Pengertian Dan Contoh Majas simile


Pengertian Dan Contoh Majas simile - Bagi anda yang  sering mengikuti pelajaran bahasa indonesia pasti pernah mendengar kata majas atau bahkan pernah memperlajari majas. Mungkin ada  sebagian di antara kita yang belum memahami betul mengenai majas. Kadang kita tidak tahu yang kita ucapkan atau tuliskan merupakan bentuk majas hal ini dikarena kita belum mengetahui apa itu majas. Majas adalah sekumpulan bahasa yang memiliki khiasan dalam gaya bahasa dalam bentuk lisan maupun tulisan yang di pakai dalam karya atau karangan untuk mewakili pikiran  maupun perasaan si penulis. Apalagi majas memiliki banyak jenisnya, dan dari jenis majas itu memiliki turunan lagi. Sehingga kita perlu memiliki wawasan yang tinggi mengenai majas dan ciri-ciri majas tersebut. salah satu jenis majas yaitu majas simile

 Majas simile ini merupakan turunan dari majas perbandingan. Apa sih yang di maksud dengan majas perbandingan itu? Majas perbandingan yaitu majas yang  berisikan kata-kata kiasan yang berfungsi untuk kesan yang berpengaruh kepada pendengar ataupun pembacanya. Majas perbandingan ini sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari. majas perbandingan ini memiliki beberapa turunan salah satunya yaitu majas simile. Lalu apa yang dimaksud dengan majas simile? Baiklah, langsung saja kita masuk ke dalam pokok pembahasan kita kali ini yaitu majas simile.

Majas simile atau ibarat merupakan salah satu majas dalam bahasa Indonesia. Kata simile berasal dari bahasa latin yang memiliki arti” seperti”, dalam bahasa melayu simile lebih dikenali sebagai “perempumaan” yang artinya membandingan dua hal yang tidak sama. Majas simile yaitu majas pembanding yang membanding suatu kata yang secara hakiki berbeda tapi di anggap mengandung segi yang serupa. Keserupaan di sini di nyatakan secara eksplisit, secara eksplisit maksudnya yang secara jelas menunjukan antara kedua h yang diangap serupa. Hal ini dilakukan dengan menggunakan kata “ seperti, bagai, bak, laksana, dan sebagainya”. majas simile juga dapat mengunakan bisa saja dengan kata penghubung contohnya  bagaikan, seperti, layaknya, dan masih banyak lainnya.  majas simile ini termauk dalam turunan majas perbandingan karena majas simile memiliki sifat yang membandingkan.

Dalam pembuatan majas simile sangatlah mudah, dalam kehidupan kita sehari-hari pun sering kita ucapkan atau tuliskan, baik itu tanpa kita sadari dan sadari. Baiklah agar anda lebih paham mengenai  majas simile ini saya akan memberikan contoh. Berikut contoh untuk majas simile.
  1. Persahabatan kami layaknya surat da prangko yang tidak dapat dipisahkan
  2. Lelaki itu seperti buaya darat
  3. Rambutmu seperti mayang terurai.
  4. Wajahnya seperti rembulan yang bersinar di malam hari.
  5. Kau laksana bulan yang menerangi kegelapan.
  6. Kata-katanya pedas bagaikan cabai rawit
  7. Hubungan kami layaknya rantai yang tak terputuskan.
  8. Andi memiliki tubuh seperti tiang yang menjulang tinggi
  9. Watak tomi seperti batu yang sulit untuk dilunakkan
  10. Wajahmu bak rembulan di malam hari
Pengertian Dan Contoh Majas simile - Bagaimana dengan pemaparan di atas, apakah anda semua sudah memahi mengenai majas simile ini? Semoga saja anda semua menjawab “iya”. Baiklah Seperti yang sudah saya paparkan bahwa majas simile yaitu salah satu majas turunan dari maajs perbandingan. Majas ini menjadi turuann dari majas perbandingan dikarenakan majas simile memiliki sifat sebagai pembanding.  Jadi, dapatdi tarik kesimpulan bahwa majas simile yaitu majas yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda, tetapi dianggap mengandng segi yang serupa. Demikian tulisan ini semoga bermanfaat untk semua yang sedang membutuhkan artikel ini terutama mengenai majas simile. Terimakasih.

Pengertian Dan Contoh Majas simile | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar