Pengertian Dan Contoh Majas Asosiasi


Pengertian Dan Contoh Majas Asosiasi - Majas perbandingan yaitu majas yang berisikan kata-kata kiasan dengan menyatakan perbandingan satu sama lain untuk meningkatkan kesan dan juga pengaruhnya terhadap pendengar ataupun pembaca. Majas perbandingan memiliki beberapa jenis turunan. Salah satu dari jenis turunan majas perbandingan ini yang akan menjadi pokok pembahasan pada artikel ini. Saya yakin anda semua sudah pernah mendengar tentang majas asosiasi. Tetapi saya juga yakin ada sebagian dari anda yang belum mengerti sepenuhnya mengenai majas asosiasi ini. Ya, benar sekali untuk artikel kali ini akan membahas mengenai majas asosiasi di dalam sebuah kalimat.

Jika kita berbicara mengenai majas aosiasi berarti kita sedang membicarakan perbandingan. Pengertian dari majas asosisasi sama dengan majas perumpamaan, sehingga banyak yang menyebutkan bahwa majas asosiasi sama dengan majas perumpamaan, tak ada yang membedakannya. Jadi, majas asosiasi atau perumpamaan yaitu majas yang pada hakekatnya memiliki perbandingan terhadap dua hal yang berbeda, namun dianggap sama. Ada juga pendapat lain yang menyatakan bahwa majas asosiasi yaitu ungkapan yang membandingkan sesuatu dengan keadaan lain karena persamaan sifat. Majas asosiasi dapat digunakan dalam bentuk tulisan maupun lisan.

Saya rasa kita sering menggunakan majas asosisai ini dalam kehidupan kita sehari-hari baik itu secara sadar maupun tidak dan dalam bentuk tulisan maupun lisan. Majas aosisasi dalam sebuah kalimat sangat mudah dibentuk asalkan kita harus terlebih dahulu paham mengenai pengertian dari majas asosiasi ini. Baiklah, saya sudah member pemahasan mengenai majas aosiasi sekarang saatnya saya akan memberikan contoh kalimat yang di dalam kalimat kalimat tersebut terdapat majas asosiasi.
Berikut contoh dari majas asosiasi.


  • Semangatnya keras bagai baja.
Kalimat di atas merupakan kalimat yang berisikan majas asosiasi, karena pada kalimat tersebut membandingankan suatu dgan keadaan lainnya karena persaamaan sifat. Kata keras dan bagai baja merupakan kata yang memiliki sifat yang sama, dan dalam kalimat tersebut membandingakan dua hal yang berbeda karena persamaan sifat. Jadi kalimat di atas membandingan semangat kerja yang tinggi dan kerasa seolah-olah sama dengan kerasnya baja.
  • Ani dan tuti bagaikan pinang dibelah dua.
Kalimat di atas merupakan kalimat yang berisikan majas asosiasi, karena pada kalimat tersebut membandingankan suatu dengan keadaan lainnya karena persaamaan sifat. Kata yang merupakan pembanding yaitu bagaikan, sedangkan yang memiliki persamaan sifat di tandai dengan kata”pinang di belah dua” yang mmiliki arti hampir sama atau kembar. Jadi, kalimat di atas membandingkan Ani dengan Tuti yang bagai pinang dibelah dua artinya mereka hampir sama.
  • Wajahnya kuning bersinar bagai bulan purnama
Kalimat di atas merupakan kalimat yang berisikan majas asosiasi, karena pada kalimat tersebut membandingankan suatu dengan keadaan lainnya karena persaamaan sifat. Kata pembanding di dalam kalimat di atas di tandai dengan kata “ bagai” sedangkan kata yang memiliki sifat yang sama yaitu wajah yang berwara kuning dengan bulan purnama yang berwarna kuning. Jadi kalimat di atas bermaksud membandingakn seolah-olah wajah yang bercahaya kuning sama dengan cahaya disaat bulan purnama.

Pengertian Dan Contoh Majas Asosiasi - Demikian pembahasan mengenai majs asosiasi. Agar lebih jelas saya akan mengulangi arti dari majas aosiasi. Majas aosiasi yaitu majas yang memilliki pengerian sama dengan majas perumpamaan. Jadi, pengertian dari majas asosiasi yaitu majas yang membandingakn dua hal yang memiliki sifat yang sama. Sekian pembahasan dari majas aosiasi semoga bermanfaat Untuk semuanya teutama untuk anda yang sedang menyelesaikan tugas mengenai majas asosiasi, saya berharap setelah membaca artikel ini tugas anda bisa terselesaikan. Terimakasih.
Pengertian Dan Contoh Majas Asosiasi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar