Pengertian Dan Contoh Majas Litotes


Pengertian Dan Contoh Majas Litotes - Majas merupakan gaya bahasa dalam penulisan suatau satra. Majas dapat di gunakan dalam bentuk tulisan maupun lisan. Begitu banyak jenis dari majas ini, sehingga terkadang membuat kita rincuh dan bingung untuk memahami majas. Majas yaitu gaya bahasa yanng di susun dengan indah yang berfungsi untuk mengahasilkan suatu efek yang dapat di rasakan oleh pendengar atau pembacanya. Secara umum majas memiliki empat golongan yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, majas pertautan dan majas perulangan. Dari setiap golongan dalam majas memiliki turunanya masing-masing seprti pada pokok pembahasan kita kali ini yaitu mengenai majas litotes. Sebelum Majas litotes yaitu majas yang berasal dari turunan majas pertentangan.

Jika ada di antara anda semua yang sedang mencari pembahsan mengenai majas litotes, di sinilah tempatnya karena setelah saya menyelesaikan pembahasan mengenai majas metafora minggu lalu, sekarang saatnya saya kan membahas megenai majas litotes. Pembasahan yang bisa anda simak adalah mulai dari pengertian hingga contoh majas litotes. Apasih yang dimaksud dengan majas litotes itu? Baiklah langsung saja pada pokok pembahasan kita, majas litotes yaitu salah satu majas yang terdapat dalam pelajaran bahasa Indonesia, majas litotes ini merupakan turunan dari majas pertentangan. Majas litotes memiliki pengertian yaitu majas yang menggambarkan suatu keadaan dengan kata-kata yang berlawanan artinya dengan keadaan yang sebenarnya yang berguna untuk merendahkan diri, padahal maksudnya adalah tinggi.

Dalam pengertian lain majas litotes yaitu majas yang memisalkan sesuatu yang baik menjadi tidak baik, dengan tujuannya untuk merendahkan diri. Ada juga yang memilliki pendapat bahwa majas litotes yaitu majas yang mengecilkan suatu hal yang positif menjadi negatif atau dengan kata lainnya mengecilkan kenyataan yang sebenarnya. Tujuan dari majas litotes yaitu mempengaruhi orang lain dengan cara merendahkan diri kita. Dalam cara pengungkapannay majas litotes ini merendahkan kenyataan yang sebenarnya, hal ini berfungsi untuk menjaga kesopanan atau menghaluskan.

Penggunaan majas litotes sangatlah sering kita dengar, bahkan sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja kita sering tidak menyadari hal itu. Dalam pembuatan kalimat yang mengandung  majas litotes sangatlah mudah, berikut akan saya berikan beberapa contoh mengeni majas litotes agar anda semua bisa lebih paham mengenai majas litotes. Berikut contoh majas litotes, silahkan di baca:
  • Apa kiranya bisa mampir di gubukku?
Gubuk merupakan kata litotes, gubuk adalah kata merendah yang berartikan rumah atau tempat tinggal.
  • Kami hanya memiliki teh dingin dan makanan kampung saja.
Kalimat di atas juga merupakan majas litotes. Tentunya, sudah luar biasa ketika dapat disuguhi teh dan makanan. Kesan merendahnya (litotes) muncul saat menggunakan kata "hanya"

  • aku hanyalah seorang jongos di salah satu pabrik yang ada di Jakarta.
Kalimat di atas merupakan kalimat yang bermajaskan litotes karena memiliki kata  “hanya seorang jongos” yang merupakan kata merendah yang artinya adalah seorang karyawa di salah satu perusahaan swasta.
  • Gaji saya sebagai karyawan di salah satu perusahaan milik pemerintah hanya cukup untuk makan saja.
Kaliat di atas merupakan kalimat yang mengandung majas litotes karena terdapat kata “hanya cukup untuk makan saja”. Kata-kata di atas merupakan kata merendah yang artinya gaji yang didapat hanya cukup untuk makan saja, padahal faktanya kerja di salah satu perusahaan milik pemerintah gaji yang didapat terhitung besar dan semua kebutuhan terpenuhi. Jadi kalimat di atas termasuk kalimat litotes karena bersifat hanya mengecilkan saja atau merendah.

Pengertian Dan Contoh Majas Litotes - Berdasarkan paparan di atas, apakah anda semua sudah dapat memahi mengenai majas,  terutama majas litotes?, baiklah akan saya ulas kembali secara garis besarnya. Majas litotes yaitu majas yang sifatnya merendah dan memisalkan sesuatu yang baik menjai tidak baik. Semoga tulisan ini dapat membantu anda semua yang sedang mengalami kesusahan untuk mencari pembahasan tentang majas litotes. Demikian tulisan ini dan terimakasih.
Pengertian Dan Contoh Majas Litotes | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar