Pengertian Dan Contoh Majas Personifikasi



Pengertian Dan Contoh Majas Personifikasi - Seperti yang kita ketahui, majas memiliki berbagai jenisnya sehingga kita sering mengalami kesulitan untuk memahami pengertian tentang majas. Dari skian banyak jenis tersebut, salah satu majas yang sering kita jumpai yaitu majas  personifikasi. . Majas personifiaksi sering digunakan dalam berbagai jenis karya satra seperti cerpen, puisi, lagu,da sebaginya. Di saat kita sedang duduk di bangku sekolah, saya yakin bahwa kita semua pernah membahas tentang materi majas, tapi tidak menutup kemungkinan untuk sebagian orang belum mengerti betul mengenai majas, terutama majas personifiaksi. Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis majas yang terdapat di dalam jenis-jenis majas, namun untuk pembahasan kita kali ini saya akan membahas mengenai majas personifikasi. Dalam pembahasan kali ini terdapat dua sub pembahasan yaitu pengertian tentang majas personifikasi dan contoh dari majas personifikasi.

Nah, untuk anda semua yang sedang mencari pembahasan mengenai majas personifikasi, di sinilah tempatnya karena pada pembahasan ini saya akan memberikan pembahasan yang lengkap mengenai majas personifikasi. Lalu, apasih yang dimaksud dengan majas personifikasi ini? Majas personifiaksi yaitu majas yang memberikan sifat-sifat pada benda mati dengan seolah-seolah hidup dengan kata lain majas personifikasi ini memiliki sifat-sifat manusia pada benda mati artinya benda mati apapun akan di anggap hidup seperti manusia karena memiliki sifat-sifat mahluk hidup.

Majas personifikasi memiliki ciri-ciri terdapat kata yang yang mengenakan kata sifat manusia pada benda mati tersebut. majas personifikasi ini merupakan majas turunan dari majas perbandingnan karena majas personifikasi ini membandingkan benda mati atau benda yang tidak bergerak sehingga sepertinya tampak bernyawa dan dapat berperilaku seperti manusia. Majas personifiaksi sama dengan majas-majas lainnya yang memiliki fungsi, adapun fungsi dari majas personifiaksi yaitu untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai situasi yang dilukiskan dan memberikan bayangan angan (citraan) yang konkret.

Majas personifikasi sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. jika kita sudah mengerti mengenai makna dari majas personifiaksi maka tidak sulit untuk kita membuat kalimat yang mengandung majas personifikasi ini. Jika, anda masih mengalami kesulitan untuk membuat dan menegrti mengenai majas personifiaksi, saya akan memberi contoh dari majas personifikasi. Berikut beberapa contoh dari majas personifikasi,

  • Burung bernyanyi menyambut pagi yang indah.
Kalimat di atas merupakan kalimat yang bermajas personifikasi, karena terdapat kata burung bernyani, bernyanyi adalah suatu sifat yang bisa dilakukan oleh manusia bukan burung. Arti dari kalimat di atas yaitu burung berkicau.
  • Pena Ani sedang berfikir untuk mengerjakan tugas Ani.
Kalaimat di atas termasuk dalam kalimat yang memilki majas personifikasi karena  di dalam kalimat tersebut terdapat kata sedang berfikir. Kata sedang berfikur merupan sesuatu yang hanya bisa di lakukan oleh mahlum hidup bukan benda mati. Kalimat di astas memiliki arti bahwa pena Ani sedang di gunakan untuk menulis.
  • Cinta kita sudah mulai bergejolak terombang ambing badai.
Kalaimat di atas termasuk dalam kalimat yang memilki majas personifikasi karena  di dalam kalimat tersebut terdapat kata bergejolak. Sedangkan kata bergejolak merupakan kata yang bisa dilakukan oleh mahluk hidup. Kalimat di atas memiliki arti bahwa cinta mereka sedang dalam suatu masalah.
  • Lautan sedang mengamuk.
Kalaimat di atas termasuk dalam kalimat yang memilki majas personifikasi karena  di dalam kalimat tersebut terdapat kata mmengamuk. Kata mengamuk hanya bisa dilakukan oleh mahluk hidup bukan benda mati seperti lautan. Jadi, kalimat di atas memiki arti bahwa sedang terjadi badai di lautan.
  • Mobil ambulans meraung-meraung mengantarkan jenazah korban kebakaran
Kalimat ini termasuk majas personifikasi, ditandai dengan pilihan kata meraung-raung yang sering dilakukan oleh manusia. Kalimat di atas memiliki arti bahwa mobil ambulan dengan menghidupkan sirine untuk menandakan bahwa sedang membawa jenzah.

Pengertian Dan Contoh Majas Personifikasi - Demikian pembahasan dari majas personifikasi beserta dengan contohnya. Apakah dari anda semua masih ada yang belum memahami tulisan ini? Baiklah saya akan mengulas kembali. Majas personifiaksi yaitu Majas yang melukiskan suatu benda dengan memberi sifat-sifat manusia kepada benda-benda mati sehingga seolah-olah mempunyai sifat seperti manusia atau benda hidup. Demikian tulisan ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terimaksih..
Pengertian Dan Contoh Majas Personifikasi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar