juventus Juara Liga Itali pernah berkata dalam akun instagramnya “ Sepak bola dimainkan dengan otak, kaki hanyalah alat”. Peran seorang pelatih juga membawa peranan penting dalam kesuksesan sebuah tim. Solidnya kerjasama antar pemain di tengah lapangan diatur oleh seorang pelatih. Bukan hanya melatih fisik masing-masing pemain, seorang pelatih juga harus memikirkan tentang strategi permainan dan melatih para pemainnya agar dapat melaksanakan strategi tersebut. Seperti yang saat ini dikenal dengan possession ball, strategi menguasai bola selama mungkin ini dikenalkan oleh Pep Guardiola mantan pelatih Barcelona FC, memerlukan waktu lama untuk melatih para pemainnya agar dapat melaksanakan strategi ini. Selain dari kerjasama antar pemain dengan pelatih, peran staff kesehatan juga memegang peranan penting bagi kesuksesan tim. Kesehatan dan kebugaran para pemainnya juga menjadi perhatian sebuah tim. Di luar lapangan kesehatan para pemain tetap harus dijaga dan ditingkatkan. Oleh karena itu para dokter dan ahli kesehatan memastikan para pemain tetap menjaga kesehatan dan meningkatkan kebugaran fisiknyal. Tapi dari kesemuanya, kerjasama semua lini inilah yang terpenting. Bagaimna caranya agar semua berkerja secara total dan saling memberikan kontribusi. Oleh karena itu, memimpin sebuah tim sepakbola seperti memimpin sebuah Negara. Kesukseannya adalah permasalahan multidimensional dimana tidak satupun aspek kehidupan boleh diabaikan.
Dua contoh paragraf analogi di atas diambil dari permasalahan yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari dan pastinya kita sering mendengar dua hal di atas. Dua contoh paragraph analogi di atas dibuat secara bergantian dengan dua hal yang sama. Dengan melihat dua contoh di atas, saya yakin apabila teman-teman memahaminya dengan sungguh-sungguh pasti teman-teman bisa mempraktikannya dan membuatnya sendiri menurut wawasan yang teman-teman miliki. Seperti halnya dua contoh paragraph analogi di atas di buat berdasarkan pengetahuan saya tentang politik dan sepak bola. Lalu paragraph berikutnya saya buat secara terbalik dengan membandingkan sepak bola dengan politik. Bagaimana sudah paham teman-teman mengenai paragraph analogi? Sekarang silahkan teman-teman buat sendiri paragraph analogi teman-teman!
Pengertian Dan Contoh Paragraf Analogi Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar