Pengertian Dan Contoh Ekosistem Buatan Lengkap


Contoh dan Pengertian Ekosistem Buatan - Jika teman-teman pernah pergi kesawah, teman-teman akan menemukan berbagai makhluk hidup yang tinggal di sawah baik itu, hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Katak, semut, ikan, kutu sawah, padi, rumput, lumut, dan berbagai makhluk hidup tersebut hidup dalam satu tempat dan melakukan interaksi dan saling terikat satu sama lain. Tidak hanya makhluk hidupnya saja, makhluk hidup juga pasti memiliki hubungan dan interaksi serta keterkaitan dengan benda mati disekitarnya, seperti padi tidak dapat hidup tanpa air dan tanah serta cahaya matahari, katak tidak dapat hidup tanpa air, ikan memakan sisa-sisa bangkai hewan lain yang terdapat di tanah. Komponen hidup dan mati saling melakukan interaksi sehingga membentuk suatu ekosistem. Demikian contoh ekosistem buatan yang ada di sawah. Lalu apa itu ekosistem? Berikut pengertian ekosistem serta contohnya.

Bagi yang belum paham ekosistem bisa meraba-raba dari ilustrasi di atas, yaitu sistem yang mencakup hubungan atau interaksi komponen abiotik dan biotik yang di dalamnya terdapat saling keterkaitan satu sama lain. Terdapat dua jenis ekosistem dalam pengelompokannya secara garis besar, yaitu ekositem alamiah, dan ekosistem buatan. Termasuk manakah ekosistem sawah seperti pada contoh di atas?  Sesuai dengan proses asalnya, pada ekosistem sawah adalah hasil buatan manusia. Meskipun di sawah terdapat vegetasi atau hewan-hewan liar, keberadaan komponen atau unsur penyusun ekosistem sawah disediakan oleh manusia. Sehingga dapat kita simpulkan pengertian dari ekosistem buatan adalah ekosistem yang terbentuk karena adanya pengeruh perlakuan manusia dengan komponen atau unsur pensusunya disediakan oleh manusia. Karena ekosistem buatan terbentuk karena campur tangan manusia yang lebih mementingkan sisi ekonomisnya, tingkat keanekaragaman hayati pada ekosistem buatan ini lebih rendah dari ekosistem alami. Hal ini dikarenakan banyak komponen baik yang hidup maupun mati rusak dikarenakan proses pembuatan sawah tersebut yang pastinya mengorbankan unsur alamiah sawah tersebut seperti penebangan pohon, menyingkirkan rerumputan yang menjadi rumah bagi hewan hewan liar, serta pemakaian pestisida yang dapat membunuh hewan-hewan kecil. Berikut salah satu contoh dan pengertian ekosistem buatan, apalagi contoh lain ekosistem buatan yang dapat kita temukan disekitar kita.

Berikut contoh-contoh ekosistem buatan.
  • Ekosistem Perkebunan
Perkebunan kelapa sawit, kopi, lada, cengkeh dan sebagainya merupakan ekosistem buatan karena merupakan hasil budidaya manusia. Interaksi komponen abiotik dan biotik di dalamnya tergantung aktifitas manusia di dalamnya. Vegetasi serta hewan-hewan liar di dalamnya dapat berkurang atau bertambah tergantung dari penggunaan alat pembasmi hama maupun gulma yang dapat mengurangi hasil panen.
  • Ekosistem Tambak
Udang, ikan bandeng, ikan lele, cumi adalah komoditi yang tinggi dalam dunia pangan. Konsumsi serta permintaan yang tinggi terhadap komoditi tersebut membuat manusia membuat ekosistem yang berisis hewan tampak untuk dijal di pasar. 
  • Ekosistem Bendungan
Ekosistem pada bendungan bangunan yang menahan atan menimbun air untuk keperluan-keperluan seperti irigasi, rekreasi, pembangkit listrik, saranana olah raga, waduk dan sebagainya. Komponen yang terdapat pada bendungan biasanya berupa ikan, plankton, macrophyta, benthos dan sebagainya. Sedangkan komponen abiotiknya seperti air, tanah, cahaya dan sebagainya.
  • Ekosistem Pemukiman
Ekosistem pemukiman adalah ekosistem buatan yang tujuan pembangunannya adalah sebagai tempat tinggal atau hunian serta kegiatan manusia di dalamnya. Ekosistem pemukiman seperti halnya pemukiman-pemukiman di daerah perkotaan seperti yang ada di ibu kota Jakarta. Komponen ekosistem pemukimannya adalah bangunan gedung, perumahan, jaringan dan saranan transportasi, tanaman, dan binatang yang hidup disekitarnya. 

Pengertian Dan Contoh Ekosistem Buatan Lengkap - Demikian contoh dan penjelasan ekosistem buatan. Dari artikel ini kita belajar banyak tentang alam dan sekitar serta tentang pentingnya menjaga alam kita agar tidak rusak. Bahkan di dalam ekosistem buatan sekalipun kita dapat menemukan vegetasi serta hewan liar yang sebenarnya dapat memberi manfaat dan tidak bisa kita singkirkan begitu saja demi keuntungan ekonomis. Semoga artikel ini mudah dipahami dan memberi banyak wawasan bagi kita semua.
Pengertian Dan Contoh Ekosistem Buatan Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar