Pengertian Dan Contoh Berita Tentang HIV


Berita merupakan sebuah  informasi yang sedang terjadi baik itu di sekitran kita atau di tempat lainnya, berita dapat berbentuk tulisan maupun lisan. Biasanya berita di muat pada surat kabar, televisi atau media sosial lainnya, beita juga terkadang di sampaikan dari mulut ke mulut. Berita biasanya berisikan sesuatu yang baru terjadi dan sedang menjadi trending topik. Berita merupakan sebuah fakta yang menarik sehingga bisa di terima oleh khalayak ramai. Berita berasal dari bahasa sansekerta yaitu “VIRIT” sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan “WRITE” yang memiliki arti “terkadi atau ada”. Terdapat sebagian orang yang menyebutya “VRITA” yang berartikan “kejadian atau yang sedang terjadi”.

Dalam dunia pertelevisian berita dihasilkan oleh seorang wartawan dan berikan kepada tim redaksi untuk di jadikan sebuah berita yang terpercaya. Berita itu sendiri memiliki beberapa jenis yaitu:
  • Straight news yaitu berita yang disampaikan secara langsung dan apa adanya tanpa adanya editan.straigt news ini biasanya ditulis dalam bentuk yang singkat dan lugas.
  • Depth news berita yang dikembangkan secara mendalam mengenai hal-hal yang di bawah suatu permukaan.
  • Investigation news yaitu sebuah berita yang dijabarkan berdasarkan sebuah penelitian yang telah dilakukan dari beberapa sumber.
  • Interpretative news yaitu berita yang jabarkan dengan pendapat dari sang penulis.
  • Opinion news yaitu sebuah berita yang berisikan tentang pendapat seseorang seperti para toko, pejabat, dan lain sebagianya.

Unsur penting yang harus terdapat di dalam sebuah berita yaitu harus terdaapat 5W+1H (“what, who, when, where, why, how). Berita yang kita sajikan haruslah bersifat yang  akutual, masyarakat biasanya lebih tertarik pada kejadian yang terjadi di sekitan mereka, berita yang kita sajikan haruslah yang penting, berita yang kita sajikan harus dapat menjadi dampak yang besar, pertentangan, seks, ketegangan, kemajuan-kemajuan inovasi, segala sesuatu yang kita sampaikan mampu membuat para penikmat marah, berita juga memiliki sifat yang humor.

Dalam membuat sebuah berita terlebih dahulu kita harus mengreti serta memahami tentang masalah yang akan kita jadikan berita, jangan sampai berita yang kita buat merugikan pihak manapun. Berita memiliki berbagai jenis, pada kesempatan ini, saya akan memberikan salah satu contoh berita tentang kesehatan. Seperti yang sedang membuming saat ini yaitu tentang HIV, nah saya akan memeberikan contoh tentang berita HIV, berikut beritanya.

Seorang wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga tertular penyakit HIV dari sang suami. Ibu ini nyaris tak percaya bahwa ia mengidam penyakit HIV, padahal ia tidak pernah melakukan kegiatan yang berat-berat dan ia pun adalah seorang wanita yang menjunjung tinggi kesetiaannya kepada sang suami, namun hadiah dari kesetiaannya tersebut merupakan petaka untuknya yaitu ia tertular penyakit HIV dari sang suami.  Dengan tekad yang kuat dan rasa ingin sehat yang tinggi, ibu ini selalu aktip berjuang untuk melawan penyakitnya, hingga pada suatu hari ibu ini bertemu dengan seorang  Dokter yang memberi perhatian khusus pada HIV-AIDS dari FKUI, Prof. Samsuridjal Djauzi.

Ibu itu bernama S, ia mengaku bahwa Prof. Samsuri selalu mendukung dalam masa-masa pahit dalam hidup nya Jakarta pada Senin (30/1/2015). Prof. Samsuri menyarankan untuk mengkonsumsi obat antiretroviral untuk menekan jumlah sel HIV dalam tubuhnya. S memiliki tiga orang buah hati dan syukur alhamdulilah ketiga buah hatinya tidak ada yang terkena penyakit HIV. S selalu aktip mengikuti program pencegahan penularan HIV melalui ibu dan anak dari pemerintah. Program ini merupakan suatu langkah untuk mengurangi risiko bayi tertular HIV dari ibu sejak dalam kandungan. Mulai dari konsumsi ARV, prosedur persalinan yang sesuai, hingga pemberian ASI.  Suami S sudah meninggal, dan saat ini S sudah memiliki suami kembali yang menerima segala kekurangannya termasuk penyakit yang ia derita.

Demikianlah berita tentang HIV, semoga dengan adanya berita ini kita dapat menjaga kesehatan kita, semoga bermanfaat. Terimakasih.
Pengertian Dan Contoh Berita Tentang HIV | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar