Pengertian Dan Contoh Dongeng Lucu



Kehidupan anak-anak sangat identik dengan sebuah dongeng, terdapat sebagian anak yang jika ingin tidur mereka harus di ceritakan sebuah dongeng terlebih dahulu baik itu oleh ibunya, kakak, pengasuh atau keluarga yang lain. Jika anak-anak sudah memiliki kebiasaan dibacakan sebuah dongeng oleh ibu, atau keluarga lainnya maka  ia tidak bisa tidur sebelum di berikan dongeng terlebih dahulu. Dongeng merupakan sebuah cerita yang diwariskan oleh nenek moyang kita yang wajib untuk kita lestarikan. Dongek merupakan sebuah  karya sastra yang dapat menghasilkan sebuah karakteristik anak sejak kecil untuk belajar berimajinasi, walaupun sebenarnya kebenaran dari sebuah dongeng itu masih dipertanyakan, karena dongeng bukan merupakan sesuatu yang mutlak telah terjadi.

Sebagian dari kita pasti sudah memahami tentang dongeng, namun mungkin ada juga yang belum terlalu memahami tentang sebuah dongeng. Dalam artikel ini saya akan memberikan pembahasan yang lengkap tentang dongeng, mulai dari pengertian, jenis-jenis dongeng dan yang terakhir yaitu contoh dari dongeng. Langsung saja masuk dalam pokok pembahasan kita yaitu pengertian dari dongeng. Dongeng yaitu sebuah cerita yang kebenarannya tidak benar-benar terjadi atau hanya khayalan semata, dongeng memiliki sifat untuk menghibur serta mengandung nilai pendidikan. Dongeng itu sendiri merupakan cerita yang diciptakan dan diceritakan secara berkala oleh orang-orang. Terdapat beberapa ahli yang memiliki persepsi mengenai pengertian dari dongeng, namun dari berbagai persepsi mereka memiliki inti yang sama. Salah seorang ahli yaitu Bascom dan Danandjaja (2007:50) mengatakan bahwa dongeng yaitu prosa rakyat yang tidak  dianggap benar-benar terjadi oleh empunya cerita dan dongeng tidak terikat oleh waktu ataupun tempat.

Dilihat dari isinya dongeng memiliki beberapa jenis, adapun jenis-jenis dongeng berdasarkan isinya terbagi menjadi lima jenis yaitu :
  • Jenis yang pertama yaitu fabel. Yang dimaksud dengan fabel yaitu sebuah karya yang berisikan tentang watak dan budi pekerti  manusia yang biasanya diperankan oleh hewan. Contoh dari jenis dongen ini yaitu “kancil mencuri mentimun dan pelanduk jenaka”
  • Jenis yang kedua yaitu legenda. Legenda merupakan sebuah dongeng yang mengisahkan tentang pristiwa yang berhubungan dengan keajaiban alam,  pada umumnya legenda ini berisikan tentang kejadian di suatu tempat. Contoh dari jenis dongeng legenda yaitu legenda tentang batu menangis.
  • Sedangkan jenis yang ketiga yaitu sage. Sage yaitu sebuah dongeng yang ke mulut berisikan tentang seatu sejarah, sage ini cara penyampaiannya biasanya dari mulut ke mulut sehingga berjalannya waktu cerita dari sage ini akan bertambah dengan sendirinya tanpa di sadari, namun penambahan cerita tersebut bersifat khayalan semata.  Contoh dari dongeng  sage yaitu tentang jaka tarub.
  • Jenis yang keempat yaitu mite. Dongeng Mite yaitu sebuah dongeng yang ceritanya berisikan tentang dewa-dewa dan mahluk yang tak nampak, dongeng mite merupakan sebuah dongeng yang membahas tentang kepercayaan animisme.  Contoh dari dongeng mite yaitu tentang nyi blorong.
  • Jenis yang terakhir yaitu jenis dongeng parabel. Parabel yaitu sebuah dongeng yang menceritakan tentang sebuah cerita yang di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan, dan mengandung hikmah yang bisa digunakan sebagai pedoman kehidupan. Contoh dari dongeng parabel yaitu cerita tentang malin kundang.

Berdasarkan materi yang telah disampaikan dapat disimpulkan bahwa dongeng  yaitu  sebuah cerita khayalan yang disampaikan  melalui mulut ke mulut dan kebenaran dari sebuah dongeng itu masih dipertanyakan. Semoga dengan adanya pembasahan tentang dongeng ini dapat membantu kita semua untuk memahami tentang dongeng. Demikian pembahasan tentang  dongeng, dan terimakasih.


Pengertian Dan Contoh Dongeng Lucu | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar