Pengertian Dan Contoh Majas Alegori

Pengertian Dan Contoh Majas Alegori - Pada tulisan sebelumnya saya pernah membahas mengenai majas dan golongan majas beserta dengan contohnya. Salah satu majas yang pernah menjadi pembahasan saya yaitu majas metafora. Majas metafora merupakan turunan dari majas perbandingan. Dimana pernah saya bahas bahwa majas itu sendiri memiliki empat golongan dan dari setiap golongannya memiliki turunan masing-masing seperti halnya metafora turunan dari majas perbandingan. Nah, untuk pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai majas yang berasal dari turunan majas perbandingan. Majas alegori masuk dalam majas perbandinga karena seseorang yang menggunakan majas alegori ini memang bertutur dengan cara atau maksud untuk membandingkan. Agar lebih jelas berikut akan saya paparkan pembahasan mengenai majas alegori, berikut pembahasannya.

Majas alegori sering kita jumpai dalam sebuah alur cerita. Lalu apasih yang di maksud dengan majas alegori ini? Baiklah, saya akan menjawab pertanyaan tersebut. majas alegori adalah majas atau kata kias atau gaya bahasa yang menerangkan sesuatu dengan membandingkan  satu dengan lainnya. Ada juga yang menyatakan bahwa majas alegori majas perbandingan yang bertautan satu dan yang lainnya dalam kesatuan yang utuh. Atau lebih sederhananya lagi maja alegori yaitu bertutur dengan cara menggambarkan sesuatu melalui karakter alam atau yang ada di dalam alam. Pada umumnya majas alegori ini merujuk pada penggunaan retorika, namun majas ini tidak harus ditunjukan melalui bahasa saja, namun dapat juga melalui lukisan atau pahatan.

Agar kita dapat lebih memahami majas alegori ini saya akan melapirkan contoh dari majas ini. Salah satu contoh majas ini yaitu :

Kehidupan manusia ibaratkan sungai yang mengalir. Sebelum air sungai mencapai muara dan bertemu di lautan  terlebih dahulu ia harus melewati dan singgah di beberapa temapat. Ia bisa melewat tebing-tebing, bahkan terkadang ia harus melewati jurang sekalipun. Air sungai tak pernah melawan arus, ia mengalir apa adanya dengan keadaan tenang, hingga pada akhirnya ia tiba pada muara dan menjadi satu di lautan yang luas.

Pada contoh majas alegori di atas, sang penulis ingin menyampaikan bahwa hidup di dunia ini memang lah tidak mudah, kita harusa melewati banyak hal baik itu yang menyenangkan ataupun tidak menyenangkan, namun kita harus seperti sungai yang tak pernah melawan arus apapun yang terjadi. Kita harus tenang dalam menghadapi segala sesuatunya baik itu hal yang menyenangkan ataupun tidak menyenangkan. Sang penulis ingin menyampaikan bahwa membiarkan nasib yang membawa kita, seperti dalam istilah yang di samapikan penulis yaitu  “ air sungai yang tak pernah melawan arus yang membawanya kemana saja, melewati tebing, jurang sekalipun”. Hidup manusia selalu ada akhirnya, dan akhir itu akan selalu indah seperti air sungai yang akhirnya akan bermuara dan menyatu di air laut.

Contoh lainnya yaitu:

Imas dan pasangannya baru saja meresmikan pernikahannya tepatnya pada tanggal 12 Desmeber 2014. Dalam suatu bahtera rumah tanggal sang suami harus mampu dan bsia menjadi nahkoda dalam kapal rumah tangganya dan istri harus bisa menjadi juru mudinya. Perjalan yang mereka lalui di tengah lautan tidak lah mudah, banyak hal dan rintangan yang akan mereka hadapi.

Dalam contoh majas legori di atas sang penulis ingin menyampaikan bahwa dalam suatu bahtera rumah tangga, sang suami harus mampu dan bisa menjadi imam yang baik, dan sang istripun harus bisa mejadi seseorang yang bijak. Karena dalam menjalani kehidupan berumah tangga banyak hal dan rintangan yanng akan mereka alami. Maka dari itu pasangan suami istri harus kompak dalam menghadapi suatu masalah agar dapat menaklukan masalah tersebut dengan tuntas.

Pengertian Dan Contoh Majas Alegori - Berdasarkan pembahsan di atas dapat disimpulkan bahwa majas alegori yaitu suatu gaya bahasa yang menjelaskan sesuatu dengan membandingkannya. Majas alegori merupakan turunan dari majas perbandingan. Di atas juga telah saya sampaikan contoh dari majas alegori, semoga bermanfaat. Terimakasih.
Pengertian Dan Contoh Majas Alegori | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar