Pengertian, ciri-ciri dan contoh paragraf deskripsi


Pada saat kita sedang mengeyam pendidikan di bangku sekolah kita sering mendengar tentang istilah paragraf  atau teks deskripsi terutama pada saat pelajaran bahasa indonesia. Teks atau paragraf terbagi menjadi beberapa bagian yaitu teks observasi, deskripsi, eksposisi, eksplantasi dan cerpen. Apasih yang di maksud dengan teks atau paragraf deskripsi itu?

Berikut akan saya paparkan pengertian teks atau paragraf deskripsi. Paragraf deskripsi adalah suatu paragraf yang menggambarkan dengan jelas mengenai objek yang terdapat dalam paragraf tersebut dalam bentuk kata-kata dengan sedetail mungkin hal ini agar pembaca dapat merasakana melihat dan mendengar apa yang di sampaikan si penulis.
Ciri-ciri paragraf deskripsi yaitu:

Paragraf deskripsi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • identifikasi, menyampaikan gambaran tentang hal seperi tempat atau susana dan benda
  • menyampaikan bahkan menimbulkan kesan pada pembacanya.
  • dalam paragraf deskripsi digunakan panca indra yang bertujuan sebagai penggambaran
  • menggunakan kata yang berartikan sifat.hal ini bertujuan untuk memberikan penejlasan mengenai objek yang terdapat dlam paragraf tersebut.
Terdapat beberapa pola pengembangan dalan paragraf deskripsi.
  • paragraf deskripsi objektif, yang dimaksud dari deskripsi objektif adalah menceritakan dengan jelas dan apa adanya tentang objek yang terdapat dalam paragraf etrsebut.
  • paragraf deskripsi subjektif, yang dimaksud dari pararagraf deskrpsi subjektif yaitu menggambarkan objek dengan kesan perasaan penulis 
  • paragraf deskripsi spesial, yaitu paragraf yang menggambarkan khusus suatu benda, sifat, dll.
Agar pembaca tidak mengalami kesulitan untuk memahami penegrtian dan ciri dari paragraf deskripsi berikut akan saya lampirkan contoh dari pargarf deskripsi.


Contoh 1.
Pada saat pulang kuliah saya dan rany  , mengerjakan tugas kelompok di rumah salah satu teman kelompok saya. Rumahnya sangat luas dengan memiliki taman yang luas dan hijau, rumahnya di cat warna abu-abu dengan kesan yang sederhana namun mewah. Di dalam rumah itu terdapat berbagia jenis kendaraan yang terparkir di garasi seperti sepeda, motor  bahkan mobil mewah. Halaman yang hijau nan luas membuat mata ku tertuju padanya dan meraskan kesejukan. Di ruangan keluarga terdapat sofa yang mewah dan TV serta fasilatas yang lain. Dan kamipun menuju suatu kamar yang dicat dengan warna pink, warna yang identik dengan seorang anak gadis. Ternyata  kamaritu kamar  nya (teman kampus). Di ruwangan yang ukurannya kira-kira 5x5 cm tersebut terdapat berbagai fasilitas untuk kebutuhan kampus dan sehari-harinya, mulai dari kursi, meja belajar, komputer, tempat tidur yang berwarnakan pink,  

Contoh 2.
Pada saat pameran kesenian diselenggarakan kelompok tary dari salah satu sanggar di Bandar Lampung unjuk kemampuan mereka dalam hal tari tradisional. Mereka menggunakan kostum adat lampung dengan sigger sebagai lambang nya. Mereka menggunakan kostum serba berwarna merah. Setelah tarian yang mereka pertunjukan selesai tanpa di sagka mereka mendapatkan hadiah dari penonton dengan ribuan penonton bertepuk tangan karena tarian mereka mampu memukau para penonton.

Contoh 3.
Pesona pantai labuhan jukung yang berada di pesisir barat ini sangat memepesona, di sebelah kiri dan kanan pantai ini masih terlihat rindang dengan berbagai pohon salah satunya pohon kelapa yang menjulang tinggi ke langit. Di pantai labuhan jukung ini kita dapat bermain pasir, air laut bahkan slancar sekalipun, dan merasakan hembusan angin laut yang segar. Bahkan para wisatawan asing terpesona dengan keindahan pantai ini, banyak wisatawan asing berkunjung ke pantai labuhan jukung untuk bermain selancar di pagi dan sore hari. 

Jadi secara garis besar pengertian paragaraf deskripsi adalah suatu paragraf yang menjelaskan dengan detail mengenai objek yang terdapat dalam paragraf tersebut dan menggunakan panca indra sebagai penjelasn mengenai objek yang di jelaskan hal ini di lakukan akan pembaca seolah-olah pembaca benar-benar merasakan yang kita tulis.

Pengertian, ciri-ciri dan contoh paragraf deskripsi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar