Pengertian Dan Contoh Majas Alusio


Majas merupakan kata yang mutlak ada untuk penulisan puisi dan cerita. Hal ini berguna untuk melihat  bagus atu tidaknya tulisan yang kita buat, oleh karena itu kemampuan berbicara yang baik, mutlak  atau wajib di miliki oleh setiap orang yang ingin menggeluti dunia menulis seperti  novel, puisi atau sastra lainnya.  Majas atau yang sering disebut dengan kata kiasan adalah bahasa indah yang kita gunakan baik itu secara lisan maupu tulisan yang berguna untuk memperindah susunan kalimat agar dapat menghasilkan efek tertentu bagi para pendengar atau pembacanya. Berdasarkan golongannya majas di bagi menjadi empat golongan yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, majas pertautan dan majas perulangan atau penegasan. Pada setiap jeni-jenis majas memiliki turunannya masing-masing.seperti pada golongan atua jenis majas pertautan memiliki turunan yaitu majas sinekdode, majas metonimia, majas alusio, majas eufimisme. Pada makalah saya kali ini, saya  akan membahas mengenai salah satu turunan dari majas pertautan yaitu majas alusio.

Majas alusio merupakan salah satu majas turunan dari majas pertautan. Pengertian majas alusio yaitu majas yang menggunakan kata-kata yang berkaitan dengan peristiwa umum yang terjadi atau bisa juga di artikan penggunaaan kata umum yang bertujuan untuk menunjukan maksud. Majas alusuio serinn disebut juga dengan majas kilatan. Majas alusio sering menggunakan sampiran pantun yang isinya sudah diketahui, dan sering menggunakan pribahasa yang sudah umum.  Seorang ahli memiki pendapat bahwa majas alusio yaitu majas yang memakai ungkapan yang tidak di selesaikan, hal ini dikarenakan sudah di kenal. Terdapat definisi lain mengenai majas alusio, yang mengatakan bahwa majas alusio yaitu majas yang menggunakan kata yanng saling berkaitan satu sama lain dengan kejadian umum yang terjadi atau suatu kata yang memiliki tujuan umum di dalam menunjukan maksud tertentu.

Pendapat lain mengatakan bahwa majas Alusio adalah majas yang secara tidak langsung menunjuk kepada tokoh , tempat atau peristiwa. Apakah kalian sudah mengerti mengenai majas berdasarkan paparan di atas? Baiklah, untuk lebih jelasnya saya akan menambahkan contoh majas khususnya contoh majas alusio  seperti pokok bahasan kali ini berikut contoh majas alusio yaitu  :

  • kartini kecil itu sangat lucu.
  • Bandung dikenal sebagai Paris van java
  • Bung Karno kecil menunjukkan kebolehannya dalam lomba pidato membawakan fragmen “Di Bawah bendera Revolusi”.
  • Tak terlihat lagi batang hidungnya di kampung ini.(suda tidak ada lagi oarngnya)
  • Andi  jangan kura-kura dalam perahu (pura-pura tidak mengetahui sesuatu hal)
  • ceritakan semua hal tersebut dengan jujur.
  • Menggantang asap saja kerjamu sejak tadi. (Membual/beromong-omong).
  • Ah, kau ni memang tua-tua keladi. (Maksudnya makin tua makin menjadi).
  • Apakah pristiwa Lampung Tengah akan terulang kembali?
Baiklah, sekarang sudah cukup jelas bukan mengenai majas alusio.  Majas alusio ini merupakan turunan dari majas pertautan. Banyak sumber yang memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai pengertian dari majas alusio ini namun pada inti pembahasananya sama. saya akan mencoba memaparkan mengenai pengertian majas alusio secara umum nya. Majas alusio yaitu majas yang menunjukan tentang suatu  pristiwa atau tokoh umum yang sudah diketahui orang. Demikianlah pembahasan singkat mengenai majas alusio, semoga bermanfaat untuk kita semua terutama bagi anda yang sedang mencari bahan untuk tugas sekolah, kampus bahkan kerja. Semoga dapat membantu menyelesaikan tugas-tugas anda semua. Terimakasih.
Pengertian Dan Contoh Majas Alusio | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar