Pengertian Dan Contoh Karangan Persuasi


Contoh karangan persuasi dan pengertiannya dapat teman-teman pahami di artikel ini. Teman-teman yang belum mengerti tentang paragraf persuasi bisa belajar dari contoh-contoh karangan persuasi berikut ini.
  • Paragraf Persuasif  Politik
Masyarakat Indonesia segera akan menghadapi Pemilihan umum. Masyarakat Indonesia yang cerdas gunakan suaranya untuk memilih. Ayo tunaikan hak dan kewajiban sebagai masyarakat Indonesia yang baik. Pemilihan daerah akan serentak dilaksanakan 9 Desember 2015. Pastikan Anda gunakan hak suara anda agar tidak digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. TPU yang disediakan ole panitia pemilihan umu, kita jadikan tempat rumah kita sejenak untuk menentukan siapa yang bakal memimpin daerah kita. Oleh karena itu, Bapak-bapak, Ibu-ibu, kakak-kakak, adik-adik, pastikan diri anda datang dan tentukan pilihan anda. Ingat, Pemilih yang bijak adalah yang tidak golput
  • Paragraf Persuasif Pendidikan
Apa yang kita dapatkan dari pendidikan? Apakah untuk menjadi astronot tidak perlu sekolah? Apakah untuk menjadi dokter tidak perlu sekolah? Apakah untuk menjadi Presiden? Banyak hal besar yang kita inginkan hanya bisa kita dapatkan dengan bersekolah. Pendidikan juga bisa mengarahkan kita ke masa depan yang lebih baik dan dengan pendidikan kita mengenal cara hidup yang lebih baik. Para orang tua dan adik-adik, marilah raih pendidikan yang lebih tinggi untuk hidup yang lebih baik. Pendidikan menunjukan jalan menggapai cita-cita. Tidak ada yang sia-sia dengan pendidikan. Oleh karena itu, gapailah pendidikan yang lebih tinggi, belajarlah lebih giat, dan bersungguh-sungguh menggapai cita-cita anda.
  • Paragraf Persuasif Advertensi
Vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Vitamin C memberikan kekebalan tubuh yang mampu menjaga kita dari datangnya penyakit. Segala macam penyakit datang karena kekebalan tubuh kita yang lemah. Ketika kekebalan tubuh kita rendah, penyakit seperti Flu, Batuk, Radang tenggorokan, Tifus, dan masih banyak lagi, dengan mudah dapat masuk ke tubuh kita. Vitamin C mudah didapatkan dari buah-buahan seperti Jeruk, mangga, Lemon, dan masih banyak lagi. Tapi teman-teman, Vitamin C yang mampu menjaga daya tahan tubuh anda ini bisa anda dapatkan dari Orange Water C 1100. Vitamin C yang anda dapatkan dari buah-buahan tidak sepenuhnya dapat anda serap karena mengalami perunuran nilai gizi selama proses pengemasan. Oleh karena itu, dapatkan Vitamin C yang menyehatkan dari Orang Water C 1100.


  • Paragraf Persuasi Propraganda
Kegiatan ronda adalah salah satu adat istiadat yang sudah dipegang teguh di masyarakat kita selama berpuluh-puluh tahun. Sudah menjadi warisan budaya dari nenek moyang kita untuk mejaga keamanan lingkungan bersama. Hal semacam ini juga sering kita sebut gotong royong, yaitu mengerjakan secara bersama-sama dan atas kesadaran masing-masing tanpa ada paksaan. Tapi apakah hal ini masih perlu kita pertahankan ketika kita harus berkerja penuh pada siang hari dan malamnya masih harus ikut ronda. Bukankah keamanan rumah masing-masing seharusnya ditanggung oleh pemilik rumah sendiri. Di daerah perkotaan, keamanan lingkungan dilakukan oleh hansip. Yaitu orang yang dibayar dan dipercaya menjaga keamanan lingkungan. Dengan adanya hansip kita tidak perlu lagi ikut berjaga di malam hari. Jadi di siang harinya, kita bisa fokus kepada kerjaan dan malam harinya bisa istirahat penuh sehingga pada keesokan harinya bisa berkerja lagi dengan kondisi badan yang fit karena tidak perlu berjaga malam. Jadi, masih perlukah melakukan ronda malam?

Dari contoh karangan persuasi di atas, teman-teman bisa lihat ternyata karangan persuasi memilik 4 jenis karangan persuasi. Lantas, apa bedanya ke-empat karangan di atas. Apakah mereka berbeda dari susunannya atau memang memiliki fungsi yang berbeda? Agar lebih paham tentang paragraf persuasi lihat pengertian paragraf persuasi dan jenis-jenisnya berikut ini.
Paragraf persuasi, sesuai namanya, merupakan ajakan atau bujukan agar pembaca mengikuti rayuan si penulis melakukan hal yang diungkapkan di dalam paragraf. Karena pendirian manusia mudah berubah-ubah, paragraf persuasi berusaha merubah pandangan si pembaca. Tujuan dari paragraf ini sendiri untuk mempengaruhi pembaca sehingga melakukan yang penulis inginkan. Sesuai dengan tujuannya, paragraf persuasi di bagi menjadi 4 macam sebagai berikut.
  • Paragraf persuasi politik, yaitu berusaha mempengaruhi pembaca agar terlibat kegiatan politik, untuk kepentingan partai atau kepentingan negara.
  • Paragraf persuasi pendidikan, yaitu berupa himbauan, anjuran atau motivasi agar pembaca aktif dalam tujuan pendidikan.
  • Paragraf persuasi Advertensi, digunakan oleh kepentingan produsen untuk memasarkan produknya. Sama halnya dengan periklanan, paragraf ini memiliki tujuan komersil.
  • Paragraf persuasi Propaganda bertujuan mempengaruhi pemikiran pembaca agar menyetujui maksud penulis.

Paragraf persuasif memiliki perbedaan disbanding jenis paragraf yang lain. Berikut adalah ciri-ciri paragraf persuasi yang membedakan dari jenis paragraf yang lain.
  • Paragraf persuasi memberikan alasan-alasan yang kuat disertai fakta agar pembaca percaya.
  • Paragraf persuasi berusaha mempengaruhi dan meyakinkan pembaca.
  • Mengunakan kata-kata ajakan, mari, ayo, sebaiknya, segeralah.
  • Karena bersifat membujuk, paragraf persuasi menghindari konflik dengan pembaca sehingga menggunakan kalimat bujukan yang halus.
Demikian penjelasan lengkap paragraf persuasi dan contoh-contohnya. Semoga artikel ini mudah dipahami dan bermanfaat bagi teman-teman.
Pengertian Dan Contoh Karangan Persuasi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar