Pengertian dan Contoh Komponen Biotik dan Abiotik


Segala sesuatu yang terdapat di sekitar kita berwujud makhluk hidup dan benda-benda tak hidup atau benda mati. Dua hal ini adalah saling memilik hubungan dan membentuk suatu interaksi yang saling melengkapi satu sama lain. Segala yang ada di sekitar kita baik itu hal-hal yang hidup maupun yang tak hidup dipengaruhi oleh energi dan kondisi yang mengelilingi lingkungan sekitarnya. Sinar matahari, suhu, kelembaban adalah contoh sumber energi dan kondisi yang berupa benda tak hidup atau abiotic. Sedangkan rumput, hewan, serangga, bakteri, manusia, dan sebagainya adalah lingkungan biotik yang dapat mempengaruhi atau dipengeruhi alam sekitarnya. Apa itu biotik dan abiotik dan apa saja komponen-komponennya serta contohnya?
  • Komponen Biotik
Segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang berwud makhluk hidup atau organisme adalah komponen biotik. Terdapat jutaan jenis makhluk hidup di dunia ini. Namun semua itu di kelompokkan ke dalam tiga komponen, yaitu produsen, konsumen dan pengurai. Berdasarkan ukurannya, komponen biotik dikelompokknya menjadi mikroorganisme dan makroorganisem. Berikut penjelasan komponen-komponen biotik beserta contohnya.

    • Produsen
Komponen biotik yang disebut sebagai produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanan untuk dirinya sendiri. Tanaman hijau adalah contoh produsen yang paling banyak jumlahnya di bumi. Sebagai komponen biotik berupa produsen, tanaman hijau mampu membuat makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari.


    • Konsumen
Konsumen adalah heterotroph dalam komponen biotik, yaitu organisme yang memakan organisme lain, bisa sesame organisme konsumen ataupun produsen. Konsumen masih diklasifikasikan lagi berdasarkan jenis makanannya. Berikut penjelasan tentang jenis-jenis konsumen.
      • Konsumen primer atau disebut juga herbivora, adalah jenis hewan yang memakan langsung tanaman sebagai produsen.
      • Konsumen sekunder atau disebut juga karnivora adalah pemakan konsumen primer
      • Konsumen tersier atau konsumen tingkat tinggi adalah pemakan binatang yang memakan binatang
      • Konsumen segala atau karnivora adalah binatang yang memakan tanaman dan binatang
      • Pemakan sisa atau detrivora adalah organisme yang memakan organisme lain yang telah mati dan mengubahnya menjadi partikel-partikel organik. Contohnya semut, cacing,  rayap dan sebagainya. 
    • Pengurai
Pengurai atau yang disebut dengan dekomposer adalah organisme yang menguraikan organisme lain yang telah mati kembalimenjadi unsur atau senyawa penyusunnya. Contoh dari organisme ini adalah bakteri dan jamur. Organisme ini penting bagi keberlangsungan ekosistem karena mengembalikan unsur-unsur penyusun kembali kea lam.
  • Komponen Abiotik
Semua benda mati di permukaan bumi ini memiliki manfaat bagi makhluk hidup dan berpengaruh bagi kehidupan manusia serta semua organisme di bumi. Komponen abiotik adala penyusun ekologi yang bersifat tidak hidup atau mati. Kata abiotik berasal dari kata a yang berarti tidak dan biotik yang berarti hidup. Jadi komponen abiotik bersifat tidak hidup. Contoh karena komponen abitok adalah komponen-komponen yang berupa unsur fisik, yaitu sinar matahari, air, tanah, dan udara. Berikut penjelasan dari fungsi unsur fisik bagi kehidupan
    • Air
Begitu pentingnya air bagi kehidupan sehingga dalam tubuh makhluk hidup pun ditemukan air. Bahkan air merupakan penyusun 70 persen bagian tubuh manusia. Air berada di permukaan bumi berada tergenang di rawa-rawa, sungai, waduk, dan yang paling banyak di laut.
    • Udara
Kandungan udara yang menyelubungi bumi terdiri dari 78% gas Nitrogen, 21% gas Oksigen, 0,9% Argon, 0,03% Karbondioksida dan 0,07% adalah don krypton, neon, xenon, hydrogen, helium, dan don ozon.  Gas-gas tersebut memberi manfaat bagi kelangsungan hidup organisme-organisme di bumi. Sedangkan organ yang paling vital fungsinya bagi manusia adalah oksigen.
Sayangnya saat ini, dengan bertambahnya pencemaran udara yang di akibatkan kendaraan bermotor dan bertambahnya industry merusakan keseimbangan ekosistem di bumi. Naiknya permukaan air laut dan mencairnya sejumlah besar es di kutub adalah contoh dari dampak pencemaran udara yang diakibatkan oleh manusia. Oleh karena itu, manusia perlu menjaga kebersihan udara agar tidak mengancam kehidupan.
    • Tanah
Tanah adalah lapisan paling atas bumi yang menjadi tempat tumbuhnya tanaman. Tanah berasal dari batuan yang telah lapuk dan bercampur dengan sisa-sisa makhluk hidup, air dan udara. Sebagai media tumbuhnya tanaman, tanah menjadi tempat hidup oranisme. Selain itu, tanah juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan air. Tanah yang ditumbuhi oleh banyak tanaman di atasnya akan dapat meyimpan banyak air.
    • Sinar Matahari
Sumber energi yang terpenting bagi keseluruhan makhluk hidup di bumi adalah matahari. Tumbu-tumbuhan yang menjadi produsen dalam rantai makanan memerlukan cahaya matahari untuk mengolah makanan dalam proses fotosintesis.
Pengertian dan Contoh Komponen Biotik dan Abiotik | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar