Pengertian , Contoh Majas Pars Pro Toto Dan Majas Totem Prototo

Pengertian , Contoh Majas Pars Pro Toto Dan Majas Totem Prototo - Apakah anda sudah pernah mendengar atau mempelajari mengenai majas pars pro toto dan majas totem prototo?. Majas memiliki berbagai jenis dan turunannya. Majas sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik itu dalam bentuk tulisan maupun lisa. Majas merupakan bahasa indah yang berfungsi untuk menghasilkan efek-efek tertentu. Majas merupakan tulisan yang mewakili perasaan dari pengarang. Terdapat beberapa jenis majas dalam bahasa Indonesia, salah satu majas yang sering di pelajari yaitu majas sinekdoke. Majas sinekdoke merupakan turunan dari majas perbandingan. Secara umum majas memiliki empat golongan yaitu majas perbandingan, majas pertetangan, majas sindiran, dan majas penegasan.

Dalam artikel saya ini, akan membahas mengenai majas pars pro toto dan majas totem prototo. Majas  pars pro toto dan majas totem prototo merupakan jenis dari majas sinekdoke. Lalu, apasih yang di maksud dari majas sinekdoke ini? . baiklah saya akan menjelaskan satu persatu agar anda semua bisa memahaminya dengan mudah. Untuk anda yang sedang mencari pembahasan mengenai majas, khususnya majas pars pro toto dan majas totem prototo silahkan dibaca artikel saya, karena pokok pembahasannya yaitu mengenai majas pars pro toto dan majas totem prototo. Sebelum saya menjelaskan mengenai majas pars pro toto dan majas totem prototo terlebih dahulu saya akan memberikan pengertian mengenai majas sinekdoke.

Majas sinekdoke yaitu menyatakan bagian untuk menggantikan benda secara keseluruhan atau sebaliknya. Terdapat pengertian lain dari majas sinekdoke yaitu majas yang menggunakan kata dengan menunjukan makna yang berbeda dan di luar kata tersebut. Majas sinekdoke memiliki dua jenis yaitu majas pars pro toto dan majas totem prototo. Lalu apasih yang dimaksud dengan majas pars pro toto dan majas totem prototo. Sekarang saatnya saya akan masuk dalam pokok pembahasan kita. Majas pars pro toto yaitu majas atau gaya bahasa yang menyebutkan sebagian kecil dari sesuatu untuk menyatakan atau mewakilkan secara keseluruhan.

Sedangkan, yang dimaksud dari majas Totem Pro Parte merupakan kebalikan dari majas pars pro tato, di mana majas Totem Pro Parte yaitu menyebutkan keseluruhan untuk menyatakan sebagian. Agar anda lebih bisa mengerti dan lebih paham mengenai Majas pars pro toto dan majas totem prototo, saya akan memberikan contoh dari masing-masing jenis dari majas sinekdoke ini. Tetapi, sebenarnya dengan cukup memahami pengertian dari masing-masing majas, maka dengan mudahnya kita akan membuat contoh kalimat yang mengandung masing-masing majas. Baiklah, berikut contoh dari masing-masing majas.
  • Contoh majas Pars Pro Tato
    • Para atlit SMA memboyog piala untuk sekolahnya
Kalimat di atas merupakan kalimat berisikan majas Pars Pro Tato karena pada kalimat tersebut menyebutkan suatu hal untuk menyatakan keseluruhan. Suatu hal di dalam kalimat tersebut di tandai dengan kata “para atlit” sedangkan keseluruhan ditandai dengan “sekolah”.
    • Sebagai seorang sales barang-barang elektronik, ia memilih penjualan dengan gaya pintu ke pintu. Sulit memang tapi katanya hasilnya lebih baik.
Kalimat di atas termasuk dalam kalimat yang berisikan majas Pars Pro Tato, karena kalimat tersebut menyebutkan suatu hal untul menyatakan keseluruhan. Suatu hal di sini ditandai dengan adanya kata “pintu” yang merupakan sebagian dari rumah para pembeli.

  • Contoh majas totem pro parte antara lain sebagai berikut
    • Perempuan Korea memang cantik dan rupawan. Tak ada yang meragukan hal tersebut.
Kalimat di atas termasuk dalam kalimat yang bermajas totem pro parte, yang ditandai dengan kata “perempuan korea” menunjuk pada seluruh wanita di korea meski pada faktanya tidak semua wanita korea cantik dan rupawan tetapi kata “perempuan korea” ini menunjuk pada sebagian wanita di sana yang cantik.
    • SMA Andi memboyong piala di bidang olahraga.
Kalimat di atas termasuk dalam kalimat yang bermajas totem pro parte, yang ditandai dengan kata “memboyong” menunjukan pada seluruh pertandingan, tetapi “memboyong “ disini diartikan hanya dalam bidang olahraga saja.

Pengertian , Contoh Majas Pars Pro Toto Dan Majas Totem Prototo - Berdasarkan paparan di atas dapat disimpulkan bahw amajas sinekdok memiliki dua jenis yaitu majas Pars Pro Tato dan majas Totem Pro Parte.  Majas Pars Pro Tato Adalah majas yang menyebutkan sebagian suatu hal untuk menyatakan keseluruhan. Sedangkan majas Totem Pro Part merupakan kebalikan dari majas Pars Pro Tato yang berartikan majas yang menyebutkan keseluruhan suatu hal untuk menyatakan sebagian. Demikian artikel mengenai majas  Pars Pro Tato dan majas Totem Pro Parte, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Pengertian , Contoh Majas Pars Pro Toto Dan Majas Totem Prototo | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar