Pengertian Dan Contoh Interjeksi Lengkap


Pengertian Dan Contoh Interjeksi Lengkap - Apakah masih ada yang bingung mengenai interjeksi? Dan bagaimana cara pemakaiannya? Atau ada yang memiliki tugas mengenai interjeksi? Saya rasa kita sering menggunakan interjeksi dalam kehidupan kita sehari-hari. jika kalian ingin mencari pembahasan mengenai interjeksi, di sini lah tempatnya. Karena pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai ineterjeksi secara detail. Mungin saja setalah sahabat membaca artikel ini tugas sahabat bisa di selesaikan, dan pengetahuan  sahabat mengenai interjeksi bertambah tentunya. Na, kalo begitu langsung saja kita ke pokok pembahan mengenai interjeksi.

Interjeksi atau sering di sebut dengan kata seru adalah ucapan pendek yang kita ucapkan guna untuk mengungkapkan emosi atau mengungkapkan rasa hati pembicara. Biasanya Interjeksi dipakai di awal kalimat dan biasanya pada penulisannya diikuti dengan tanda koma (,).Interjeksi umumnya berupa bentuk dasar, meskipun ada juga yang berbentuk turunan dan secara struktural interjeksi ini tidak terikat dengan unsur lainnya. Kebanyakan interjeksi di pakai dalam bentuk lisan dari pada tulisan.  Oleh karena itu interjeksi bersifat tidak formal. Jika pada tulisan yang bersifat formal maka interjeksi jarang di gunakan bahkan bisa saja tidak pernah digunakan.

Penggunaan interjeksi yaitu   
Interjeksi lebih sering digunakan dalam bentuk lisan dari pada tulisan, sangat jarang digunakan dalam hal-hal yang formal. interjeksi memiliki sifat yaitu bisa beridiri sendiri ataupun bisa masuk ke dalam kalimat lainnya. Jika interjeksi terdapat dalam suatu kalimat atau interjeksi masuk ke dalam suatu kalimat biasnaya interjeksi tidak memiliki hubungan gramatikal dengan kalimat tersebut.
Interjeksi memiliki beberapa jenis yaitu ;
  • Interjeksi kejijikan (bah, cih, cis, ih, idii)
Contoh interjeksi kejijikan :
  1. Bah, cepat kau tinggal kan aku sendirian!
  2. Cih, tidak tau diri, dasar sudah numpang gak tau terima kasih!
  3. Cis, jijik gw liat muka lo, dasar bermuak dua!
  4. Ih, kaki nya bau bnaget sih, gak pernah dibersihan kali ya!
  5. Idih, kamarnya jorok banget, banyak sampah!

  • Interjeksi kekesalan atau kekecewaan (brengsek, sialan, buset)
Contoh interjeksi kekesalan atau kekecewaan yaitu:
  1. Brengsek, disuruh bantuin malah goceh!
  2. Sialan, baru mau pergi malah di suruh ke bengkel!
  3. Buset, baju kesayangan gw di maling kawan sendiri!
  • Interjeksi kekaguman atau kepuasan (aduh, aduhai, amboi,asyaik, wah)
Contoh interjeksi kekaguman atau kepuasan yaitu
  1. Aduh, baju kebaya jahitan kamu bagus sekali!
  2. Aduhai, indahnya bulan purnama malam ini!
  3. Amboi, tiba juga kita di tempat tujuan!
  4. Asyik, nikmatnya duduk di tengah-tengah taman yang hijau dan rindang ini!
  5. Wah,  suara penyanyi itu bagus sekali!

  • Interjeksi kesukuran (syukur, alhamdulilah, untung)
Contoh interjeksi kesukuran yaitu
  1. Sukur, kamu sampai dengan selamat!
  2. Alhamdulilah, saya lulus ujian dengan nilai yang memauskan!
  3. Untung, pada saat kejadian kecelakaan saya sudah di rumah!
  •  Interjeksi harapan (insya allah, mudah-mudahn, semoga)
Contoh interjeksi harapan yaitu
  1. Insya allah, kita semua dalam lindungan-Nya!
  2. Mudah-mudahan, ayah pulang hari ini!
  3. Semoga, bulan ini panen kita lebih banyak dari sebelumnya!
  • Interjeksi keheranan (aduh, aih, ai, lo, eh,)
Contoh dari interjeksi keheranan yaitu
  1. Aduh, kok kamu bisa pacaran sama dia sih!
  2. Aih, gemuk banget kamu sekarang! subur tah?
  3. Ai, sepatunya keren abis! Mereknya apa sih?
  4. Lo, masa gak kenal lagi! Kita kan tetanggaan dulu.
  5. Eh, aku heran deh kok dia bisa dapetin cewe cantik. Pada hal dia jelek!
  • Interjeksi kekagetan (astaga, alamak,dll )
Contoh interjeksi kekagetan yaitu :
  1. Astaga, jauh amat alamat rumah ini!
  2. Alamak, dandanan cewe ini lebay sekali!
8.    Interjeksi ajakan (ayo, yuk, mari)
Contoh interjeksi ajakan yaitu
  1. Ayo, kita berangkat ke sekolah!
  2. Yuk, main ke rumah ku!
  3. Mari, di coba masakannya, jangan malu-malu!
9.    Interjeksi panggilan (hai, he, hei, dll)
Contoh interjeksi panggilan yaitu:
  1. Hai, kapan kamu datang ke rumah ku?
  2. He, siti sudah menikah ya?
  3. Hei, titip makanan ya!
10.    Interjeksi marah atau makian ( goblok, tolol, dll)
Contoh interjeksi marah yaitu;
  1. Goblok, sudah di jelaskan berkali-kali masih belum paham juga!
  2. Tolol, tehnya bukan di kasih gula tapi di kasih garam!.

Pengertian Dan Contoh Interjeksi Lengkap - Berdasarkan penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa interjeksi yaitu kata yang mengungkapkan isi hati pembicara, interjeksi ini lebih sering digunakan dalam lisan dari pada tulisan.  Demikian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semuat. Terimakasih.




Pengertian Dan Contoh Interjeksi Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar