Pengertian Dan Contoh Kalimat Antonim Lengkap



Kalimat merupakan gabungan dari dua kata atau lebih yang tersusun secara sistematis dan memiliki makna. Kalimat terbagi menjadi beberapa jenis, separti pada artikel-artikel sebelumnya saya pernah membahas jenis kalimat yaitu kalimat konotasi. Di dalam pendidikan bahasa Indonesia kata memiliki beberapa jenis seperti antonim, sinonim, akronim, homonim dan lain sebagainya. saya akan membahas salah satu dari kata yang terdapat di dalam bahasa Indonesia namun sudah dalam bentuk sebuah kalimat. Antonim merupakan perbedaan suku kata, nah jenis antonim ini lah yang akan menjadi pokok  pembahasan saya saat ini. Namun, bukanlah kata antonim yang akan menjadi pembahasan melainkan kalimat antonim. Jika pada artikel-artikel sebelumnya saya penah membahas beberapa jenis kalimat lainnya, sekarang sayapun masih membahaa tentang kalimat, namun kali ini saya akan membahas tentang jenis kalimat antonim.

Apasih yang dimaksud dengan kalimat antonim ini? Bagi anda yang belum memahami tentang kalimat antonim saya akan memberikan pembahasna secara lengkap tentang kalimat antonim. Sayapun akan memberikan beberap contoh dari kalimat antonim agar anda lebih bisa mengerti bahkan memahami tentang kalimat antonim ini. Seperti yang sudah saya katakan di atas  bahwa antonim merupakan sebuah kata dengan memiliki arti yang berlawanan. Seperti contohnya air dan api. Jadi, kalimat antonim yaitu sebuah kalimat yang terdapat kata yang berlawanan. Kata yang berlawanan seperti apa yang di maksud? Kata berlawanan di sini yaitu kata yang memiliki arti yang bertolak belakang.

Agar anda semua lebih gampang untuk memahami tentang kalimat antonim ini, saya akan memberikan beberapa contoh dari kalimat antonim ini. Sebenarnya membuat suatu kalimat antonim sangatlah mudah jika kita sudah menemukan lawan kata yang akan kita buat menjadi sebuah kalimat. Berikut beberapa contoh dari kalimat antonim yaitu :
  • Kurus X gemuk
Jika dibuat menjadi kalimat antonim yaitu : Andi memiliki badan yang gemuk, sedangkan Tuti memiliki badan yang kurus.
  • Panas X dingin
Jika dibuat menjadi kalimat antonim yaitu : Di dalam ruangan ini sangatlah dingin sedangkan di luar ruangan cuacanya sangatlah panas.
  • Panjang X pendek
Jika dibuat menjadi kalimat antonim yaitu : Ukuran meja milik kakak lebih panjang dan ukuran meja adik lebih pendek dari meja milik kakak.
  • Baik X jahat
Jika dibuat menjadi kalimat antonim yaitu : Andi memiliki sifat yang sangat baik. Tomy memiliki sifat yang sangat jahat.
  • Lapar X  kenyang.
Jika dibuat menjadi kalimat antonim yaitu : sebelum memakan bakso perutku terasa sangat lapar, setelah memakan bakso perutku terasa sangat kenyang.
  • Pahit X manis
Jika dibuat menjadi kalimat antonim yaitu : pahit sekali kopi buatan mu Sinta. Kopi buatan Nuri manis sekali.
  • Tinggi X rendah.
Jika dibuat menjadi kalimat antonim yaitu : Pohon kelapa milik pak Andi tinggi sekali. Pohon kelapa milik Pak Raden rendah sekali.
  • Cantik X jelek
Jika dibuat menjadi kalimat antonim yaitu : Wanita itu memiliki paras yang cantik. Wanita itu memiliki paras yang lebih jelek dari Dia.

Berdaasarkan pemaparan di atas dapat disumpulkan bahwa kalimat antonim yaitu suatu kalimat yang memiliki kata yang bertentangan satu sama lainnya. kalimat antonim sering digunakan dalam bentuk tulisan maupun lisan. Semoga dengan adanya artikel yang membahas tentang kalimat antonim ini dapat menambah wawasan anda semua mengenai kalimat khususnya kalimat antonim. Demikian pembahasan tentang kalimat antonim. Terimakasih
Pengertian Dan Contoh Kalimat Antonim Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar