Pengertian, Contoh Biografi Dan Autobiografi Lengkap


Siapakah tokoh favorit yang menginspirasi teman-teman dalam meraih cita-cita? Apakah teman-teman benar-benar mengetahui tentang tokoh yang teman-teman idolakan ini? Pernahkan teman-teman membaca buku yang isinya menceritakan tentang kisah hidup seseorang yang seluruh isi bukunya menceritakan perjalanan hidup seseorang ini? Jika iya berarti teman-teman sudah pernah membaca biografi atau autobiografi.

Seperti buku kisah perjalanan hidup yang pernah teman-teman baca ini, Biografi atau autobiografi adalah adalah karya tulis yang berisikan tentang kisah atau perjalanan hidup seseorang. Yang membedakan keduanya adalah  orang yang menuliskannya, tujuan penulisan, serta sumber informasi yang dijadikan bahan.

Biografi adalah riwayat hidup atau kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain sedangkan autobiografi adalah riwayat hidup atau kisah hidup atau perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh orang yang disebutkan atau dikarang secara bersama-sama oleh subjek yang diceritakan didalam kisah.
Berdasarkan perbedaannya tersebut kita dapat membuat kesimpulan perbedaan dari biografi dan autobiografi.
  • Di dalam biografi, karena dituliskan oleh orang lain, biasanya  seseorang tersebut dianggap penting atau berjasa bagi orang lain. Sumber-sumber informasi yang diperoleh diambil dari studi literature, dokumen-dokumen penting yang dianggap valid, dan narasumber sebagai saksi dalam mengungkap informasi yang penting untuk dituliskan. Karena subjek yang diangkat dianggap penting, biasanya karangan jenis ini memotivasi pembaca, mengandung hikmah yang bisa dipetik, dan memiliki nilai sejarah yang bisa dijadikan suri teladan bagi pembaca.
  • Yang membedakan autobiografi atau otobiografi dari biografi adalah penulisnya. Autobiografi ditulis oleh subjek karangan atau orang yang diceritakan di dalam karangan. Biasanya berkerja sama dengan orang lain atau tim membuat riwayat hidupnya sendiri. Sebagian besar autobiografi berisi perjuangan hidupnya menuju kesuksesan. Seringkali dalam dunia politik, autobiografi digunakan sebagai alat pencitraan bagi penulisnya untuk mendapatkan simpati dari pembacanya. Informasi yang dituliskan di dalam autobiografi hanya informasi yang bersifat positif, meskipun tidak semuanya demikian.

Contoh Singkat Biografi

Biografi B.J. Habibie Mantan President Indonesia Ketiga
Bacharuddin Jusuf Habibie, anak keempat dari delapan bersaudara ini adalah Presiden Republik Indonesia ketiga menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari Jabbatannya pada 21 Mei 1998. Beliau lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936. Beliau adalah presiden dengan masa jabatan paling singkat dengan menjabat selama 1 tahun dan 5 bulan.
Baharudin Jusuf Habibie adalah anak dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Beliau dikaruniai dua putera bernama Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Isterinya bernama Hasri Ainun adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Menikah pada 12 Mei 1962.

B.J. Habibie pindah ke Bandung setelah ayahnya meninggal dan menempuh pendidikan di Bandung. Setelah lulus dari SMAK Dago, beliau melanjutkan studinya di Institut Teknolgi Bandung pada tahun 1945. Pada 1955 ia menempuh pendidikan S2 nya di RWTH Aachen, Jerman Barat, pada studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang. Beliau menerima gelar diploma ingenieur pada 1960 dan doctor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude.
Setelah menyelesaikan studi doktoralnya, beliau mentap di Hamburg, Jerman, dan berkerja di perusahaan penerbangan Messerschmitt-Bolkow-Blohm. Karena prestasinya di perushaan tersebut, beliau diminta kembali ke Indonesia oleh Presiden Suharto untuk menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi pada tahun 1987 hingga maret 1998. Setelah itu beliau diangkat sebagai wakil presiden pada 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999. Beliau diangkat sebagai ketua umum ICMI (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia), pada masa jabatannya sebagai menteri. Setelah Presiden Suharto turun dari jabatannya menjelang kerusuhan Mei yang memakan korban, B.J. Habibie menggantikan Suharto sebagai Presiden RI yang ke 3.

Selama menjabat sebagai presiden, beliau mewarisi kondisi negara yang kacau. Oleh karena itu, beliau segera membentuk kabinet untuk memperbaiki kondisi ekonomi negara yang kacau. Beliau juga mengembalikan kondisi politik yang kacau pasca masa orde baru.
Dibidang politik, beliau memberikan kebebasan kepada rakyat untuk menyalurkan aspirasinya, sehingga bermunculan partai-partai politik baru yakni sebanyak 48 partai politik. Membebaskan tahanan politik seperti Sri Bintang Pamungkas yang waktu itu dipenjarakan karena mengkritik Presiden Suharto, Muchtar Pakpahan yang dipenjarakan karena dituduh memicu kerusuhan di Medan. Memperbolehkan rakyat mendirikan partai buruh independen. Serta membuat beberapa ketetapan MPR.

Di bidang ekonomi, beliau berhasi membuat kebijakan yang berhasil meningkatkan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika sehingga nilai tukar rupiah meroket hingga Rp. 6.500 per dolar AS. Beliau membuat kebijakan agar Bank Indonesia lebih fokus mengurusi perekonomian.
Namun sayangnya beliau dianggap melakukan kesalahan dalam kepemimpinannya karena melepas Timor Timur melalui referendum. Beliau mengadakan jejak pendapat yang membebaskan Timor-Timur untuk merdeka atau tetap menjadi bagian dari Indonesia. Hal ini mengakibatkan pihak oposisi semakin genjar menjatuhkan beliau di Sidang Umum 1999 dan akhirnya beliau tidak pernah mencalonkan diri lagi setelah pertanggungjawabannya ditolak oleh MPR.

Contoh biografi tersebut hanyalah contoh singkat dari biografinya Presiden ke 3. Biografi maupun autobiografi biasanya berupa buku yang menceritakan secara penuh tentang riwayat hidup seorang tokok. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman dan dapat menambah pengetahuan teman-teman.
Pengertian, Contoh Biografi Dan Autobiografi Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar