Pengertian Dan Contoh Majas Metonimia



Pengertian Dan Contoh Majas Metonimia - Majas atau kiasan adalah bahasa indah yang dipergunakan untuk meningkatkan kesan dengan jalan memperkenalkan serta memperbandingkan suatu benda dengan benda lain atau hal lain yang lebih umum. majas dipergunakan dalam berbagai jenis karya sastra seperti puisi. Majas terdiri dari empat jenis yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, majas pertautan, dan majas perulangan. Dari setiap jenis majas tersebut memiliki turunan masing-masing. Salah satu turunannya yaitu majas metonimia yang merupakan turunan dari majas pertautan. Untuk anda yang sedang mencari pembahasan mengenai majas metonimia di sinilah tempatnya. Silahkan dibaca artikel saya ini semoga bisa bermanfaat.

Sangat penting untuk kita ketahui bahwa metonimia adalah nama dari salah satu jenis majas yang sering kita jumpai dalam pelajaran bahasa indonesia. Majas ini di gunakan dalam karya sastra sebagai pelengkap karya sastra tersebut. kata metonimia di ambil dari kata Yunani yaitu “meto” yang artinya “menunjukan perubahan” dan “anoma” yang berarti “nama”. jadi dapat dikatakan bahwa metonimia yaitu suatu gaya bahasa yang menggunakan suatu kata untuk menyatakan sutau hal. Sebagai majas, metonimia adalah majas yang menggunakan merek dagang atau nama barang untuk melukiskan sesuatu yang dipergunakan sehingga kata itu berasosiasi dengan benda keseluruhan. Ada juga yang memiliki pendapat bahwa majas metonimia yaitu gaya bahasa yang menggunakan ciri khas, atribut maupun merk untuk menggambarkan suatu obyek. Misalnya untuk menyebutkan motor, cukup disebutkan merknya saja, maka orang sudah mengetahui dan paham akan maksud dari ucapan atau tulisan kita.

Bagaimana dengan pengertian majas metonimia yang di paparkan di atas? Apakah sudah cukup membuat anda semua paham dan mengerti? Baiklah, agar lebih paham akan saya paparkan contoh dari majas metonimia. Berikut contoh majas metonimia,
  • Ayah membeli sebatang Djarum Coklat
Kata Djarum Coklat pada kalimat di atas bukanlah merupakan benda aslinya (sebuah jarum berwarna coklat), melainkan sebuah merek dari sebuah rokok/kretek.
  • Ayah dan Ibu naik Merpati ke Tanah Suci
Merpati adalah nama salah satu maskapi penerbangan. Dengan menyebut merk ini, dapat dipahami bahwa yang dimaksudkan adalah pesawat. Artinya, Ayah dan Ibu menggunakan pesawat dari merpati untuk ke tanah suci. Jadi, kalimat di atas adalah majas metonimia.
  • Budi setiap malam menggunakan pepsodent
Pepsodent adalah salah satu nama dari pasta gigi, dengan menyebut merk ini dapat di pahami bahwa budi setiap hari menggunakan pasta gigi yang bermerekan pepsodent untuk sikat gigi di saat pagi dan malam hari.

  • Linda tergesa-gsa menuju pertamina.
Pertamina di sini memiliki arti pom bensin, dengan menyebut merk ini semua orang bisa memahami bahwa linda tergesa-gesa menuju pom bensin untuk mengisi bahan bakar kendaraannya.
  • Ina meminta aqua kepada ibunya karena haus.
Aqu di sini diartikan sebai sebuah merk dari air minum. Dengan menyebut merk aqua semua orang sudah tau bahwa pembicara atau penulis sedang menyebutkan air minum. Dengan kata lain ina meminta air minum yang memiliki merk aqua kepada ibunya karena ia kehausan.
  • Ani sedang membuatkan ibunya kapal api
Kapal api di sini merupakan merk sebuah kopi, dengan demikian jika kita menyebutkan kapal api maka semua orang mengerti bahwa yang kita maksud adalah kopi. Dalam kalimat di atas memiliki arti bahwa ani sedang membuatkan secangkir kopi untuk ibunya.

Pengertian Dan Contoh Majas Metonimia - Demikian pembahasan mengenai majas metonimia, agar lebih paham dan tidak lupa saya akan memberi penjelasan ulang mengenai pengertian majas metonimia. Majas metonimia yaitu majas yang menggunakan ciri khas, atribut maupun merk untuk menggambarkan sautu obyek. Demikianlah penjelasan mengenai metonimia semoga bermanfaat untuk anda semua terutama yang sedang mencari pembahasan tentang majas khususnya maja metonimia. Sekian dan Terimaksih.
Pengertian Dan Contoh Majas Metonimia | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar