Pengertian Dan Contoh Majas Sindiran

Pengertian Dan Contoh Majas Sindiran - Majas sering disebut dengan kata kiasan, dalam ilmu pendidikan bahasa Indonesia sering dipergunakan baik itu secara sadar maupun tidak sadar. Majas terbagi menjadi  kelompok atau jenis , dan dari setiap jenisnya majas memilki turunannya masing-masing. Majas yaitu kata yang indah yang digunakan oleh penulis agar menghasilkan efek-efek yang indah pada pembaca atau pendengar. Secara umum majas terbagi menjadi empat bagian yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, majas sindiran dan majas penegasan. Seperti yang sudah saya sampaikan bahwa dari setiap jenis tersebut memiliki turunan masing-masing. Dalam pembahasan artikel kali ini saya akan membahas jenis majas sindirian beserta dengan turunannya. Dalam pembahassan makalah ini terbagi menjadi tiga sub bagian yaitu pengertian dari majas sindiran, jeni-jenis atau turunan dari majas sindiran dan contoh dari masing-masing turunan atau jenis-jenis majas sindiran.

Baiklah, kita akan mulai masuk dalam pembahasan yang pertama yaitu mengenai pengertian dari majas sindiran. Majas sindiran yaitu suatu kalimat yang terangkai dari kata-kata kiasan yang memiki tujuan untuk menyindir suatu hal. Dengan artian majas sindiran ini mengungkapkan suatu hal dengan cara menyindir untuk meningkatkan kesan dan makna pembaca atau pendengarnya. Majas sindiran terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :
  • Majas ironi
Majas ironi yaitu majas yang  menyembunyikan fakta yang sebenarnya dan mengungkapkan kebalikan dari fakta yang sebenarnya dengan tujuan untuk menyindir. Kalo kata sederhananya sih antonimnya. Contoh dari majas ironi yaitu :
    • Ini baru siswa rajin, tidak pernah mengerjakan tugas.
Kalimat di atas termasuk dalam kalimat yang bermajaskan ironi karena dalam kalimat tersebut menyembunyikan fakta yang sebenarnya. Kalimat di atas memiliki arti bahwa anak tersebut sangat malas, semua tugas tidak pernah dikerjakan.
    • Wangi sekali tubuhmu, sudah berapa hari tidak mandi?
Kalimat di atas termasuk dalam kalimat yang bermajaskan ironi karena dalam kalimat tersebut menyembunyikan fakta yang sebenarnya. Kalimat di atas memiliki arti bahwa tubuhnya bau seperti oarng sudah berapa hari tidak mandi.


  • Majas sinesme.
Majas sinesme yaitu majas yang mengungkapkan sindiran secara langsung. Contoh dari majas sinesme yaitu :
    • Lama-lama aku gila bila selalu melihat tingkah aneh mu
Kalimat di atas memiliki arti bahwa ia tidak suka dengan tingkah laku kawannya.
    • Perkataanmu sungguh tidak pantas untuk dikatakan oleh seorang sarjana.
Kalimat di atas memiliki arti perkataan yang dikataan oleh sang sarjana sangatlah kasar atau tidak sopan.
  • Majas sarkasme.
Majas sarkasme yaitu majas yang mengungkapkan sindiran dengan cara yang kasar. Contoh majas sarkasme yaitu
    • Dasar kau buaya darat, bisanya memainkan perasaan wanita saja.
Kalimat di atas memiliki arti bahwa seorang lelaki yang suka gonta ganti pasangan hanya bisa membuat sakit hati wanita saja.
    • Dasar kerbau dungu, kerja begini saja tidak becus!
Kalimat di atas memiliki arti bahwa seseorang yang bodoh, yang tidak bisa menyelesaikan pekerjaan.
  • Majas satrie.
Majas satrie  yaitu majas yang berisi ungkapan yang menggunakan baik sarkasme, ironi, paradi, untuk mengecam atau menertawakan gagasan, kebiasaan, dan sebagainya. contoh dari majas ini yaitu :
    • Yaampun, tugas semudah ini saja kau tak bisa mengerjakannya?
Kalimat di atas memiliki arti menyindir bahwa mengerjakan tugas yang mudah saja tidak bisa apa lagi yang sulit (dengan kata lain bodoh).

  • Majas innuendo.
Majas innuendo yaitu majas yang mengecilkan kenyataan yang sebenarnya. Contoh dari majas innuendo yaitu .
    • Kau beli gelar sarjana itu di mana? Kok mudah sekali kau mendapatkannya.
Kalimat di atas merupakan kalimat yang bermajas innuendo karna arti dari kalimat tersebut merendahkan kenyataan, seolah-olah ia tidak mampu untuk menyelesaikan kuliah sarjannya dengan waktu yang cepat.

Pengertian Dan Contoh Majas Sindiran - Demikian pembahasan mengenai majas sindiran. Majas sindiran yaitu rangkaian kata yanng bertujuan untuk menyindir suatu hal. Majas sindirna terbagi menjadi beberapa jenis seperti  majas Ironi, sinisme, satrie dan innuendo. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.
Pengertian Dan Contoh Majas Sindiran | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar