Pengertian dan Contoh Kalimat Tanggapan

Dalam sebuah forum baik itu secara resmi maupun secara tidak resmi pasti sering menggunakan kata tanggapan. Begitu pula dalam sebuah diskusi, tanggapan sering kali kita gunakan karena tanpa ada ya sebuah tangapan maka diskus yangi tidak akan berjalan dengan lancar dan tidak adanya kesimpulan atau penyelesaian dari sebuah masalah. Tanggapan sangatlah penting untuk menyelesaikan suatu permasalahan, karena seperti yang kita ketahui bahwa negara kita Indonesia masih menjunjung tinggi tentang demokrasi. Dengan adanya sebuah tanggapan maka suatu kesepakatan akan dihasilkan dan mampu menyelesaikan suatu masalah yang sedang menjadi pokok pembahasan.

Tanggapan bisa berupa tanggapan yang setuju dan bisa juga berupa tanggapan yang menyanggah atau tidak setuju. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang kalimat tanggapan terlebih dahulu saya akan memberikan pengertian dari kalimat tanggapana ini. Pada dasaranya tanpa adanya pembahasan lebih rinci tentang suatu hal maka kita tidak akan dapat mengert serta memahaminya. Maka dari itu sebelum saya terlalu jauh memberikan sebuah pembahasan tentang kalimat tanggapan ini, terlebih dahulu saya akan memaparkan pengertian dari kalimat tanggapan ini.  Kalimat tanggapan berikan tentang suatu pendapat tentang apa yang menjadi pokok permasasalahan yang sedang di bahas, kalimat tanggapan ini bisa bebentuk postif dan bisa juga berbentuk negatif.

Pendapat atau tanggapan yaitu bisa dikatakan sebagai sebuah gagasan , ide tentang suatu hal yang menjadi pokok pembahasan. Penyampaian kalimat tanggapan ini tidaklah sembarangan melainkan terdapat aturan-aturannya. Kalimat tanggapan Sering kita temui di dalam sebuah diskusi. Mengapa kalimat tanggapan ini sering kita temui di dalam sebuah diskusi? Jawabannya cukup simpel yaitu karena diskusi merupakan sebuah wadah untuk saling bertukar pikiran satu sama lainnya secara teratur dan terarah, biasanya diskusi bisa dilakukan di dalam sebuah kelompok kecil ataupun kelompok besar. Hal yang harus kita selalu ingat bahwa, apabila  di dalam sebuah diskusi kita akan mengajukan pendapat maka jangan lupa di sertai dengan argumentasi kita.

Disaat kita menyampaikan tanggapan yang  sifatnya menolak maka kita harus memperhatika beberapa langkah-lanagkah untuk penyampaiannya agar pendapat yang kita sampaikan dapat diterima oleh khalayak ramai karena pendapat yang kita sampaikan memiliki alasan yang logis.  Adapaun langkah-langkah yang harus diperhatikan yaitu :


  • Kita harus memiliki pemikiran yang kritis dan logis.
  • Kita harus mampu menjauhkan emosi dan harus bisa menilai secara objektif.
  • Kita juga dapat memilih fakta yang sesuai dengan tujuan yang sedang menjadi pokok pembahasan agar kita dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang sulit untuk di sanggah.
Seperti yang sudah saya sampaikan tadi bahwa untuk mengemukakan sebuah tanggapan harus sesaui dengan tata cara yang berlaku. Adapun beberapa cara untuk menyampaikan suatu tanggapan yaitu :
  • Tanggapan yang disampaikan harus sesuai dengan topik pembahasan kita.
  • Suatu tanggapan yang kita sampaikan harus mampu membuat orang lain lebih memahami tentang permasalahan yang sedang menjadi pokok pembahasan kita.
  • Tanggapan yang kita sampaikan adalah benar-benar pedapat kita dan tidak boleh mengulang pendapat orang lain yang telah di sampaikan terlebih dahulu.
  • Penyapaian pendapat harus menggunakan kalimat yang benar dan tidak rancu.
  • Untuk penyampaian suatu pendapat harus dengan sikap yang sopan dan terbuka.
  • Saat kita sedang menyampaikan suatu pendapat maka boleh ditambahkan dengan gerak, mimik muka,  nada suara sebagai pendukung tanggaapan kita.
  • Saat penyampaian tanggapan tidak setuju maka hal yang harus kita hindari yaitu emosi dan prasangka yang negatif.
  • Sanggahan yang kita sampaikan harus bersifat objektif, logis serta jujur
  • Jangan lupa di saat kita menyatakan tanggapan yang tidak setuju tambahkan pula data, fakta sebagai pembanding yang berfungsi untuk meyakinkan orang lain.
  • Penolakan yang kita berikan harus diberikan secara berurutan tidak boleh acak.
  • Hal yang harus kita hindari saat kita sedang memberikan tanggapan yang tidak setuju yaitu dilarang keras untuk menjelekan pihak lain.

Ok, saya rasa sudah cukup lengkap pembahasan tentang tanggapan sekarang saatnya saya akan memberika suatu contoh tentang tanggapan baik itu tanggapan setuju ataupun tidak setuju. Berikut contohnya:
  • Tanggapan setuju.
Saya sependapat dengan anda bahwa pendidikan tinggi sangat berguna untuk kehidupan kita. Hal ini di tandai dengan seluruh perusahaan membutuhkan seseorang yang memiliki pendidikan tingga.
  • Tanggapan tidak setuju
Saya kurang sependapat dengan anda bahwa seseorang yang tidak memiliki pendidikan tinggi tidak dapat sukses, buktinya pengusaha-pengusah sukses banyak yang hanya lulusan SD, SMP saja sudah bisa memiliki harta yang berlimpah. Contohnya saja Om Bob Sadino  (Alm) yang tidak memiliki pendidikan tinggi namun memiliki harta yang berlimpah karena usaha yang ia miliki.

Demikian pembahasan tentang kalimat tanggapan, kalimat tanggapan yaitu suatu kalimat yang bisa berupa pendapat yang setuju dan tidak tentang suatu pokok permasalahan yang sedang menjadi pokok pembahasan. Semoga artikel ini dapat membantu anda semua. Terimakasih.
Pengertian dan Contoh Kalimat Tanggapan | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar