Pengertian Dan Contoh Kalimat Larangan



Siapa yang pernah belajar tentang kalimat larangan? Materi tentang kalimat larangan sering kita jumpai di bangku Sekolah Dasar. Untuk anda yang ingin menjadi seorang Sarjana Muda khususnya jurusan bahasa Indonesia maka wajib bagi anda untuk memahami tentang kalimat larangan. Materi tentang kalimat larangan adalah sebuah materi dasar dari pendidikan bahasa indonesia. Saya rasa kita semua sudah pernah mendengar bahkan memahami tentang kalimat larangan, karena kalimat larangan adalah sebuah kalimat yang sering kita gunakan di dalam kehidupan kita sehari-hari. kalimat larangan dapat digunakan di dalam sebuah forum yang formal maupun non formal. jika terdapat sebagian orang yang kurang memahami tentang kalimat larangan, saya rasa itu suatu hal yang mustahil kerena kalimat larangan ini adalah sebuah kalimat yang umum bahkan sering sekali kita gunakan. Contohnya saja seorang ibu yang melarang anaknya untuk menonton Televisi.

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi ilmu dan bertukar pikiran dengan anda semua tentang kalimat larangan. Saya memiliki pemahaman yang minim tentang kalimat larangan ini, namun saya ingin membagikan tentang ilmu yang saya miliki kepada anda semua dan berharap jika anda memiliki ilmu yang lebih dari yang saya miliki silahkan bertukar pikiran dengan saya agar kita semua lebih bisa memahami secara sempurna tentang kalimat larangan ini. Jika kita hanya berbicara tentang pengertian saja, maka sangat sulit untuk kita mengerti bahkan memahami tentang topik pembicaraan kita khususnya tentang kalimat larangan. Maka dari itu sayapun akan memaparkan beberapa contoh tentang kalimat larangan yang sering kita gunakan.

Ok, sekarang kita memasuki tentang inti dari artikel ini yaitu pengertian dari kalimat larangan. Kalimat larangan adalah sebuah kalimat yang kita gunakan untuk melaranag seseorang melakukan suatu hal yang menurut kita tidak pantas. Kalimat larangan ini bisa berbentuk tulisan maupun lisan. Ciri kahas dari sebuah kalimat larangan yaitu di tandai dengan adnaya kata “jangan, tidak boleh, dilarang”. apakah sampai di sini anda sudah memahi tentang kalimat larangan? Sekarang kita masuk pada pembahasan yang kedua yaitu contoh dari kalimat larangan. Begitu banyak contoh dari kalimat larangan ini, saya yakin anda semua pasti mengetahuinya.

Baiklah langsung saja saya akan memaparkan beberapa contoh dari kalimat larangan, berikut contohnya:
  • Jangan lari-lari, nanti kamu terjatuh.

Kalimat di atas disebut dengan kalimat larangan karena ditandai dengan sebuah kata “jangan”.
  • Dilarang buang sampah di sini!

Kalimat di atas disebut dengan kalimat larangan karena terdapat sebuah kata “dilarang”.
  • Dilarang masuk, kecuali petuagas!

Kalimat di atas disebut dengan kalimat larangan karena terdapat sebuah kata “dilarang”.
  • Tidak boleh bermain di luar rumah!

Kalimat di atas disebut dengan kalimat larangan karena terdapat sebuah kata “tidak boleh”.
  • Dilarang membawa makanan saat sedang di dalam ruang perpustakaan!

Kalimat di atas disebut dengan kalimat larangan karena terdapat sebuah kata “dilarang”.
  • Jangan berbicara disaat sedang makan!

Kalimat di atas disebut dengan kalimat larangan karena terdapat sebuah kata “jangan”.
  • Tidak boleh berbicara sembarang!

Kalimat di atas disebut dengan kalimat larangan karena terdapat sebuah kata “tidak boleh”.
  • Andi, kamu tidak boleh memiliki hubungan dengan dia !

Kalimat di atas disebut dengan kalimat larangan karena terdapat sebuah kata “tidak boleh”.

Begitulah pembahasan tentang kalimat larangan. Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa kalimat larangan adalah sebuah kalimat yang di sampaikan dengan maksud untuk melarang seseorang melakukan suatu hal, kalimat larangan ditandai dengan adanya kata , “jangan, dilarang, tidak boleh”. Demikian pembahasan tentang kalimat larangan, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda semua. Terimakasih.











Pengertian Dan Contoh Kalimat Larangan | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar