Pengertian Dan Contoh Majas Hiperbola


Majas hiperbola merupakan salah satu majas yang terpopuler di telinga saya. Ya, majas hiperbola merupakan salah satu jenis majas. Majas terdapat dalam mata pelajaran bahasa Indonesia yang sering kita sebut dengan kata kiasan. Pembahasan majas hiperbola sering kita temukan dalam pelajaran Bahasa Indonesia hampir  disemua tingkatan, baik itu SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi. Majas hiperbola sering kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari baik berupa tulisan maupun secara lisan. Majas hiperbola sering digunakanan dalam ceramah, pidato, nasehat, ungkapan kagum, syair, dan sering juga dalam percakapan sehari-hari. Sebelum masuk dalam pokok pembahasan tentang majas hiperbola, terlebih dahulu saya akan memaparkan pengertian majas.

Majas yaitu pemakain bahasa yang indah guna menghasilkan sebuah efek tertentu, majas dapat digunakan dalam bentuk tulisan dan lisan. Majas memiliki beberapa jenis dan dari beberapa jenis tersebut masih memiliki turunan lagi. Salah satunya yang akan kita bahas saat ini yaitu majas hiperbola. Majas hiperbola yaitu majas yang mengandung pernyataan yang berlebihan sehingga kenyatan tersebut menjadi tidak masuk akal. Dengan demikian akan memberikan kesan pada fakta yang sedang diutarakan lebih mendalam dan mendapat perhatian dari lawan bicara.


Majas hiperbola merupakan turunan dari majas pertentangan, karena pada majas hiperbola menggunkan kata yang memiliki makna yang berbeda dengan kata yang sesungguhnya. Sama dengan majas lain yang memiliki fungsi, adapun fungsi dari majas hiperbola yaitu untuk menguatkan atau menghebatkan kesan makna kata yang sesungguhnya.. Majas hiperbola tidak hanya terdapat dalam karya sastra, melainkan tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakannya. Bisa saja, pesan yang awalnya ingin disampiakan biasa-biasa saja, namun menjadi lebih wah ketika kalimatnya dibentuk sedemikian rupa dengan majas hiperbola. Untuk mendapat kesan dramatis dari sebuah kalimat, pengarang kerap menggunakan majas hiperbola.

Jika, kita sudah memahami pengertian dari majas hiperbola maka dengan mudahnya kita bisa membuat kalimat yang berisikan majas hiperbola. Apabila anda belum memahami dan belum bisa membuat kalimat yang mengandung majas hieprbola, silahkan baca artikel saya, karena saya akan memaparkan contoh dari majas hiperbola. Berikit contoh majas hiperbola yaitu ;

  • Harga sembako mencekik leher setelah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak"
Kalimat ini adalah contoh majas hiperbola, yang ditandai dengan adanya kata yang berlebihan yaitu “mencekik leher”. Arti dari kalimat ini yaitu harga sembako yang naik (tinggi) setelah kenaikan harga bahan bakar minyak.
  • Andi berlari secepat kilat ke sekolah, karena ia sudah hampir terlambat.
Kalimat ini adalah contoh majas hiperbola, yang ditandai denga adanya kata yang berlebihan yaitu “secepat kilat”. Arti dari kalimat ini yaitu Andi berlari dengan kencang ke sekolah, karena ia hampir terlambat.
  • Telingaku pecah mendengar suara kau bernyanyi .
Kalimat ini adalah contoh majas hiperbola, yang ditandai denga adanya kata yang berlebihan yaitu “pecah”. Arti dari kalimat ini yaitu ia merasa terganggu dengan mendengar kawannya bernyanyi dengan brisik dan suara yang tak indah.
  • Kasihan anak itu meraung kesakitan karena jatuh dari motor.
Kalimat ini adalah contoh majas hiperbola, yang ditandai dengan adanya kata yang berlebihan yaitu “meraung”. Meraung di sini memiliki arti “menjerit”. Jadi kalimat ini memilki arti kasihan anak itu menjerit kesakitan karena terjatuh dari motor.
  • Lelaki tampan itu telah mencuri hati ku dengan kecerdasannya.
Kalimat ini adalah contoh majas hiperbola, yang ditandai denga adanya kata yang berlebihan yaitu “mencuri”. Mencuri di sini memiliki arti “tergoda,jatuh hati”. Jadi kalimat ini memiliki arti bahwa, lelaki tampan itu telah membuat nya jatuh hati dengan kepintarannya.

Demikianlah pembahasan mengenai majas hiperbola, agar lebih jelas saya akan mengulas kembali mengenai pengertian dari majas hiperbola. Majas hiperbola yaitu majas yang sifatnya berlebihan, artinya pengungkapan yang melebih-lebihkan kenyataan, sehingga kenyataan tersebut menjadi lebay dan tidak masuk akal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.
Pengertian Dan Contoh Majas Hiperbola | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar