Pengertian Dan Contoh Karangan Argumentasi


Teman-teman yang sedang mencari tahu tentang paragraf argumentasi bisa lihat beberapa contoh paragraf argumentasi berikut ini.
  • Paragraf Argumentasi Perilaku Membakar Hutan
Kasus kebakaran hutan mengakibatkan banyak kerugian bagi Negara. Meskipun Negara memberikan sanksi tegas bagi pengusaha yang membuka lahan hutan dengan membakarnya, namun setiap tahun selalu terjadi pembakaran hutan. Membakar hutan merupakan cara yang paling murah untuk membuka lahan. Dengan membakar hutan, para pengusaha perkebunan ini mampu menghemat biaya produksi mencapai 90 persen. Riset CIFOR menambahkan bahwa terjadi kenaikan harga lahan setelah pembakaran lahan hingga 3 juta. Selain dari pada itu, musim kemarau yang berkepanjangan juga menjadi penyebab mudahnya hutan terbakar. Daun-daun kering yang berserakan mudah sekali tersulut api. Bahkan gesekan antar kayu keringpun bisa menyebabkan percikan api. Penyebab yang lainnya adalah membuang puntung rokok sembarangan. Kebanyakan pemakai jalan membuang puntung rokok sembarangan ketika sedang berkendaran sambil merokok. Hal ini banyak terjadi di beberapa lokasi hutan yang berdekatan dengan jalan raya. Akibat dari faktor-faktor tersebut negara merugi hingga truliunan rupiah untuk pemadaman hutan yang terbakar.
  • Paragraf Argumentasi Akibat Seks Bebas
Perilaku menyimpang dari seks bebas dapat membawa pelakunya pada penyakit yang mematikan. Penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS, Klamidia, Sifilis dan lain-lain ditimbulkan dari perilaku ini. Korban meninggal akibat penyakit dari perilaku menyimpang inipun semakin meningkat saja tiap tahunnya. Sejak 1993 hingga November 2013 di daerah Indramayu saja terjacat sebanyak 171 orang meninggal akibat HIV/AIDS. Sedangkan penyakit lain akibat seks bebas, sifilis, seperti dilansir Departemen Kesehatan, penderita sifilis mencapai 5.000-10.000 per tahun. Peningkatan setiap tahunnya bisa mencapai 50 persen.  Peningkatan jumlah penyakit kelamin ini diakibatkan oleh meningkatnya pelaku seks bebas dikalangan remaja. Badan sensus nasional, Julianto, mengatakan 46 persen remaja berusia 15-19 tahun sudah melakukan hubungan seksual di luar nikah. Dengan meningkatnya seks bebas dikalangan remaja, penularan penyakit kelamin pun ikut meyimpang. Dengan demikian, seks bebas mengakibatkan penularan penyakit berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian.
  • Paragraf Argumentasi Membuang Sampah Sembarangan.
Perilaku membuang sampah sembarangan mengakibatkan berbagai permasalan di kota-kota besar. Akibat dari perilaku malas ini, di kota besar seperti Jakarta, setiap tahunnya mengalami banjir ketika musim penghujan. Sampah yang dihasilkan oleh warga Jakarta sendiri setiap harinya mencapai puluhan ton. Menurut Djarot, Wakil Gubernur Jakarta, sampah-sampah yang menumpuk memenuhi aliran sungai sehingga menghambat aliran sungai. Ketika musim penghujan tiba, aliran sungai menjadi terhambat dan meluap mengakibatkan banjir. Selain dari kebanjiran, puluhan ton sampah yang menupuk ini pun mengakibatkan penyebaran wabah penyakit seperti muntaber atau diare, demam berdarah, kolera, disentri,tipus dan sebagainya. Dinas dinas kebersihan dan tata kota Jakarta tidak pernah henti-hentinya menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan bahkan yang paling ekstrem pemerintah mengenakan hukuman denda bagi yang tertangkap tangan membuang sampah sembarangan. Akibat dari perbuatan membuang sampah ini, kebanjiran dan penyebaran wabah penyakit menghantui masyarakat  Jakarta.

Seperti yang teman-teman lihat, penjelasan tentang paragraf argumentasi adalah jenis paragraf yang memberikan informasi kepada pembaca dengan menyajikan data, fakta, alasan, dan contoh dengan penjelasan-penjelasannya yang kuat untuk meyakinkan.
Ciri-ciri Paragraf Argumentasi
Paragraf argumentasi memiliki karakteristik yang membedakannya dari paragraf lain. Berikut adalah ciri-ciri paragraf argumentasi
  • Seperti pargraf pada umumnya, setiap paragraf pasti memiliki satu ide pokok yang diangkat sebagai topic dan kalimat-kalimat penjelasnya. Karena tujuan dari penulisan adalah untuk menarik perhatian pembaca, topik yang diangkat haruslah berupa permasalahan yang menjadi kontroversi dalam masyarakat.
  • Selain disertai dangan data, bukti, fakta ataupun contoh, paragraf ini dijabarkan dengan pendapat penulis yang kritis atau logis.
  • Data, bukti, maupun fakta yang  disajikan berupa data asli yang berasal dari pengamatan bukan data palsu.
  • Setelah melalui data dan bukti dan penjelasan dari penulis, jenis paragraf ini haruslah memiliki kesimpulan yang diangkat sesuai dengan ide pokok di awal paragraf.
Jenis-jenis Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi dibagi menjadi dua macam yaitu paragraf argumentasi sebab akibat dan akibat sebab. Sesuai namanya, paragraf argumentasi sebab akibat memaparkan tentang sebab-sebab dari suatu permasalahan tertentu dan satu kesimpulan umum berupa akibat. Sementara paragraf akibat sebab memaparkan akibat-akibat dari suatu permasalahan dan diakhiri dengan kesimpulan berupa sebab. Seperti contoh paragraf argumentasi di atas, contoh pertama adalah paragraf argumentasi sebab akibat, sedangkan contoh kedua dan ketiga adalah paragraf argumentasi akibat sebab.

Semoga contoh karangan paragraf argumentasi dan pembahasannya dapat menambah wawasan teman-teman sekalian.
Pengertian Dan Contoh Karangan Argumentasi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar