Pengertian Dan Contoh Kalimat Sinonim



Kalimat sinonim memiliki pengertian yang bertolak belakang dari kalimat antonim. Jika pada artikel sebelumnya saya pernah membahas secara lengkap tentang kalimat antonim, maka pada artikel ini saya akan membahas secara lengkap mengenai kalimat sinonim. Apakah anda semua sudah memahami dengan jelas materi tentang kalimat sinonim ini? Jika anda adalah seseorang yang akan mendalami pendidikan Bahasa Indonesia maka wajib bagi anda untuk memahami kalimat sinonim ini. Mengapa deikian? Karena kalimat sinonim ini merupaka salah satu jenis dari kalimat yang terdapat di dalam pendidikan bahawa Indonesia dan kalimat ini pun sering kita gunakan di dalam kehidupan sehari-hari, baik itu untuk mengerjakan tugas, berinteraksi bahkan dalam dunia pendidikan. Kalimat sinonim dapat dibuat dalam bentuk tulisan maupun lisan.

Jika kalimat antonim itu memiliki pengertian yang berlawanan maka kalimat sinonim ini merupakan kalimat yang katanya memiliki arti yang sama. Untuk kali ini saya akan membantu anda semua dalam memahami tentang kalimat sinonim dengan menghadirkan pembahasan yang lengkap tentang kalimat sinonim. Bukan hanya pembahasan yang lengkap yang terdapat di dalam artikel ini, melainkan akan terdapat juga contoh tentang kalimat sinonim. Saya akan memberikan contoh tentang kalimat sinonim ini dengan harapan agar anda semua bisa memahami dengan jelas materi tentang kalimat sinonim ini. Lalu apasih yang dimaksud dengan kalimat sinonim? Secara umum kata sinonim yaitu kata yang memiliki arti yang sama, jadi jika kata tersebut dibuat menjadi suatu kalimat maka dapat di tarik kesimpulan bahwa suatu kalimat yang memiliki arti yang sama dengan kalimat lainnya namun dalam bentuk kata yang berbeda.





Agar anda tidak mengalami kerancuan dan kebingungan berikut akan saya paparkan contoh dari kalimat sinonim beserta dengan pembahasannya. Sebelum menjadi kalimat sinonim saya akan memberikan contoh kata sinonim selanjutnya akan saya buat menjadi kalimat. Berikut pembahasannya:
  • Bunga dan kembang
Bunga dan kembang memiliki arti yang sama namun jenis atau bentuk katanya berbeda. Nah, jika akan dibuat menjadi kalimat sinonim yaitu :

Ani menanam berbagai jenis bunga di halaman rumahnya. Berbagai jenis kembang Ani budidayakan sendiri di rumahnya.
  • Bohong dan dusta.
Bohong dan dusta memiliki arti yang sama yaitu ketidak jujuran seseorang dengan orang lain dalam suatu hal. Nah, jika akan dibuat menjadi kalimat sinonim yaitu:

Lelaki itu selalu berbohong dengan istrinya agar ia tidak di marahi oleh istrinya.

Ibu itu sering didustai oleh sang suami dengan alasan agar sang suami tidak di marahi oleh sang istri.
  • Mati dan wafat.
Kata mati dan wafat memiliki arti yang sama yaitu telah tiada, namun baisanya penggunaan kata mati dan wafat ini berbeda jika mati biasanya identik dengan hewan sedangkan kata wafat identik dengan manuisa. berikut akan saya bahas jika kedua kalimat tersebut akan dibuat menjadi suatu kalimat sinonim:

Kucing milik Pak Umar mati tertabrak mobil di depan rumahnya.

Kakek ku wafat di medan perang saat melawan penajajah dari Negeri Belanda.
  • Jelek dan buruk.
Kata jelek dan buruk memiliki arti yang sama. Nah, jika akan dibuat menjadi kalimat sinonim yaitu :

Akibat malas belajar nilai Matematika Andi jelek.

Walapuan Andi memiliki wajah yang buruk rupa, namun Andi tetap percaya diri dalam menajalani kehidupannya.

Secara garis besar kalimat sinonim yaitu suatu kalimat yang di dalamnya terdapat kata yang memiliki arti yang sama namun berbeda bentuk. Dengan adanya pembahasan tentang kalimat sinonim ini saya berharap dapat membantu anda untuk menyelesaikan pekerjaan anda atau tugas anda. demikian pembahasan tentang kalimat sinonim ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Pengertian Dan Contoh Kalimat Sinonim | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar