Pengertian, Ciri-Ciri dan Klasifikasi Filum Arthropoda Lengkap

Pengertian, Ciri-Ciri dan Klasifikasi Filum Arthropoda Lengkap - Pernahkah teman-teman perhatikan bentuk luar cangkah udang yang berbentuk ruas-ruas? Udang adalah salah satu hewan yang memiliki rangka luar atau eksoskeleton dari zat kitin yang membuat tubuhnya kuat dan kaku. Tubuh udang terdiri dari tiga ruas yaitu bagian kepala, dada dan perut yang terdiri dari banyak ruas. Sesuai dengan strukturnya yang kuat dan kaku fungsi cangkangnya adalah sebagai salah satu wujud perlindungan dari ancaman luar. Bentuknya yang beruas-ruas membuat udang digolongkan ke dalam filum arthropoda. Apa itu filum arthropoda?

Pengertian arthropoda adalah kelompok hewan yang memiliki bentuk kaki dan tubuh berupa ruas-ruas cangkang. Jenis hewan ini terdapat banyak di bumi ada yang hidup di darat dan air tawar serta air laut. Ada jenis arthro poda yang hidup bebas ada pula yang hidup sebagai parasite baik pada tumbuhan maupun pada hewan. Karena jumlahnya yang begitu banyak dan bervariasi, arthropoda diklasifikasikan ke dalam beberapa macam, yaitu crustacea, myriapoda, arachnida, dan insekta. Berikut penjelasan tentang klasifikasi arthropoda dan ciri-cirinya.

Klasifikasi Filum Arthropoda dan Ciri-cirinya
  • Crustacea
Ciri-ciri yang terlihat jelas dari kelas crustacean adalah bagian kepala dan dada dari hewan ini bersatu (Sefalotorak). Sedangkan perutnya (abdomen) keras dan berlendir karena terbuat dari zat kitin. Di bagian kepalanya yang menjadi satu dengan bagian dada terdapat 5 pasang kaki yang digunakan untuk berjalan dan sepasang kaki paling depan berukuran lebih besar yang disebut keliped.

Ada dua jenis kelas crustacean, yaitu Entomostraca (microcrustacea) yang merupakan penyusun zooplankton karena dapat melayang-layang di dalam air sebagai makanan ikan. Contoh Crustacean jenis ini adalah daphnia pulex, asellus aquaticus, atau yang disebut dengan kutu air, dan cypris candida, codona suburdana yang habitatnya di air tawar, masih banyak lagi contoh dari entomostracan ini. Jenis selanjutnya adalah Malacrostraca (macrocrustacea), yang merupakan jenis hewan arthropoda pada umumnya yang hidup di air laut maupun di air tawar. Contoh hewan jenis ini adalah udang, kepiting, rajungan, udang belalang, dan karapaks. 


  • Myriaposa (Hewan Berkaki Banyak)
Ciri-ciri khusus dari jenis myriaposa adalah tubuhnya yang terdiri dari ratusan semen. Jumlah segmen atau ruas pada tubuhnya dapat mencapai 100 hingga 200 ruas. Kepala dari hewan ini adalah ruas pertamanya sedangkan ruas yang lainnya menjadi bagian tubuhnya dan terdapat sepasang atau dua pasang kaki pada setiap ruasnya. Jenis arthropoda myriaposa masih diklasifikasikan lagi ke dalam dua kelas, yaitu Chilopoda dan Diplopoda.
    • Chilopoda
Chilopoda adalah myriaposa yang memiliki bentuk tubuh yang gepeng dan memiliki kaki pada setiap ruas tubuhnya. Contoh hewan ini adalah kelabang (Scolopendra).
    • Diplopoda
Berbeda dari chilopoda, diplopoda memiliki bentuk tubuh yang bulat dengan kaki pada setiap ruasnya. Contoh hewan ini adalah luwing (spirobolus).
  • Arachnida
Arachnida memiliki struktur tubuh yang mirip dengan crustacean, yaitu bagian kepala dan dadanya menyatu. Sedangkan bentuk perutnya bulat. Bentuk kepala dari arachnida adalah bulat tanpa antenna dan memiliki mata tunggal. Yang membedakannya dari crustacean adalah tempat hidupnya di darat. Contoh dari hewan ini adalah kalajengking dan laba-laba.
  • Insecta
Insect adalah jenis arthropoda yang jumlahnya paling banyak di dunia. Bahkan pada filum animalia insecta memiliki jumlah yang paling banyak. Di bumi saja, jumlah insect mencapai lebih dari 1 juta spesies. Berikut ciri-ciri dari insect
  1. Memiliki 3 bagian tubuh utama, yaitu kepala, dada, dan perut.
  2. Kaki dan sayap dari insekta berada pada bagian dadanya
  3. Pada umumnya, insekta memiliki tiga pasang kaki
  4. Insekta memiliki 2 pasang sayap, hanya beberapa jenis insekta saja yang ditemukan tidak memiliki sayap
  5. Tipe mulut insekta berbeda fungsinya, ada yang menghisap, menusuk menghisap dan mengunyah
  6. Ukuran tubuhnya beragam, yang berukuran besar mencapai beberapa cm dan yang terkecil beberapa mm.
Pengertian, Ciri-Ciri dan Klasifikasi Filum Arthropoda Lengkap - Contoh dari hewan insekta adalah capung, belalang, lalat, kupu-kupu, nyamuk, dan masih banyak lagi jenis hewan ini karena jumlah spesiesnya saja mencapai lebih dari satu juta.

Pengertian, Ciri-Ciri dan Klasifikasi Filum Arthropoda Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar